Apa Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking?

29 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Mungkin sebagian dari Anda sudah bergantung dengan layanan mobile banking dan internet banking dari berbagai bank yang digunakan. Namun,tahukah Anda apa bedanya mobile banking dan internet banking tersebut? Karena kedua fasilitas tersebut sudah bukan hal asing dan sering diperuntukkan untuk berbagai transaksi yang ada. 

Apa Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking?

Semua layanan itu memberikan banyak manfaat dan membuat semuanya terlihat lebih praktis. Dari segi waktu pun memberikan banyak keuntungan, karena tidak perlu antri dan repot jauh-jauh pergi ke bank. Cukup mengakses lewat beberapa perangkat yang ada, semua permasalahan bisa langsung terselesaikan. Untuk mengatasi penasaran, mari kita bahas. 

Mengenal Mobile Banking dan Internet Banking

Mobile Banking dan Manfaatnya

Sebelum membahas mengenai perbedaannya lebih jauh, rasanya akan lebih tepat apabila memahami mengenai kedua fasilitas yang diberikan oleh perbankan tersebut. Mobile banking merupakan sebuah layanan yang diberikan atau ditawarkan oleh pihak bank kepada nasabah untuk mempermudah proses transaksi yang dibutuhkan. 

Melalui mobile banking semua prosesnya dapat dilakukan dengan mudah, karena hanya lewat smartphone yang Anda miliki tersebut. Ada banyak kegunaan yang bisa Anda dapatkan, mulai dari cek saldo, transfer antar bank, mutasi rekening, dan pembelian. Bahkan, beberapa bank juga memberikan kemudahan transaksi bisa dilakukan melalui mobile banking. 

Apabila Anda ketinggalan kartu ATM dan ingin tarik tunai, cukup menggunakan smartphone Anda tersebut. Tahapannya Anda tinggal akses aplikasi mobile banking, nantinya Anda akan diberikan kode untuk tarik tunai sesuai ATM yang dituju. Tetapi, permasalahannya belum banyak ATM yang mendukung dan hanya sebagian saja. 

1. Hemat Segi Waktu 

Untuk Anda yang sangat menghargai waktu dan sedikit waktu luang, menggunakan layanan mobile banking memang benar-benar membantu. Terutama untuk kebutuhan transaksi, karena tidak perlu lagi ke bank terdekat untuk mengurusi pekerjaan tersebut. Hanya melalui smartphone atau handphone yang Anda miliki semuanya bisa dilakukan. 

Termasuk dalam melakukan cek saldo, transfer antar bank, membuat tabungan deposito, dan banyak berbagai layanan lainnya. 

2. Mudah dan Praktis 

Ketika ada berbagai tagihan yang mendesak dan butuh ditangani dengan cepat, Anda tidak perlu lagi harus ke ATM atau bank langsung. Melalui fasilitas mobile banking yang Anda miliki tersebut dapat dengan mudah dan praktis melakukannya. Dengan demikian, semua yang berkaitan pembayaran, transfer, dan sebagainya hanya lewat smartphone saja. 

Aktivitas Anda tidak bakal terganggu dan prosesnya tidak membutuhkan waktu lama, hitungan menit saja semuanya sudah selesai. 

3. Laporan Real Time 24 Jam 

Hal paling menarik ketika Anda menggunakan mobile banking semua laporan yang ada dikelola sangat baik dan cepat. Karena semua datanya terlampir dalam kurun waktu 24 jam, sehingga semua transaksi yang Anda lakukan akan terbaca menyeluruh. Oleh karena itu, adanya mobile banking akan sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan. 

4. Prosesnya Gratis 

Jika Anda tertarik menggunakan dan memanfaatkan mobile banking, maka semua proses yang ada tidak dikenakan biaya atau gratis. Hal ini mencakup dari tahap pendaftaran, administrasi, dan aktivitas yang dilakukan. Tentunya ini menjadi bagian yang paling menguntungkan dan tidak membuat Anda kesulitan. 

5. Aman dan Terlindung 

Pihak bank tidak akan memberikan layanan yang membahayakan para nasabah yang telah mempercayakan keuangannya kepada mereka. Mobile banking yang ditawarkan tersebut telah sesuai dengan standar yang ada, sehingga terjamin aman dan terlindungi. Bahkan, setiap nasabah akan selalu diberikan kode verifikasi, PIN, dan lainnya. 

Kegunaan tersebut untuk menjaga dan terhindar dari berbagai permasalahan yang tidak diinginkan, terpenting Anda tidak membagikan kode verifikasi atau PIN kepada orang lain. 

Internet Banking dan Manfaatnya

Internet banking merupakan kegiatan atau layanan yang memberikan kemudahan untuk transaksi, pembayaran, dan sebagainya melalui website milik bank yang Anda tentukan. Semua prosesnya akan dilindungi oleh sistem dan terjamin aman. Bahkan, untuk penggunaan internet banking sendiri telah diatur secara sah terkait resiko dan keamanannya. 

Hal ini dapat Anda lihat dari Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 tahun 2007 yang menjelaskan mengenai Manajemen Risiko dalam penggunaan teknologi informasi yang dilakukan oleh bank umum di Indonesia. Tentunya aktivitas yang Anda lakukan tersebut tidak bisa sembarangan dan semuanya terawasi dengan ketat.

Untuk penggunaannya sendiri Anda bisa mengakses melalui PC atau Smartphone yang dimiliki, karena prosesnya melalui website bank. Jadi, lewat browser yang Anda miliki tersebut bisa melakukan aksesnya. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, langsung saja datang ke bank terdekat untuk proses pendaftaran. 

Nantinya, apabila Anda sudah memilikinya akan diberikan user id, password, dan token atau OTP. Apabila Anda sudah memiliki akunnya, maka sudah bisa menggunakan internet banking tersebut. Mengenai kegunaan sebenarnya tidak berbeda jauh dibandingkan dengan mobile banking, semuanya bisa Anda dapatkan. 

Mulai dari informasi tabungan, rekening deposito, kebutuhan transfer, pembayaran, dan sebagainya dapat Anda temukan. Fitur yang diberikan itu notifikasi email yang akan dikirimkan apabila Anda selesai transaksi dan terdapat layanan rekapitulasi yang semuanya akan diberikan pada akhir bulan nantinya. 

Lalu, mengenai penjelasan yang ada semuanya hampir sama. Dengan begitu, apa bedanya mobile banking dan internet banking?

Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking 

1. Akses Layanan 

Dari segi penggunaan memang keduanya hampir sama, namun proses aksesnya yang membedakan antara layanan tersebut. Untuk Anda yang menggunakan mobile banking, maka seluruh prosesnya melalui aplikasi yang dibuat oleh pihak bank khusus nasabahnya. Sehingga untuk transaksi dan sebagainya hanya melalui halaman tersebut. 

Untuk internet banking, pihak nasabah memiliki kebebasan dalam melakukan proses aksesnya. Karena melalui browser atau mesin pencarian baik melalui PC, Laptop, atau Smartphone yang Anda miliki. 

2. Kebutuhan Penggunaan

Apabila Anda membutuhkan akses yang cepat dan tanpa ribet, solusinya Anda bisa menggunakan mobile banking tersebut. Karena melalui aplikasi yang ada membuat semua kebutuhan yang diinginkan terkait dunia perbankan dapat diatas dengan cepat dan praktis, hanya tinggal klik saja dan bisa langsung dimulai. 

Berbeda apabila Anda menggunakan internet banking, semuanya harus manual dan lebih lambat dibandingkan dengan mobile banking. Biasanya untuk Anda yang tidak ingin repot-repot ke bank dan antri lama, penggunaan internet banking menjadi solusi yang tepat. Jadi, perbedaannya itu terdapat pada tahapan kebutuhannya. 

3. Kemudahan dan Kepraktisan 

Untuk tahap ini memang mobile banking jauh lebih mudah dan cepat dalam penggunaannya, karena hanya melalui aplikasi yang ada. Dengan demikian, segala proses transaksi tidak perlu repot, tinggal klik saja dan langsung memulai. Berbeda dengan internet banking, semua tahapannya agak lebih lama dan lambat. 

Nah, apa bedanya mobile banking dan internet banking? Rasanya penjelasan diatas sudah memberikan pemahaman dengan jelas. Semuanya kembali lagi berdasarkan kebutuhan masing-masing nasabah, karena segi kegunaan hampir sama saja.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload