Analisis pesaing: pengertian, cara melakukan dan fungsinya

01 Nov 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Apabila Anda menginginkan bisnis yang sukses dan berkembang cepat, Anda perlu melakukan satu hal yaitu analisis pesaing. Dengan ini Anda akan memahami bagaimana keadaan dari pesaing bisnis Anda. Kemampuan untuk melakukan analisis pesaing dapat memberikan banyak keuntungan pada perusahaan Anda, karena dengannya Anda dan tim manajemen Anda bisa tahu bagaimana cara bersaing, ke arah mana perusahaan Anda akan dibawah dan dimana pasar yang terjadi antara para pesaing. Dengan diagnosa yang tepat, maka dapat dipastikan Anda bisa memenangkan persaingan dan berhasil menguasai pasar.

Analisis pesaing dalam sebuah perusahaan dilakukan dengan cara pengenalan industri dan karakteristik industri, kemudian masing-masing dinilai kembali, memprediksi pendatang baru yang mungkin bisa menjadi pesaing bagi bisnis Anda.

Pengertian analisis pesaing

Analisis pesaing adalah suatu metode dalam dunia bisnis yang digunakan untuk memahami berbagai kesempatan, masalah, dan ancaman dalam strategi penjualan yang mungkin saja terjadi sebagai bentuk dari potensi pergantian persaingan, serta mempelajari kelebihan dan kekurangan pesaing.

Adapun sifat dari analisis pesaing adalah dinamis. Sehingga dalam praktiknya, pemilik bisnis perlu menganalisis, menggambarkan, mencatat, dan kemudian memprediksi tindakan pesaing secara tepat dan akurat. Aktivitas analisis ini merupakan  sebuah aktivitas yang bersifat berkesinambungan, sehingga diperlukan koordinasi terus menerus untuk mengumpulkan dan memberikan informasi. 

Dalam dunia bisnis, mau tidak mau Anda harus berupaya untuk meningkatkan penjualan agar tetap bertahan di pasar. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah mematikan pesaing Anda. Hal ini menjadi salah satu hal yang lumrah dilakukan selama proses dan metode yang Anda lakukan masih dalam batas wajar dan sehat, dimana cara yang Anda lakukan memenuhi peraturan dan prosedur yang ada dalam etika bisnis. Justru, ketika Anda terlambat memantau pergerakan pesaing Anda, maka mereka lah yang akan mematikan gerakan Anda. Disinilah pentingnya analisis pesaing dilakukan, agar Anda bisa memantau pergerakan dan perkembangan bisnis pesaing Anda dan sebisa mungkin untuk menghambat lajunya.

Cara untuk menganalisis pesaing

Sebelum melakukan analisis pesaing, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari bisnis pesaing Anda, yaitu:

  • Mengetahui berbagai kelengkapan mutu, jenis, bentuk dan desain dari produk pesaing.
  • Harga produk yang ditawarkan oleh pesaing.
  • Dimana saja lokasi serta cabang pendistribusian yang dimiliki oleh bisnis pesaing.
  • Jenis promosi apa saja yang dilakukan oleh pesaing Anda.
  • Rencana-rencana pemasaran yang akan dilakukan pesaing.

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, maka Anda sudah bisa melakukan analisis pesaing dan menerapkan beberapa strategi jitu untuk perkembangan perusahaan atau bisnis Anda. Untuk mempermudah Anda dalam memperoleh informasi  tersebut di atas, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi pesaing

Mengidentifikasi kompetitor bisnis perlu dilakukan untuk mengetahui berapa jumlahnya di pasar dan apa saja jenisnya. Dengan kegiatan ini, Anda juga dapat mengetahui keunggulan dan kekurangan dari bisnis pesaing tersebut. Untuk melakukan identifikasi tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan yaitu:

  • Anda harus mengetahui dan mengenal jenis produk atau jasa yang dijual oleh kompetitor Anda. Apa nama brandnya serta bentuknya. 
  • Mengetahui jangkauan pasar yang telah didapatkan dan akan didapatkan oleh pesaing Anda. Apakah sudah luas pasarnya atau masih sedikit.
  • Menemukan dengan tepat apa saja peluang dan ancaman yang dapat diberikan oleh pesaing akibat perkembangan usahanya.
  • Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pesaing dari segi apapun, seperti produk, strategi pemasaran dan lain sebagainya.

2.     Memetakan pesaing

Setelah melakukan identifikasi pesaing dan memperoleh data-data di atas, cara selanjutnya adalah memetakan pesaing Anda. Dalam hal ini, Anda bisa membagi pesaing ke dalam dua kategori yaitu pesaing dekat dan pesaing jauh. Adapun yang dimaksud dengan pesaing dekat adalah perusahaan yang memiliki produk atau jasa  sama dan sejenis dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sedangkan pesaing jauh adalah yang produk nya hanya memiliki sedikit kemiripan dengan milik perusahaan Anda. Dengan memetakan pesaing, Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengimplementasikan strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan menghambat perkembangan usaha pesaing.

Meskipun Anda diminta untuk terus memantau gerak-gerik pesaing, bukan berarti Anda dapat lengah terhadap bisnis Anda. Hal yang perlu Anda tekankan adalah mendapatkan informasi sebesar mungkin mengenai strategi pemasaran yang dilakukan pesaing, tanpa mengabaikan perkembangan perusahaan Anda.Jangan sampai yang terjadi justru yang sebaliknya, yaitu perusahaan Anda terus mundur. 

Fungsi dari analisis pesaing

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan analisis pesaing, selanjutnya adalah memahami fungsi dari analisis pesaing itu sendiri:

  1. Adapun fungsi utama dari analisis pesaing adalah untuk memahami bagaimana keadaan pasar dan bagaimana penilaian calon pelanggan terhadap persaingan yang terjadi.
  2. Dengan melakukan identifikasi pesaing, maka Anda bisa memperoleh ide dan strategi dengan mudah tentang kebutuhan pelanggan Anda serta hal-hal yang mereka sukai. Selain itu, Anda juga akan menemukan cara bagaimana cara menjual produk tersebut kepada mereka.
  3. Fungsi selanjutnya dari analisis pesaing adalah sebagai landasan bagi Anda untuk melakukan pemantapan dan pengembangan strategi yang berguna bagi bisnis Anda untuk tumbuh dengan keadaan pasar saat ini dan melebarkan saya ke pasar yang lain.
  4. Untuk menemukan dan mengembangkan penawaran baru yang berbeda dan unggul dari metode yang umum dilakukan oleh pesaing.

Strategi 4P

Apa itu strategi 4P dan kaitannya dengan analisis pesaing? Metode ini merupakan metode pemasaran yang dapat mengoptimalkan penjualan. Selain itu, teknik ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi pesaing. Apa saja yang masuk ke dalam prinsip 4P? Yaitu, produk (product), harga (pricing), tempat (place), dan promosi (promotion).

  1. Produk (product)

Dalam strategi pemasaran  penting untuk menentukan jenis produk yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar. Tentunya hal ini perlu dilakukan dengan riset produk yang tepat, jangan sampai produk yang kita jual hanya berdasarkan asumsi belaka bahwa produk tersebut “mungkin diinginkan” oleh pelanggan. Perhatikan juga pemberian merek, desain dan bentuk kemasan produk Anda agar bisa mengalahkan pesaing.

  1. Harga (pricing)

Harga merupakan salah satu dari strategi 4p yang menentukan apakan pelanggan akan membeli produk Anda atau tidak. Permainan harga yang tepat akan memberikan citra kepada pelanggan bahwa kualitas produk yang mereka dapatkan sesuai dengan harga yang mereka bayarkan. Jadi, jangan buat harga produk terlalu tinggi dan terlalu rendah serta perhatikan harga produk pesaing Anda sebagai pembanding.

  1. Tempat (place)

Tempat juga merupakan salah satu aspek yang penting dalam pemasaran. Lokasi yang tepat baik secara online maupun onsite terhadap pasar akan membuat bisnis atau produk Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh pelanggan. Riset lokasi sangat diperlukan dalam hal ini untuk mendapatkan posisi lokasi usaha yang paling strategis.

  1. Promosi (promotion)

Promosi selalu berkaitan dengan bagaimana Anda memperkenalkan produk Anda ke tengah pasar. Semakin menarik teknik promosi yang Anda lakukan maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk dilirik oleh calon pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu mengidentifikasi jenis promosi apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga Anda bisa menghambat laju pertumbuhannya. 

Itulah beberapa hal tentang analisis pesaing yang perlu Anda pelajari, terutama jika Anda adalah pelaku UMKM. Dengan kredit pintar, bukan tidak mungkin jika saat ini Anda dapat memulai usaha baru dengan pinjaman yang mudah dan cepat. Tentunya informasi di atas akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download