Apakah Amazon Kindle Layak Dibeli?

10 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Apakah Sobat Pintar pernah mendengar tentang Amazon Kindle? Jika Sobat Pintar punya hobi membaca pasti Anda paling tidak pernah dengar “Kindle.” Apabila Sobat Pintar ingin tahu lebih lanjut lagi apa itu Amazon Kindle dan review e-Reader ini, simak artikel berikut.

Text

Description automatically generated

Baca juga: 6 Buku Bisnis yang Sering DIbaca oleh Pebisnis Sukses

Apa itu Amazon Kindle?

Amazon Kindle adalah e-Reader, atau perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk membaca e-book. Bentuknya kurang lebih sama seperti tablet, tapi fungsinya benar-benar untuk membaca. Jadi, meskipun bentuknya terlihat seperti Tablet PC, pengguna hanya bisa memakai gadget ini untuk membaca buku digital. 

Gadget ini diminati oleh masyarakat yang suka membaca tapi tidak mau membeli buku yang umumnya akan menghabiskan tempat jika dikoleksi dalam jumlah banyak. 

Review Amazon Kindle

Mungkin Sobat Pintar bertanya-tanya mengapa seseorang mau membeli device elektronik yang fungsinya hanya untuk membaca e-book? Mengapa tidak beli tablet saja seperti iPad atau Samsung Tab atau MiPad? Atau baca e-book di hp saja?

Berikut review beberapa keuntungan membaca e-book menggunakan Kindle dibandingkan menggunakan tablet umum.

1. Ukuran yang pas untuk membaca

Jika dibandingkan dengan membaca e-book di handphone, tentunya lebih nyaman membaca menggunakan Kindle yang berukuran lebih kecil dari kebanyakan tablet dan lebih ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun.

2. Harga lebih murah daripada tablet

Dibandingkan dengan tablet PC, gadget ini ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Harga penjualan pun sudah termasuk akses gratis untuk beberapa e-book di Amazon. 

3. Layar lebih nyaman untuk membaca

Kedengarannya sepele, tapi jika dibarengi dengan dua alasan sebelumnya jadi lebih menarik. Layar gadget ini sengaja didesain agar terlihat seperti kertas sehingga pengguna bisa berlama-lama membaca tanpa sakit mata. Ini berbeda dengan layar tablet yang memiliki backlight LCD sehingga lebih silau. 

3. Fitur untuk membaca

Pengguna bisa dengan mudah mencari arti dari sebuah kata yang tidak mereka mengerti melalui thesaurus online yang bisa diakses langsung saat membaca. Pembaca juga bisa menandai kalimat menarik dengan fitur highlight yang tersedia dalam gadget ini. 

E-book yang menggunakan format file yang bisa dibaca menggunakan Kindle (.azw, .azw3, .kfx) lebih mudah didapatkan secara gratis. Mulai dari yang memang bisa dibaca gratis dari Kindle Store, meminjam dari perpustakaan terdekat, dan dari situs-situs yang menyediakan.

Sementara itu, jika membaca di tablet atau smartphone, biasanya e-book gratis dalam format .pdf atau .epub hanya bisa didapatkan dengan gratis secara illegal.

Baca juga: Kenali 5 Kualitas Samsung Galaxy Tab S7 FE

Kelebihan 

A person holding a phone

Description automatically generated with low confidence
  1. Praktis. Sobat Pintar dapat membaca ribuan bahkan jutaan buku menggunakan 1 alat yang tipis dan ringan.
  2. Ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas.
  3. E-Book lebih murah daripada buku fisik.
  4. Terdapat beberapa pilihan e-book gratis dari Kindle Store.
  5. Bisa membeli buku dengan lebih murah karena e-book lebih murah daripada buku fisik.
  6. Ada fitur kamus sehingga bisa langsung melihat definisi suatu kata.
  7. Ada fitur penerjemahan.
  8. Bisa melakukan highlight (stabilo), menandai, dan menulis catatan pada buku.
  9. Bisa mengatur ukuran tulisan.
  10. Baterai tahan lama, bisa bertahan bahkan berminggu-minggu sebelum butuh untuk di-charge lagi.
  11. Bisa buka format yang didukung Kindle (.azw, .azw3, .kfx) tapi bisa juga import file .pdf.
  12. Sudah ada fitur internet, musik, dan game.

Kekurangan 

Text

Description automatically generated
  1. Kertas hitam putih. Ini adalah konsekuensi dari penggunaan layar e-ink bukan LCD.
  2. Walau sudah bisa menggunakan internet, penggunaannya sangat terbatas.
  3. Terlalu lama melihat layar digital bisa membuat pusing atau sakit mata, bahkan berpotensi menyebabkan rabun jauh (miopi).
  4. Ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses di Indonesia. 
  5. Kindle belum masuk Indonesia, jadi saat awal set up biasanya harus menggunakan alamat Amerika Serikat palsu. Tapi ini sama sekali tidak mengganggu penggunaan ke depannya.

Harga Amazon Kindle

Berikut adalah versi-versi Amazon Kindle yang paling lazim ditemukan di marketplace beserta kisaran harganya per Januari 2022.

1. Paperwhite 11th Gen (2021)

Kisaran harga: Rp2,6 juta

Inilah model terbaru dari gadget ini dengan upgrade-upgrade seperti layar lebih besar dan tajam, fitur swipe yang lebih praktis, dsb.

2. Paperwhite 10th Gen (2018)

Kisaran harga: Rp1,8 juta

Jika Sobat Pintar menginginkan Kindle Paperwhite yang lebih mudah, Anda bisa coba turun satu generasi. Apabila tidak keberatan dengan layar yang sedikit lebih kecil dan charger yang masih menggunakan charger micro, versi generasi 10 gadget ini masih layak dibeli.

3. 10th Gen (2019)

Kisaran harga: Rp1,5 juta

Mengapa harganya lebih murah? Perbedaan Amazon Kindle dan Amazon Kindle Paperwhite adalah Amazon Kindle tidak tahan air dan layarnya tidak setajam Paperwhite. Selain itu, memori Kindle 4 GB atau 8 GB sementara Kindle Paperwhite 8 GB atau 32 GB.

Secara garis besar, perbedaannya tidak banyak dan Amazon Kindle 10th Gen masih bisa dinikmati untuk keperluan membaca. Memorinya juga cukup untuk file e-book.

4. Versi 9 10th Gen (2019)

Kisaran harga: Rp1,3 juta

Memang membingungkan, tapi versi ini berbeda dengan versi yang dibahas sebelumnya. Untuk versi-versi terbaru, inilah yang paling murah dan masih layak untuk dibeli, review dari para pengguna pun bagus. Sudah memiliki fitur front light yang memudahkan membaca dalam gelap dan sudah memiliki fitur-fitur utama.

Itulah 4 versi yang paling mudah ditemukan di marketplace Indonesia yang masih worth it untuk dibeli. Masih ada versi lain seperti Kindle Oasis dan Kindle Paperwhite Signature (yang menawarkan wireless charging) namun kurang lazim ditemukan di marketplace Indonesia. Berdasarkan review singkat ini, apakah Sobat Pintar tertarik membeli gadget ini?

Baca juga: Miliki Xiaomi Mi Pad 5 dengan Chipset Canggihnya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download