Apa Itu AksesBisnis BTPN dan Cara Mendaftarnya

23 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 22 Apr 2022

Selain Jenius, Bank BTPN memiliki layanan Internet banking yang dapat diakses di mana pun dan kapanpun melalui perangkat digital kita. AksesBisnis @ BTPN merupakan layanan internet banking yang ditujukan untuk segmen bisnis yang dirancang khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi keuangan perusahaan sehingga lebih lebih aman, fleksibel, dan jauh lebih mudah.

Untuk menunjang keamanan transaksi, AksesBisnis BTPN menggunakan token sebagai alat otorisasi setiap transaksi sehingga akan membuatnya jauh lebih aman, tidak hanya mengandalkan Pin saja sebagai otorisasi.

Baca Juga: Apa Itu Giro? Ini 5 Perbedaan Giro dan Tabungan

Untuk dapat mengakses AksesBisnis BTPN bisa melalui berbagai perangkat digital anda, mulai dari Smartphone, PC, Laptop hingga Tablet dengan mengunjungi website https://aksesbisnis.btpn.com. Gunakan browser seperti Microsoft Edge, Mozila Firefox, Google Chrome, Safari dan lain sebagainya tanpa tambahan aplikasi apapun sehingga sangat memudahkan pengguna.

Fitur Utama AksesBisnis@BTPN

Untuk menunjang kebutuhan transaksi perusahaan, layanan Internet Banking dari Bank BTPN ini menghadirkan dua Fitur utama yaitu Cash Management dan Financial Supply Chain Management.

Kedua fitur ini dapat Anda akses melalui single sign-on atau dapat digunakan hanya 1x login saja.

Cash Management

Cash Management AksesBisnis BTPN Merupakan fitur yang dihadirkan oleh Bank BTPN untuk melihat informasi saldo rekening serta transaksi atas seluruh rekening kita. Selain itu, pengguna dapat melakukan Transfer dana baik ke sesama rekening BTPN maupun ke rekening  bank lain melalui SKN & RTGS, termasuk fitur multi kredit, multi debit, dan payroll.

Kemudahan yang diberikan Bank BTPN lewat fitur Cash Management meliputi Account Information, untuk melihat Informasi saldo rekening secara Real Time. Multi Credit yaitu Transfer dari satu rekening dengan tujuan ke beberapa rekening sekaligus, hingga Payment Report yang dapat Membantu pengguna mengetahui data seluruh pembayaran yang telah dibuat.

Bahkan Laporan pembayaran perusahaan dapat di unduh dalam format PDF atau CSV untuk mempermudah dalam membuat laporan arus keuangan.

Financial Supply Chain Management

Fitur ini di hadirkan oleh Bank BTPN untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kapasitas bisnis Nasabah, FSCM mendukung kegiatan pembiayaan untuk Principal, Distributor, dan Supplier.

Ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan nasabah seperti Single and Bulk Disbursement yang dapat membuat penagihan pembayaran beberapa pembeli sekaligus dalam sekali input. Fitur yang tak kalah penting yaitu adanya Notifikasi Email yang akan membantu pengguna dalam mengirimkan notifikasi email jatuh tempo pembayaran kepada pembeli mulai H-7 sampai hari H. 

Cara Pendaftaran AksesBisnis@BTPN

Untuk menggunakan Layanan AksesBisnis BTPN kita harus memiliki rekening giro BTPN terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran dapat dapat menghubungi Relationship Manager BTPN.

Atau pendaftaran juga dapat dilakukan di cabang BTPN terdekat untuk mengetahui lebih lanjut syarat dan ketentuan pembukaan rekening Giro BTPN.

Untuk memudahkan proses pendaftaran dapat dilakukan dengan Mengisi Formulir Aplikasi Layanan AksesBisnis@BTPN yang dapat Anda unduh disini di website resmi AksesBisnis@BTPN beserta panduan pengisian formulir tersebut.

Selanjutnya, kita perlu melengkapi dan menandatangani dokumen-dokumen berikut:

  • Fotokopi KTP.
  • Ringkasan Informasi Produk AksesBisnis@BTPN.
  • Syarat dan Ketentuan Layanan AksesBisnis@BTPN. Silakan unduh disini.
  • Khusus pendaftaran FSCM, dibutuhkan dokumen Surat Kuasa dan Surat Pernyataan.

Nah, setelah berkas administrasi lengkap, nasabah dapat menyerahkan berkas yang diperlukan ke Relationship Manager BTPN

Jika ada pertanyaan ataupun hal yang kurang jelas seputar pengisian Formulir dan kelengkapan dokumen, bisa langsung konsultasi dengan Relationship Manager BTPN ataupun mengunjungi Cabang BTPN terdekat.

Tips Aman Transaksi Internet Banking

Di balik kemudahan yang diberikan oleh Layanan Digital Perbankan, namun ada celah yang tak dapat dihindari dan mengancam keamanan, yaitu dari sisi pengguna itu sendiri. Meskipun berbagai keamanan sudah diberikan oleh perbankan, namun ancaman itu tidak dapat dihindari jika kita lengah.

Ada beberapa tips pencegahan untuk meningkatkan keamanan dalam transaksi Digital, seperti:

  1. Waspadai Adanya Phishing

Phising sendiri biasanya terjadi ketika pengguna menerima spam email yang mengatasnamakan Perbankan dengan meminta kode OTP, Pin, Username & password pengguna.

Kejahatan ini menjadi salah satu modus penipuan yang kerap kali terjadi, tips agar tetap aman dalam bertransaksi adalah jangan pernah menyerahkan informasi penting ke pihak manapun.

Jika ada Link / Spam email yang mencurigakan sebaiknya jangan dibuka, jika ragu ada baiknya untuk menghubungi Costumer Service layanan Perbankan yang digunakan.

  1. Rajin Update Pin & Pasword Secara Berkala

Selalu berkala merubah Pin & Password internet banking merupakan cara pencegahan yang paling ampuh dari ancaman kejahatan Cyber.

Setidaknya ubah 3-5 bulan sekali Informasi pribadi seperti Pin & Password, Kombinasikan berbagai karakter angka dan huruf supaya lebih aman.

  1. Hindari Transaksi Menggunakan Jaringan Umum

Jika terpaksa terhubung dengan jaringan umum, ada baiknya untuk tidak melakukan transaksi perbankan apapun, seperti login M-Banking, Internet Banking dan lain sebagainya.

Jaringan internet umum yang ditujukan untuk Hal Buruk biasanya dapat merekam aktivitas kita ketika berselancar di internet.

  1. Logout Akun Internet Banking setelah Digunakan

Setelah menggunakan layanan Internet Banking baik di Pc ataupun di Smartphone, pastikan untuk me-Logout untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa informasi mengenai Layanan Internet Banking Bank BTPN, untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi website resmi BTPN . Selalu waspada demi keamanan pengguna.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download