9 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

26 Jul 2021 by Laruan

Kapulaga adalah rempah-rempah asal India yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Tanaman dengan nama latin Amomum compactum ini cocok dicampurkan pada makanan dengan rasa dan aroma yang kuat. Selain masakan, Sobat Pintar juga harus mengetahui manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Kapulaga mengandung beragam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Secara lebih rinci, berikut ini beberapa manfaat dari kapulaga:

9 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan
  1. Menurunkan tekanan darah

Jenis kapulaga yang mudah ditemukan di pasar dalam negeri adalah kapulaga India (lonjong dan berwarna hijau) dan kapulaga Jawa (bulat dan berwarna merah). Kapulaga mengandung zat antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah. Banyak penderita hipertensi yang mengkonsumsi kapulaga sebagai obat herbal pengganti obat-obatan kimiawi dari dokter. 

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Bagi Sobat Pintar yang mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung dan mual, ada baiknya mencoba mengkonsumsi kapulaga. Jika dirasa terlalu pedas, cairan kapulaga bisa Sobat Pintar campur dengan rempah-rempah lain yang rasanya manis. Adapun khasiat ini sudah terbukti saat para peneliti mencoba kapulaga ke tikus percobaan.

  1. Mencegah gigi berlubang dan bau mulut

Manfaat kapulaga yang satu ini sangat berguna bagi Sobat Pintar yang takut pergi ke dokter gigi. Kapulaga dapat mencegah gigi berlubang karena rempah ini dapat melawan bakteri jahat di rongga mulut. Selain itu, kapulaga yang secara natural memiliki rasa pedas juga membuat napas Sobat Pintar segar.

  1. Menyehatkan jantung

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam kapulaga memberikan beragam manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan fungsi jantung. Maka dari itu, kapulaga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang berusia lanjut dan mereka yang mengidap penyakit jantung. Kapulaga bisa menyehatkan jantung karena memiliki tiga kandungan mineral penting, yaitu magnesium, kalsium, dan kalium.

  1. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Selain unsur antioksidan untuk membasmi zat radikal bebas dalam tubuh, kapulaga juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat melawan peradangan. Antioksidan bisa membantu arteri agar terhindar dari penyumbatan dan plak. Jika mengkonsumsi kapulaga secara teratur, kombinasi dari dua kandungan esensial ini bermanfaat dalam pencegahan penyakit kronis.

  1. Menahan pertumbuhan sel kanker

Secara lebih rinci, salah satu risiko penyakit kronis yang dapat diatasi oleh kapulaga adalah kanker. Perkembangan kanker sendiri sangat dipengaruhi oleh pola makan. Sehingga, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan akan mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.  Sebenarnya, Sobat Pintar dapat mengonsumsi antioksidan dalam bentuk suplemen tablet. Namun, alangkah lebih baik jika Sobat Pintar mendapatkannya dari rempah alami seperti kapulaga.

  1. Menjaga kesehatan hati

Selain jantung dan kanker, manfaat kapulaga berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan hati. Berdasarkan penelitian, kapulaga dipercaya mampu mengurangi risiko perlemakan hati dan berperan penting dalam mengeluarkan racun dari tubuh sehingga meringankan kerja hati.

  1. Meringankan gejala asma

Kapulaga memiliki kandungan senyawa yang dapat memperlancar aliran udara dan sirkulasi darah ke paru-paru. Oleh karena itu, efek ini berguna dalam meringankan gejala asma berupa sesak napas dan batuk. Kapulaga juga mampu melawan peradangan di selaput lendir. Aroma alami kapulaga yang pedas bisa dipakai sebagai aromaterapi. Menghirup minyak esensial kapulaga bisa mendorong Sobat Pintar untuk menyerap oksigen dengan lebih tinggi.

  1. Mengobati infeksi bakteri

Penelitian membuktikan bahwa kapulaga memiliki senyawa yang dapat melawan jamur dan bakteri jahat dalam tubuh manusia, termasuk E. coli dan Salmonella. Bakteri ini bisa terletak dimana saja, misalnya di gusi. Masih ada beragam manfaat kapulaga lain untuk kesehatan, contohnya menurunkan berat badan dan menyegarkan tubuh. Mengkonsumsi kapulaga lebih baik daripada menggunakan obat-obatan karena kapulaga tidak memiliki efek samping. Bubuk kapulaga dapat dicampur dalam sajian kari, teh, kopi, dan sup.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload