9 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

26 Jul 2021 by Laruan

Banyak ide usaha yang berangkat dari kegelisahan terhadap isu lingkungan. Selain laba, bisnis model ini juga memiliki visi untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Teknologi dan kreativitas berhasil merumuskan beragam bisnis ramah lingkungan yang menjanjikan secara finansial.

9 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

Terlebih lagi, pandemi Covid-19 turut mengubah perilaku manusia menjadi semakin aware terhadap isu lingkungan dan kesehatan. Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa Sobat Pintar pertimbangkan:

  1. Alat makan ramah lingkungan

Sobat Pintar mudah menemukan peralatan makan ramah lingkungan di platform toko online karena memang demand-nya cukup tinggi. Alat makan ini didesain tahan lama, biasanya dibuat dari material kayu atau logam. 

Selain sebagai peralatan makan, banyak orang yang menjadikan alat makan ramah lingkungan sebagai souvenir acara atau pernikahan. Tidak hanya langsung ke pembeli perorangan, Sobat Pintar bisa menawarkan produk ini ke pemilik restoran dan cafe.

  1. Sayur dan buah organik

Semakin banyak masyarakat yang sadar dengan kesehatan. Maka dari itu, bisnis sayur dan buah organik terdengar cukup menjanjikan. Mereka dikatakan organik karena penanamannya tidak melibatkan pupuk dan komponen berbahan kimia lain. Sehingga, masa panen memakan waktu yang lebih lama.

Tidak seperti kebun sayur dan buah konvensional, Sobat Pintar bisa menanam tanaman organik di sistem hidroponik atau media tanam vertikal.

  1. Katering sehat

Pilihan bisnis ramah lingkungan selanjutnya adalah katering sehat. Adapun katering ini menggunakan bahan organik (tanpa MSG dan pengawet), memperhatikan gizi makanan, serta mencantumkan kandungan dan jumlah kalori pada kotak makanan. 

Biasanya, target market katering sehat adalah pekerja kantoran, generasi milenial, dan segmen pembeli lain yang aware terhadap kesehatan. 

  1. Penyewaan sepeda

Bisa dikatakan bahwa saat ini sepeda sedang berada di puncak kejayaannya. Hal ini terbukti dengan menjamurnya jumlah pesepeda di jalanan. Bahkan pemerintah turut memberi andil dengan menyediakan lajur khusus sepeda di jalan-jalan utama.

Selain menyehatkan, dengan membuka bisnis penyewaan sepeda berarti Sobat Pintar ikut berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara. 

  1. Furniture bekas

Banyak orang tidak sadar memiliki tumpukan furniture yang sudah tidak terpakai lagi. Furniture itu bisa berupa kursi, meja, atau lemari. Alih-alih membuang atau membakarnya, Sobat Pintar bisa menjualnya ke orang lain. Apalagi jika ternyata furniture itu termasuk barang antik, dijamin akan laku keras di pasaran.

  1. Thrift shop 

Bisnis thrift shop atau pakaian bekas sedang naik daun. Jika dulu bisnis ini diisi oleh kaum menengah ke bawah, saat ini pelaku usaha thrift shop justru didominasi oleh generasi muda. Bisnis ramah lingkungan ini begitu digandrungi karena generasi milenial gemar memakai baju branded, tetapi tidak cukup uang untuk membeli barang baru.

  1. Produksi kompos

Selain kebutuhan sandang ramah lingkungan, Sobat Pintar juga bisa menerapkan pola hidup sehat dengan memilah sampah organik dan non-organik. Sampah organik dapat Sobat Pintar olah menjadi pupuk kompos. Sobat Pintar bisa menjualnya ke orang lain dengan harga yang cukup menjanjikan.

  1. Kosmetik ramah lingkungan

Selain makanan, kini Sobat Pintar juga bisa membuat kosmetik dari bahan-bahan ramah lingkungan. Adapun sabun atau sampo non-deterjen yang ramah lingkungan dibuat dari bahan susu kambing atau minyak alami. 

  1. Tote bag

Berbisnis tote bag dipercaya memiliki prospek bagus karena semakin banyak orang yang membawa tote bag untuk berbelanja. Selain itu, sudah banyak toko dan minimarket yang tidak lagi menyediakan kantong plastik. Sehingga, pembeli terdorong untuk membawa tas belanja sendiri.

Dari 9 pilihan bisnis ramah lingkungan di atas, mana yang paling menarik? Ada beberapa pertimbangan sebelum Sobat Pintar memulai bisnis, salah satunya adalah modal. Saat ini sudah banyak penyedia pinjaman modal di internet. Pastikan Sobat Pintar memilih penyedia pinjaman modal yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, salah satunya adalah Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload