8 Aneka Makanan Khas Lebaran yang Sering Dijumpai, Apa Saja Ya?

04 May 2021 by kreditpintar
makanan khas lebaran

Lebaran di tahun 2021 memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana pandemi masih berlangsung dan banyak masyarakat yang dilarang mudik ke kampung halaman. Meski begitu masih ada saja yang nekat melakukan perjalanan mudik ini, karena momen hari raya Idul Fitri sangat spesial. Biasanya saat lebaran, tradisi yang dilakukan ialah bermaaf-maafan sesama anggota keluarga dan tetangga, menikmati makanan khas lebaran sembari bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya.

Dalam berbagai daerah, ketika hari raya maka akan disuguhkan dengan aneka makanan juga camilan, karena biasanya ada tamu-tamu yang datang berkunjung. Adapun makanan yang disajikan juga bermacam-macam serta merupakan menu yang selalu ada saat hari lebaran. Bisa dibilang menu wajib yang mampu membuat anggota keluarga rindu atau kangen dengan rumah saat momen ini tiba. Lalu kiranya kuliner khas apa saja yang biasa dinikmati dan wajib ada saat hari raya Idul Fitri?

Menu Lebaran Opor Ayam atau Daging

Seringnya akan kita jumpai menu satu ini saat lebaran, untuk menikmatinya biasa disajikan berbarengan dengan ketupat atau lontong yang menjadi ciri khas. Pembuatan opor ayam atau daging membutuhkan bumbu rempah seperti kunyit, serai, jahe, santan dan banyak lagi lainnya. Rasanya pun gurih dan pedas, tapi mampu membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan.

Semur

Makanan ini juga menjadi salah satu menu yang biasa dihadirkan saat lebaran, dimana bahan utamanya adalah daging atau ayam. Semur berbeda dengan opor yang mempunyai cita rasa gurih, makanan khas lebaran satu ini justru memiliki cita rasa manis, dan sedikit pedas. Menu ini hampir disukai oleh seluruh masyarakat, terutama karena penyajiannya lebih pas apabila dimakan dengan nasi yang masih hangat.

Rendang

Bicara tentang rendang, kuliner khas dari Padang ini memang sangat mencuri perhatian. Apalagi setelah dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor 1 di dunia, semakin bertambahlah daya tariknya. Rendang sendiri merupakan menu yang hampir selalu hadir dalam setiap hari istimewa yang dilaksanakan oleh suku Minang, cita rasanya sangat khas sehingga membuat penikmatnya ketagihan.

Proses pembuatan rendang membutuhkan rempah-rempah dan juga dilakukan dalam waktu yang sangat lama, bisa sampai berjam-jam dan hal itu harus membuat Sobat Pintar sabar. Makanan khas lebaran yang terbuat dari bahan utama daging dan juga santan ini mempunyai rasa yang gurih, pekat dan pedas. Cocok apabila dimakan dengan nasi hangat dan minuman segar.

Gulai Nangka

Beberapa daerah menyajikan gulai nangka sebagai menu wajib saat hari lebaran tiba, tentunya nangka yang dipakai pun nangka muda yang menjadikannya memiliki tekstur lembut. Kuliner ini sangatlah populer khususnya di kota Medan, dan resepnya juga menggunakan bumbu rempah dengan santan. Bagi penyuka cita rasa gurih juga pedas mungkin akan sangat suka dengan menu satu ini.

Hal yang paling menarik dari gulai nangka ini, adalah karena bahannya bisa dipadukan dengan ceker, daging iga, kacang panjang dan sebagainya. Saat jauh dari rumah, mungkin Sobat Pintar akan sangat merindukan menu satu ini untuk disantap saat lebaran.

Menu Sambal Goreng Kentang Plus Ati Ampela

Sambal goreng kentang mungkin bukan makanan yang asing di telinga Sobat Pintar. Menu ini tak hanya tersedia saat lebaran saja, tapi untuk sehari-hari pun juga bisa. Bumbunya pun sederhana dan banyak variasinya yang dapat Sobat Pintar temukan di Google. Biasanya sambal goreng kentang ini akan dicampur dengan hati ayam, ampela, ada juga yang mencampurnya dengan tahu, tempe dan sebagainya.

Sayur Lodeh

Sayur lodeh juga akan sering kita jumpai saat momen hari raya itu tiba. Menu satu ini memang sangat gampang dimasak dan cukup sederhana tapi memiliki cita rasa yang sangat lezat. Variasi dari sayur lodeh cukup banyak sekali, dan kuliner yang berbahan dasar santan ini kerap kali berisikan sayuran seperti kacang panjang, terong, tahu, tempe, ada juga yang ditambah telur, ayam dan sebagainya.

Kurma

makanan kurma

Saat Ramadan, kurma memang jenis makanan yang paling banyak diburu. Karena bisa dibilang menyantap makanan satu ini menjadi suatu sunnah, adapun harganya juga bermacam-macam. Ada kurma yang memiliki harga murah dengan cita rasa biasa saja, hingga ada yang harganya mahal dengan cita rasa lezat manis.

Saat lebaran pun kurma biasanya menjadi salah satu yang wajib ada pada beberapa rumah saat Lebaran. Meski tak semua orang menyajikan kurma, tapi ada juga yang menjadikannya sebagai menu wajib baik saat Ramadan maupun saat lebaran.

Aneka Kue Kering

Bulan Ramadan menjadi suatu keberkahan tersendiri bagi para produsen kue kering. Karena saat Ramadan tiba biasanya orang-orang akan berlomba untuk mendapatkannya. Harga kue kering pun bermacam-macam, tergantung dengan bahan yang dipakai dan juga kerumitan proses pembuatannya. Biasa yang seringkali ada saat lebaran seperti kue nastar, putri salju, semprit, kue sus, kastengel dan lain sebagainya.

Camilan

Selain kue kering yang disebutkan di atas, kudapan berupa aneka camilan juga kerap kali ada dan disajikan di toples-toples yang memenuhi meja. Camilan tersebut seperti misalnya astor, wafer, kacang goreng dan sejenisnya yang dijadikan sebagai suguhan bagi para tamu. Keseruan saat lebaran semakin menjadi ketika berkumpul ditemani dengan camilan dan aneka kue kering.

Perlu Sobat Pintar ketahui pula, selain tradisi maaf-maafan dan juga berkumpul dengan keluarga yang seringkali dilakukan saat hari raya, ada juga tradisi lainnya yaitu membagikan uang saku kepada para anak muda atau remaja. Biasanya para anak-anak ini akan mendapatkan uang saku dari orang-orang tua dan merasa senang karenanya. Tak jarang momen berkunjung ke rumah sanak saudara atau tetangga menjadi salah satu hal paling ditunggu.

Bagi Sobat Pintar yang tidak memiliki cukup dana untuk membagikan uang saku kepada keluarga dekat, Sobat Pintar tidak perlu khawatir. Sebab, saat ini sudah ada aplikasi Kredit Pintar yang dapat Sobat Pintar andalkan untuk memenuhi kebutuhan selama hari lebaran. Aplikasi pinjaman satu ini sangat aman karena sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK, sehingga segala aktivitas keuangannya dipantau oleh lembaga tersebut. Aplikasi resminya bisa Sobat Pintar unduh dengan mudah melalui Play Store.

Sobat Pintar bisa memilih pinjaman dengan suku bunga rendah dan pastinya jangka waktu yang cukup panjang. Banyak orang yang merasa kesulitan memenuhi kebutuhan saat lebaran terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tapi hal itu sebetulnya tidak perlu lagi dicemaskan, Kredit Pintar menjaga dengan baik semua data yang masuk dari para penggunanya. Nah, itu dia penjelasan mengenai tradisi yang ada saat hari raya Idul Fitri beserta makanan khas lebaran yang kerap kali kita temui saat momen istimewa tersebut. Dari sekian banyak hidangan, mana yang paling sering Sobat Pintar temukan?

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload