7 Hal Yang Bikin Bisnis Fashion Selalu Berkembang

24 Aug 2021 by Laruan

Lakukan Hal Ini untuk Memulai Bisnis Fashion –Pandemi memang sukses menggerus berbagai sektor perindustrian, tapi mode tetap menjadi salah satu yang masih bertahan. Meski di rumah saja, dan keluar seperlunya, faktanya, masyarakat tetap ingin tampil dengan fashion terbaik. Ada beberapa hal yang perlu Sobat Pintar perhatikan dan lakukan untuk memulai bisnis dalam dunia fashion.

7 Tips Memulai Bisnis di Bidang Fashion dari Ahli

7 Hal Yang Bikin Bisnis Fashion Selalu Berkembang

Pengalaman seseorang dalam dunia mode yang dikaitkan untuk bisnis, ternyata dapat menjadi acuan bagi Sobat Pintar yang ingin memulainya. Bisnis yang terkait tren memang akan memiliki usia yang panjang saat dilakukan dengan kesungguhan dalam mengikuti perkembangan zaman, dan mengerti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ini akan menjadi ladang uang yang sifatnya dinamis, dan kondusif bagi Sobat Pintar.

Bisnis di dunia fashion tidak sekadar memberikan keuntungan, tapi juga bisa menciptakan pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif dengan cita rasa seni. Bahkan dengan fashion, Sobat Pintar dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Berikut ini tips yang dikutip dari founder ‘Petite Studio’, sebuah brand pakaian ternama, untuk memulai bisnis yang berhubungan dengan mode.

1.Jangan Khawatirkan Modal Awal

Banyak yang belum mulai atau bahkan takut untuk modal yang diperkirakan dalam bisnis fashion. Padahal Sobat Pintar butuh merealisasikannya, tidak harus menggunakan perhitungan yang fantastis. Modal awal seadanya atau dapat menggunakan pinjaman secara online dengan perhitungan yang tepat. Jalankan secara online bisa membuka peluang bisnis mode ini dikenal lebih luas. 

2.Tentukan Target dan Pahami Kebutuhannya

Fashion dan kebutuhan adalah hal yang selaras untuk dilakukan survey sebelum mulai bisnisnya. Sobat Pintar harus memahami apa yang sedang diperlukan masyarakat yang dijadikan target pasar untuk bisnis di dunia mode ini. Misalkan, di masa pandemi, masyarakat butuh masker dan face shield, Sobat Pintar sebagai seorang kreatif haus mampu melahirkan bentuk yang lebih fashionable, tapi sesuai standar kesehatan.

3.Bentuk Tim Kecil yang Tepat

Kekuatan suatu bisnis dapat tercipta dengan adanya tim yang tepat, yaitu solid dan memiliki satu tujuan, serta suka dengan tantangan terkait fashion yang terus berkembang. Rekrut orang yang Sobat Pintar kenal untuk membantu proses pemotretan produk, membuat desain, mengelola akun promosi dan jual beli, bahkan untuk menjadikannya sebagai model untuk fashion yang dimiliki.

4.Kerjasama dengan Pabrik Terpercaya

Bisnis fashion tidak dapat dilepaskan dari kerjasama yang saling menguntungkan. Di sini Sobat Pintar harus menemukan pabrik terercaya atau setidaknya pengrajin dalam skala kecil untuk membantu merealisasikan produk yang telah didesain. Hal ini nantinya dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk yang dimiliki.

5. Pilih Cara Cerdas Mengenalkan Produk

Kekuatan sosial media, atau bahkan influencer menjadi bagian dari cara cerdas mengenalkan produk kepada masyarakat luas. Namun, Sobat Pintar yang bermodal tidak terlalu besar, nampaknya perlu meminta bantuan terhadap tim, teman, keluarga, dan orang sekitar untuk turut memberikan testimonial di media sosial masing-masing untuk mempermudah penyebarluasan produk.

6. Asah Pengetahuan untuk Kembangkan Bisnis

Tidak harus lulusan sarjana bisnis untuk memulainya, tapi Sobat Pintar butuh memiliki pengetahuan untuk mengembangkannya. Tidak perlu berkecil hati, Sobat Pintar dapat mengikuti seminar-seminar bisnis dari yang gratis hingga berbayar. Manfaatkan media sosial yang dimiliki untuk ikut serta dalam webinar yang dapat memberikan Sobat Pintar pengetahuan lebih.

7. Evaluasi untuk Capai Target Berikutnya

Pebisnis harus melakukan evaluasi yang berkala di setiap jenis bisnisnya, termasuk dalam dunia mode. Bisnis pakaian dapat dievaluasi melalui kualitas, banyaknya penjualan, dan kembali lagi pada kebutuhan masyarakat. Sobat Pintar akan menemukan hal-hal yang sudah dicapai, dan mengetahui kekurangan, serta menentukan target yang akan dilakukan berikutnya.

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

5 Kelebihan Melakukan Bisnis di Bidang Fashion

1.Produk Fashion Tidak Cepat Basi

Sobat Pintar tidak perlu khawatir produk yang berkaitan dengan fashion akan basi, karena tidak akan berlaku pada bisnis ini. Jelas ini merupakan salah satu kelebihan bisnis pakaian dibandingkan dengan bisnis kuliner yang selalu memikirkan produknya jika tidak terjual akan basi. Pada bisnis di bidang fashion, Sobat Pintar tidak perlu pusing akan hal ini, tapi tetap pastikan penyimpanan produknya sesuai dengan bahan, dan terhindar dari hal yang dapat merusaknya. 

2. Toko Fashion Lebih Fleksibel

Perkembangan teknologi ternyata memberikan keuntungan bagi sektor bisnis pakaian. Terlebih terkait tempat untuk menjual produk mode, Sobat Pintar kini bisa melakukannya secara online dengan memaksimalkan media sosial, marketplace, dan berbagai aplikasi pendukung. Sehingga, dari rumah pun bisa menjalankan bisnis yang penuh gaya ini. Kelebihan ini mendatangkan berbagai potensi berkembangnya potensi pasar dalam hingga luar negeri.

3. Pengiriman Produk Fashion Lebih Aman

Sobat Pintar di sini harus memperhatikan jenis bahan dari produk fashion yang dimiliki agar pengirimannya lebih aman. Sebab, fashion itu luas, tidak hanya produk pakaian saja, dan pastikan Sobat Pintar memahami karakteristik dari masing-masing produknya. Sehingga pengirimannya jauh lebih aman hingga sampai di tangan konsumen.

4. Produk Fashion Diminati Masyarakat

Salah satu bisnis yang tidak mudah tergerus adalah fashion, karenanya selalu diminati masyarakat dalam berbagai kondisi. Apalagi produk yang dilahirkan pun bisa beragam, seperti pakaian, sepatu, tas, dan aksesoris pendukungnya. Jelas ini memiliki daya tarik tersendiri pada bidang mode.

5. Terbukanya Lapangan Kerja dari Fashion

Bisnis tersebut memang memiliki karakteristik yang unik, bisa diawali dengan hobi untuk berkreatifitas, hingga menjadi lapangan kerja. Sangat menyenangkan ketika Sobat Pintar memiliki bisnis yang lahir dari kegemaran, dan memiliki tim dengan kreativitas dalam bidang seni. Tentu akan menunjang kesuksesan bersama dari berbisnis mode.

3 Resiko Melakukan Bisnis di Bidang Fashion

1.Persaingan Bisnis di Bidang Fashion Ketat

Semakin hari orang memiliki keinginan untuk melahirkan bisnis di dunia fashion, dan internet pun mendukung penyebarluasannya. Sehingga, persaingan akan semakin ketat yang membuatnya menjadi resiko yang tidak dapat diabaikan. Di sinilah Sobat Pintar dituntut untuk memiliki produk yang berkualitas, berbeda, atau bahkan unik.

2. Tren Yang Selalu Berkembang

Perputaran mode memang terbilang cepat, dalam hitungan minggu atau bulan sudah bisa lahir model terbaru. Ini tentu akan beresiko ketika Sobat Pintar kurang pengetahuan, dan terlalu banyak memiliki stok. Sementara jenis fashion terbaru adalah yang paling diincar oleh masyarakat.

2. Modal Besar untuk Bisnis Mode

Hal yang paling banyak ditakuti oleh seseorang yang ingin memulai bisnis di bidang fashion adalah modal awal yang besar. Beresiko apabila Sobat Pintar tidak memiliki visi, misi, dan strategi yang jelas untuk membuka bisnis pakaian. Sebab, tren selalu berkembang dengan cepat, dan masyarakat akan memiliki minat terhadap sesuatu yang baru.

Seperti yang disebutkan dalam tips, Sobat Pintar sebenarnya tidak perlu khawatir masalah modal awal untuk bisnis fashion, karena dengan pinjaman dana online, Sobat Pintar bisa menciptakan usaha yang penuh dengan kreatifitas ini. Pilihlah Kredit Pintar yang pasti membuat Sobat Pintar memiliki progress yang baik terkait keuangan, dan pengembangan setiap bisnis yang menjadi impian.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload