6 Manfaat Lada Hitam yang Baik Untuk Tubuh

02 Jul 2021 by Laruan
6 Manfaat Lada Hitam yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat lada hitam rupanya tidak hanya untuk penambah rasa pedas aja pada makanan masih banyak manfaat lain yang terkandung pada lada hitam ini.

Pada hitam memiliki kandungan berbagai senyawa aktif yang bisa menyehatkan tubuh kita, Adapun untuk lada hitam ini berasal dari tanaman yang bernama latin piper nigrum.

Yang memiliki bentuk bulat dan kecil dan bila kita makan rasanya akan terasa pahit pedas dan juga panas di mulut kita.

Lada hitam ini biasanya dipakai sebagai bumbu dapur dan digunakan untuk menggantikan cabai dan juga untuk ditambahkan pada makanan agar terasa lebih keras lagi.

Lada hitam ini mengandung berbagai nutrisi salah satunya adalah vitamin a, vitamin b serta berbagai mineral penting seperti kalium, kalsium dan juga zat besi.

Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja keunggulan lada hitam berikut kami akan berikan enam keunggulan lada hitam yang baik untuk tubuh.

6 Manfaat Lada Hitam yang Baik Untuk Tubuh

Berdasarkan dengan penjelasan diatas mengkonsumsi lada hitam tentunya akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita khususnya untuk kesehatan.

Beri kalian yang penasaran Apa saja manfaat dari lada ini kami akan memberikan beberapa khasiat menurut penelitian pada jurnal critical review in food science and nutrition sebagai berikut :

1. Mengurangi Peradangan

Keunggulan lada hitam yang pertama adalah lada hitam bisa mengurangi peradangan, peradangan sendiri terjadi bila sistem kekebalan tubuh kita sedang mencoba melawan penyakit.

Kondisi seperti ini biasanya muncul secara alami apabila kita saat terluka, dengan demikian tubuh kita tentunya akan mencoba untuk memperbaiki sel-sel sehingga tubuh kita menjadi cepat pulih.

Tentunya peradangan ini juga bisa terjadi dalam jangka panjang seperti halnya dapat memicu berbagai perkembangan penyakit seperti alzheimer.

Berbagai studi telah menunjukkan bahwa lada hitam ini bermanfaat dan juga memiliki senyawa aktif yang bersifat anti radang.

Lada hitam nantinya akan menghambat produksi enzim tertentu yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh kita.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat yang kedua adalah ada hitam bisa melawan radikal bebas, lada hitam mengandung sebuah antioksidan yang di mana akan memberikan manfaat pada tubuh kita saat melawan radikal bebas.

Dalam studi mengatakan bahwa aktivitas senyawa antioksidan pada lada hitam dapat menghambat kerja radikal bebas.

Bagi kalian yang tidak mengetahui apa itu radikal bebas radikal bebas adalah sebuah molekul yang dapat merusak sel tubuh serta protein dan juga DNA.

Sehingga nantinya akan menyebabkan berbagai jenis masalah pada kesehatan Seperti contohnya adalah kanker dan juga penuaan dini.

Radikal bebas ini datang dari berbagai sumber salah satunya seperti polusi dan juga asap rokok.

3. Melawan Infeksi Bakteri

Keunggulan lada hitam selanjutnya adalah bisa melawan infeksi bakteri, seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada tubuh kita infeksi tidak hanya disebabkan oleh virus saja akan tetapi juga oleh bakteri.

Download hitam ini menjadi salah satu sampah yang dapat kita gunakan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu dalam tubuh.

Lada hitam ini juga memiliki sifat antibakteri yang dapat digunakan pada makanan supaya tidak mudah untuk membusuk.

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat selanjutnya adalah bisa meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh, dalam berbagai pengobatan tradisional juga ada hitam ini sering digunakan dalam pengobatan gangguan sistem pencernaan.

Lada hitam memiliki senyawa piperin yang dapat membantu untuk memproduksi enzim dan juga meningkatkan nutrisi kalium.

Dan tidak hanya itu keunggulan lada hitam juga bisa untuk mengaktifkan pelindung selaput usus dan hasil sekresi lambung.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan otak, otak sendiri merupakan sistem saraf pusat yang mengatur seluruh kinerja tubuh.

Maka ketika semakin bertambahnya usia seseorang yang akan mendapatkan masalah pada fungsi otak yang menurun.

Dan pada lada hitam memiliki senyawa aktif piperin yang dimana senyawa ini memiliki fungsi yang sama seperti antidepresan itu bisa mengurangi stress.

6. Mencegah Kanker

Manfaat yang terakhir dari lada hitam adalah bisa mencegah kanker, lada hitam ini ini memiliki potensi untuk mencegah kanker karena senyawa pada lada hitam diketahui memiliki sifat antikanker.

Dan juga tidak hanya itu senyawa tersebut juga bisa melindungi usus besar kita dari pertumbuhan sel kanker dengan cara mengurangi aktivitas mucinase.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk