6 Keunggulan Jaringan 5G, Hidup Jadi Lebih Mudah

05 Jul 2021 by Laruan
6 Keunggulan Jaringan 5G, Hidup Jadi Lebih Mudah

Walaupun kita sudah berada di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kemajuan teknologi tetap berkembang begitu pesatnya. Hal ini termasuk kemajuan teknologi di bidang jaringan telepon seluler yang saat ini sedang ramai dengan isu kehadiran jaringan 5G dalam waktu dekat. Namun, apa sajakah keunggulan dari jaringan ini dibanding dengan para pendahulunya hingga ia sangat layak untuk dinantikan kehadirannya? Ayo kita simak 6 keunggulan sinyal 5G yang akan memudahkan hidup Sobat Pintar di masa depan.

1. Kecepatan transfer data yang jauh melebihi generasi jaringan sebelum-sebelumnya

Seperti yang mungkin sudah Sobat Pintar ketahui sebelumnya, setiap lompatan generasi jaringan dari satu generasi ke generasi lainnya selalu diikuti oleh lonjakan kecepatan transfer data yang signifikan. Namun, dalam hal sinyal 5G, seberapa besarkah lonjakan kecepatan transfer data yang diraih dari jaringan 4G ke 5G?

Faktanya, jaringan 4G memiliki kecepatan 100 Mbps hingga 1 Gbps sedangkan sinyal 5G memiliki kecepatan yang tentunya di atas kecepatan tersebut, yaitu 1 Gbps hingga 10 Gbps. Lonjakan kecepatan transfer data tersebut tentu saja merupakan lonjakan kecepatan antar generasi yang paling signifikan hingga saat ini. Sebab, lonjakan pertama, yaitu dari kecepatan jaringan 1G yang hanya 2,4 Kbps ke kecepatan jaringan 2G yang juga hanya 64 Kbps tidaklah sesignifikan lonjakan yang terjadi dari kecepatan jaringan 4G ke 5G, begitu pula dengan lonjakan kecepatan jaringan 2G ke 3G yang hanya meningkat dari 64 Kbps menjadi 144 Kbps hingga 2 Mbps serta lonjakan kecepatan jaringan 3G ke 4G yang meningkat dari 144 Kbps hingga 2 Mbps menjadi 100 Mbps hingga 1 Gbps.

2. Aktivitas sehari-hari yang lebih cepat dan efisien

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sinyal 5G memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan generasi pendahulunya, yaitu jaringan 4G. Dengan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat tersebut, tentu saja akan jauh lebih memudahkan kita sebagai pengguna teknologi dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang relevan, seperti berselancar di internet, bermain media sosial, bermain game online, mengajukan pinjaman uang online ke beberapa perusahaan kredit online seperti Kredit Pintar, hingga mengunggah dan mengunduh file-file besar seperti file video 4K dari dan ke berbagai platform seperti Youtube dan semacamnya. Jika sebelumnya kita membutuhkan waktu hingga 10 menit untuk mengunggah sebuah file berukuran cukup besar dengan jaringan 4G, makan dengan sinyal 5G, kita hanya akan butuh waktu sekitar 1 menit saja. Dengan demikian, kita dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, khususnya yang berhubungan dengan transfer data melalui internet, dengan lebih cepat dan efisien berkat generasi jaringan terbaru ini.

3. Penggunaan daya baterai yang lebih hemat

Salah satu keunggulan dari sinyal 5G yang mungkin tidak disangka-sangka oleh kebanyakan orang adalah penggunaannya yang lebih hemat daya dibandingkan dengan pendahulunya. Pada saat pengenalan teknologi ini di The Mobile Economy tahun 2018 silam, disebutkan bahwa teknologi jaringan seluler terbaru ini dapat menghemat konsumsi baterai perangkat 5G yang digunakan hingga 10%. Hal ini mungkin bukanlah hal yang cukup signifikan dalam hal efisiensi daya baterai perangkat smartphone saat ini, mengingat bahwa sudah banyak sekali smartphone yang memiliki daya baterai di atas 5.000 mAh yang sangat hemat daya yang salah satunya berkat fabrikasi prosesor yang digunakan oleh smartphone-smartphone tersebut yang sudah berada di angka 7 hingga 12 nm. Namun, tentu saja tambahan penghematan daya dari teknologi sinyal 5G, apalagi mengingat nilainya yang bisa mencapai 10%, tetap dapat menjadi keunggulan yang signifikan, khususnya bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi sehingga cukup jarang memiliki waktu untuk mengisi daya perangkat 5G mereka.

4. Cakupan jaringan yang lebih luas

Salah satu kelebihan utama dari sinyal 5G selain kecepatan transfer datanya yang jauh lebih cepat dibanding pendahuluan adalah cakupan jaringannya yang lebih luas. Dengan cakupan jaringan yang lebih luas ini, perangkat 5G yang digunakan tidak perlu terlalu bekerja keras dalam mencari sinyal 5G, tidak seperti pada perangkat 4G dan 3G, sehingga beban kinerja perangkat 5G tersebut lebih ringan yang berdampak pada efisiensi daya seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya.

Selain itu, cakupan jaringan yang lebih luas ini pun dapat menjadi solusi bagi kelemahan jaringan 4G yang sampai saat ini masih sering diperbincangkan, yaitu cakupan lokasi jaringannya yang belum merata di seluruh pelosok tanah air. Dengan demikian, tidak hanya masyarakat kota saja yang nantinya bisa menikmati jaringan generasi terbaru ini, melainkan masyarakat desa juga, sehingga akan lebih banyak masyarakat yang dapat menikmati kemajuan teknologi internet ini. Oleh karena itu, dengan jaringan ini, ke depannya masyarakat yang tinggal di berbagai lokasi di pelosok tanah air pun bisa dengan lebih mudah mengakses internet untuk berbagai kebutuhan, mulai dari eksis di media social, menjadi Youtuber, hingga mengajukan pinjaman uang online ke berbagai perusahaan kredit online seperti Kredit Pintar.

5. Harga Paket Data yang lebih murah

Keunggulan lain dari jaringan 5G adalah semakin murahnya harga paket data internet yang dijual oleh para penyedia layanan internet di berbagai lokasi di Indonesia. Namun, jangan salah paham dulu, yang kami maksud dengan semakin murahnya harga paket data di sini adalah harga yang dihitung per GigaByte. Hal ini memang sudah selazimnya terjadi setiap kali muncul generasi terbaru dari teknologi jaringan sebab sesuai dengan hukum ekonomi, semakin canggih sebuah teknologi, maka semakin murah juga biaya produksi yang dikeluarkan sehingga semakin murah pula harga yang bisa dipatok oleh para penyedia layanan. Oleh karena itu, walaupun kita tetap akan mengeluarkan biaya yang kurang lebih sama dengan biaya yang kita keluarkan untuk membeli paket data internet saat ini, namun sudah dapat dipastikan bahwa dengan biaya tersebut, kita akan mendapatkan paket data yang lebih besar. Sederhananya, dengan harga layanan internet yang sama, kita akan mendapatkan paket data yang jauh lebih besar.

6. Perangkat seluler yang lebih canggih

Salah satu keunggulan tidak langsung dari jaringan 5G adalah kehadiran perangkat-perangkat seluler atau ponsel yang lebih canggih. Bagi para gadget freak, sudah menjadi rahasia umum bahwa generasi jaringan seluler terbaru ini memiliki spesifikasi minimal untuk perangkat seluler yang bisa mendukungnya. Berkat hal tersebut, tahun ini pun sudah muncul daftar ponsel 5G yang kebanyakan memiliki embel-embel 5G di belakang namanya yang membuatnya terlihat lebih “sophisticated”, khususnya dalam hal performa, dibanding dengan ponsel-ponsel 4G atau bahkan versi 4G dari ponsel-ponsel 5G tersebut. Hal ini dikarenakan spesifikasi minimal dari daftar ponsel 5G tersebut ada pada prosesor yang digunakan dan menariknya, ternyata spesifikasi minimal prosesor yang bisa mendukung jaringan ini cukup tinggi sehingga nantinya daftar ponsel 5G memiliki performa yang cukup kencang saat dioperasikan, yang tentunya menjadi sebuah angin segar bagi para gadget freak dan gamer.

Itulah 6 keunggulan jaringan 5G yang akan memudahkan hidup Sobat Pintar di masa depan. Semoga saja kehadiran generasi terbaru dari jaringan seluler ini menjadi angin segar bagi mayoritas orang di negeri ini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload