6 Cara Mendapatkan Feedback Dari Pelanggan

28 Jul 2021 by Laruan

Kenapa ya, mendapatkan review dari pelanggan susah? Tapi kok, kompetitor sebelah bisa mendapatkan banyak feedback? Bagaimana sih cara mendapatkan feedback dari pelanggan? Sobat Pintar yang punya usaha pasti pernah mempertanyakan hal tersebut, bukan? Meskipun terlihat biasa saja, feedback dari pelanggan memiliki peran yang penting bagi bisnis Sobat Pintar.

cara mendapatkan feedback

Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang tidak melihat betapa pentingnya feedback, komentar, review, ataupun penilaian dari pelanggan untuk keberlangsungan bisnis. Dari feedback, pelaku bisnis bisa mengetahui bagaimana pendapat pelanggan terhadap kualitas produk, kualitas jasa, dan kualitas pelayanan sebuah bisnis. Dari sana, pelaku bisnis dapat berinovasi dalam mengembangkan produk yang berguna bagi para penggunanya.

Feedback sangatlah penting, karenanya, kami sudah meringkas secara lengkap mengenai ulasan pelanggan yang perlu Sobat Pintar ketahui sebelum memulai bisnis.

Apa Itu Ulasan Pelanggan?

cara mendapatkan feedback

Ulasan pelanggan (customer’s feedback) adalah pendapat mengenai pengalaman pelanggan terhadap produk yang ia gunakan. Banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini untuk memenuhi tahapan pengembangan produk. Biasanya, perusahaan mengumpulkan umpan balik ini saat ingin mengembangkan produk baru. Di sisi lain, feedback digunakan untuk menemukan kekurangan pada sebuah produk atau masalah yang terjadi supaya dapat diperbaiki ke depannya.

Cara Mendapatkan Feedback Dari Pelanggan

  1. Buat Angket Secara Online

Cara pertama untuk mendapatkan feedback dari pelanggan adalah membuat angket. Kalian bisa menggunakan aplikasi pembuat angket seperti google form atau membuat pesan secara singkat yang berisi pertanyaan tentang pelayanan Sobat Pintar.

Pelaku bisnis kecil hingga perusahaan besar kerap menggunakan cara ini untuk mendapatkan feedback dari pelanggan mereka. Karena berupa angket, jadi Sobat Pintar tidak perlu repot-repot mencetak angket dalam jumlah yang banyak. Selain menghemat biaya operasional, Sobat Pintar juga turut mendukung gerakan Go Green.

  1. Buat Kolom Komentar di Website

Selanjutnya, Sobat Pintar bisa mencantumkan kolom komentar pada website perusahaan. Cara ini memudahkan pelanggan untuk meninggalkan komentar pada website Sobat Pintar.

Dengan adanya kolom komentar ini turut membantu meningkatkan reputasi bisnis, dan kepercayaan dari calon pelanggan. Jangan lupa untuk memfilter setiap komentar yang masuk di website untuk menghindari adanya komentar spam supaya website perusahaan bisa terlihat profesional.

  1. Berikan Hadiah Untuk Pelanggan

Biasanya, pelanggan malas untuk memberikan feedback pada produk atau layanan kita. Lalu, bagaimana nih caranya untuk mendapatkan feedback dari pelanggan? Jangan khawatir, Kredit Pintar punya trik jitu yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mendapatkan feedback, yaitu memberikan hadiah.

Pelanggan akan dengan senang hati mengisi angket feedback jika diberikan hadiah. Sobat Pintar bisa memberikan hadiah dengan berupa voucher, promo eksklusif, atau diskon khusus untuk pelanggan yang memberikan feedback. Strategi ini sangat efektif buat Sobat Pintar yang ingin mendapatkan feedback dari pelanggan.

  1. Berikan Sampel Produk

Trik jitu selanjutnya adalah memberikan sampel produk secara gratis. Cara ini kurang lebih sama seperti memberikan hadiah kepada pelanggan,hadiahnya bisa berupa sampel produk dari produk terbaru ataupun terlaris.

  1. Buat Kampanye di Media Sosial

Terakhir, buatlah sebuah kampanye di media sosial. Manfaatkan strategy storytelling yang menarik dan relate dengan pelanggan yang akan membuat pelanggan akan memberikan feedback secara sukarela pada kolom komentar.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah seperti voucher atau diskon untuk komentar terbaik yang terpilih. Cantumkan juga komentar tersebut di highlight media sosial untuk memberikan reputasi yang baik. Selain meningkatkan engagement di media sosial, strategi ini bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang tertarik dengan produk Sobat Pintar.

  1. Lakukan Wawancara atau Interview

Cara ampuh selanjutnya adalah melakukan wawancara seperti guerilla testing. Guerilla testing adalah bentuk wawancara pengguna atau user interview dengan membawa desain atau prototipe produk ke publik dan mintalah opini dari setiap pelanggan yang kalian temui. Melakukan teknik guerilla testing sangat mudah dan simpel. Jika Sobat Pintar memiliki dana yang lebih, teknik in depth interview dengan mengunjungi rumah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan informasi dan data yang lebih lengkap.

Manfaat Mendapatkan Feedback

“Kenapa sih, setiap bisnis membutuhkan sebuah feedback dari pelanggan? Seberapa efektifnya sih feedback tersebut bagi perusahaan? Yang penting kan, barang terjual?”

Baik, kami paham jika sebuah bisnis harus mementingkan transaksi yang berjalan untuk mendapatkan profit, tetapi, dengan sebuah feedback dari seorang pelanggan memiliki efek yang sangat besar bagi keberlangsungan bisnis juga. Apa aja sih manfaatnya? Simak 5 poin berikut ini:

  1. Meningkatkan Kualitas dan Pelayanan Perusahaan

Percayalah, dengan sebuah feedback dari pelanggan bisa membantu bisnis Sobat Pintar dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. Setiap feedback yang masuk baik itu positif maupun negatif adalah umpan balik yang membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu, dapatkan feedback sebanyak-banyaknya, pahami perilaku pelanggan, kebutuhan pelanggan, dan masukan yang membangun dari pelanggan. Setelah itu, temukan masalah yang ada dan carilah solusi untuk menyelesaikannya.

Perbaiki masalah tersebut dan kembangkan pelayanan dan kualitas produk Sobat Pintar. Dengan demikian, pelanggan akan merasa diperhatikan yang akan membuat pelanggan menjadi loyal dengan produk Sobat Pintar.

  1. Ukur Kepuasan Pelanggan

Jika Sobat Pintar merasa bisnis yang dikelola saat ini baik-baik saja dengan volume penjualan yang stabil, apakah Sobat Pintar yakin pelanggan yang telah membeli produk akan merekomendasikan bisnis Sobat Pintar dan akan menjadi pelanggan tetap?

Setiap bisnis pastinya ingin memiliki pelanggan tetap dan juga pelanggan baru supaya bisa mengembangkan bisnisnya. Untuk mendapatkan pelanggan tetap tidaklah mudah, maka dari itu, Sobat Pintar harus mencari tahu tingkat kepuasan pelanggan sebagai tolak ukur bagaimana pendapat pelanggan terhadap produk Sobat Pintar.

Maka dari itu, dengan menyebarkan angket dengan beberapa pertanyaan mengenai pengalaman berbelanja menjadi hal yang sangat penting.

  1. Bijak Membuat Keputusan Bisnis Lebih Baik

Perlu kalian ketahui, feedback merupakan data yang sangat penting bagi perusahaan untuk membuat keputusan bisnis. Pernah gak sih Sobat Pintar melihat perusahaan besar sering mengadakan promo besar-besaran atau istilahnya membakar uang? Menurut Sobat Pintar, apakah perusahaan tersebut melakukan hal tersebut tanpa melakukan riset? Tentu saja tidak.

Perusahaan besar yang sering membakar uang biasanya akan melakukan riset pemasaran dan strategi terlebih dahulu. Salah satu riset yang mereka lakukan adalah dengan mengumpulkan feedback dari para pelanggan diolah oleh mereka untuk dijadikan strategi pemasaran yang baik di masa depan.

Maka dari itu, hargai setiap feedback yang didapatkan oleh pelanggan. Setiap pelanggan yang memberikan feedback kepada bisnis Sobat Pintar sangat tahu kualitas pelayanan dan produk dari bisnis Sobat Pintar.Demikianlah tips dan trik cara mendapatkan feedback dari pelanggan untuk mengembangkan bisnis Sobat pintar menjadi lebih baik dalam kualitas pelayanan dan juga produk. Kembangkanlah setiap strategi yang sudah dibahas diatas dan buatlah strategi cara mendapatkan feedback dari pelanggan dengan gaya Sobat Pintar sendiri. Semoga sukses!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload