5 Cara Verified Instagram, Syarat dan Ketentuannya

02 Sep 2021 by Laruan

Verified Instagram adalah akun Instagram khusus yang mendapatkan tanda centang berwarna biru di bagian samping dari nama Instagram. Tanda ini diberikan oleh Instagram sebagai bukti konfirmasi bahwa sebuah akun Instagram adalah akun asli.

Akun yang asli tersebut mewakili selebriti, brand global, maupun tokoh publik. Banyak orang berusaha mendapatkan tanda centang biru tersebut. Mereka beranggapan bahwa tanda verifikasi dari Instagram itu membuat akun mereka tampak lebih unggul dibandingkan dengan akun lain.

5 Cara Verified Instagram, Syarat dan Ketentuannya

Cara untuk Mendapatkan Akun Verified Instagram

Tidak semua pengguna Instagram bisa mendapatkan tanda verifikasi tersebut dengan mudah. Instagram menetapkan beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pemilik akun demi mendapatkan tanda centang yang sangat berharga tersebut.

Kalau Anda sendiri tertarik untuk memperoleh tanda verifikasi dari Instagram, ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk meminta verifikasi dari pihak Instagram. Berikut ini langkah lengkap yang sebaiknya Anda pelajari dan terapkan untuk mendapatkan verifikasi akun.

  1. Jalankan aplikasi Instagram yang ada di perangkat smartphone, bisa Android maupun iOS. Kalau Anda punya beberapa akun di satu aplikasi Instagram, masuk ke salah satu akun yang mau diverifikasi. Setiap pengguna hanya bisa mempunyai satu akun terverifikasi.
  2. Buka halaman Profil, caranya tap bagian pojok kanan bawah jendela Instagram. Setelah halaman Profil terbuka, tap Menu di kanan atas yang dilambangkan dengan tanda tiga garis horisontal.
  3. Pilih menu Settings yang bergambar roda gigi, menu ini ada di bagian paling atas dari menu-menu lain yang tersedia. Setelah menu Settings atau pengaturan terbuka, tap pada pilihan Account untuk melihat pilihan-pilihan yang tersedia.
  4. Setelah masuk ke menu Account, cara berikutnya yang harus diikuti adalah memilih Request Verification. Instagram akan meminta Anda untuk melakukan pengisian beberapa data diri, misalnya foto kartu identitas (bisa menggunakan paspor, SIM, atau KTP).
  5. Pastikan Anda memasukkan data yang lengkap dan sejujur-jujurnya sehingga proses verifikasi bisa berlangsung dengan lancar. Data yang dimasukkan adalah bukti bahwa Anda merupakan pemilik sah dari akun yang Anda gunakan saat ini.

Setelah memasukkan data dan mengikuti cara yang disebutkan di atas, Instagram akan meminta Anda untuk menunggu. Instagram akan memproses peninjauan terhadap data yang Anda kirimkan. Semua data akan diperiksa apakah sudah sesuai dengan informasi di lapangan.

Syarat Memperoleh Akun Verified Instagram

Tidak semua pemilik akun Instagram bisa memperoleh tanda verifikasi dari Instagram. Biasanya, setelah mengajukan permintaan akun terverifikasi, Instagram akan merespon dalam beberapa hari. Kalau ternyata pengajuan Anda ditolak, permintaan pengajuan bisa dilakukan lagi setelah 30 hari.

Pengajuan verifikasi akun ditolak karena pengguna masih belum memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak Instagram. Pastikan Anda sudah memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini agar pengajuan verifikasi akun bisa langsung berhasil.

  1. Autentik

Akun Instagram yang akan diverifikasi harus merupakan akun yang mewakili seseorang, bisnis, maupun entitas lain yang memang nyata. Jadi akun yang akan diverifikasi bisa akun Instagram Anda pribadi, bisnis online yang Anda jalankan, atau binatang peliharaan favorit Anda.

  1. Unik

Syarat lain yang perlu dipenuhi adalah akun tersebut harus unik. Apa maksudnya unik? Hanya boleh ada satu akun saja untuk setiap bisnis dan orang yang dapat diverifikasi. Jadi Anda tidak bisa memverifikasi dua akun dengan menggunakan satu kartu identitas yang sama.

  1. Lengkap

Akun yang akan didaftarkan atau diajukan untuk mendapatkan tanda verifikasi harus lengkap. Maksudnya, akun Instagram tersebut harus dilengkapi dengan bio, paling tidak sebuah postingan, dan foto profil. Akun tersebut juga harus bersifat publik dan bukan akun yang di private.

  1. Terkenal

Agar bisa memperoleh tanda verifikasi dari Instagram, akun Instagram yang Anda ajukan harus sudah termasuk dalam akun terkenal. Dan untuk memenuhi syarat yang satu ini, penilaian didasarkan pada jumlah pengikut atau followers.

Semakin banyak followers akun Instagram Anda, semakin besar peluang akun tersebut mendapatkan tanda centang biru. Berapa jumlah minimal followers yang harus dipenuhi untuk bisa memperoleh tanda verifikasi? Instagram tidak menetapkan batas minimal, tapi lebih banyak followers lebih baik.

5 Cara Verified Instagram, Syarat dan Ketentuannya

Ketentuan untuk Memperoleh Akun Instagram Terverifikasi

Selain persyaratan yang sudah disebutkan sebelumnya, ada ketentuan lain yang harus dipenuhi oleh para pemilik akun Instagram. Ketentuan ini harus dipenuhi oleh pemilik akun Instagram baik yang sudah terverifikasi maupun yang masih belum terverifikasi. Mengapa demikian?

Meskipun akun Instagram Anda sudah terverifikasi, Instagram bisa mencabut lagi lencana atau tanda verifikasi yang sudah diberikan. Pencabutan ini dilakukan karena pengguna melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Instagram. Berikut adalah tiga hal yang haram untuk dilakukan oleh para pengguna.

  1. Mengiklankan lencana verifikasi, mentransfer lencana verifikasi tersebut, atau menjual akun bertanda centang biru. Akun yang sudah terverifikasi tidak boleh dipindahtangankan. Hanya pengguna aslinya sesuai dengan data KTP yang boleh memiliki akun tersebut.
  2. Menggunakan nama pada akun Instagram, bio, atau foto profil untuk mempromosikan atau memasarkan layanan yang lainnya.
  3. Mencoba untuk mendapatkan tanda akun terverifikasi dengan bantuan pihak ketiga.

Setiap pengguna Instagram, baik yang terverifikasi atau yang masih belum mendapatkan tanda verifikasi harus selalu mengikuti semua kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pihak Instagram. Kalau ada salah satu kebijakan yang dilanggar, tanda centang biru bisa dihapus oleh Instagram.

Kalau Anda sudah memperoleh tanda centang biru tapi kemudian kehilangan tanda itu karena melakukan pelanggaran, proses mendapatkan verifikasi yang harus ditempuh untuk memperoleh tanda verifikasi akan lebih panjang dari proses pertama.

Keuntungan Mempunyai Akun Verified Instagram

Apa keuntungannya menggunakan akun Instagram yang terverifikasi? Akun Instagram yang biasa saja sudah cukup bermanfaat. Kenapa harus menggunakan akun Instagram yang terverifikasi? Akun Instagram yang sudah terverifikasi memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya.

  1. Meningkatkan eksistensi

Centang biru pada akun Instagram yang asli membuat pengguna lain mempercayai akun Instagram yang Anda gunakan. Tanda tersebut juga bisa meningkatkan status serta eksistensi akun Instagram dan diri Anda sendiri.

Tanda centang biru selalu muncul, tidak hanya di bagian profil saja tetapi juga ketika Anda memberikan komentar di berbagai akun Instagram lainnya. Pengguna Instagram lain yang melihat tanda tersebut tentu akan tertarik untuk melihat-lihat isi akun Instagram Anda.

  1. Menaikkan brand awareness

Keuntungan lain menggunakan akun terverifikasi adalah memperoleh kepercayaan para pelanggan, jika Anda mempunyai bisnis online di Instagram. Saat ini siapapun bisa menciptakan bisnis online, tapi beberapa akun bukan akun asli dan tidak bisa dipercaya karena maraknya berita penipuan.

Dengan tanda terverifikasi atau centang biru, Anda bisa membuat pengguna Instagram untuk mempercayai akun Anda. Keberadaan akun dengan centang biru juga akan sering dilihat sehingga membuat para pengguna Instagram semakin akrab dengan brand yang Anda promosikan.

  1. Memiliki fitur-fitur eksklusif

Beberapa fitur eksklusif hanya bisa digunakan oleh pengguna Instagram yang akunnya sudah terverifikasi. Contohnya adalah fitur Tautan Instagram yang bisa ditampilkan di bagian Insta Stories. Untuk menikmati semua fitur tersebut, pastikan akun Instagram Anda sudah verified.Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload