9 Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Menyusut

03 Aug 2021 by Laruan

Belakangan ini, followers sudah bagaikan mata uang. Semakin banyak engagement yang didapatkan pada sosial media, semakin besar Anda dapat menghasilkan uang.

9 Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Menyusut

Berawal dari platform membagikan foto kehidupan dengan orang-orang yang kita kenal, sekarang Instagram telah menjadi platform dengan banyak fungsi. Saat ini memang masih banyak yang menjadikan Instagram sebagai album foto yang terbuka untuk umum, namun akhir-akhir ini banyak content creator membagikan informasi, juga influencer mencari audiens di Instagram. Bahkan Instagram pun digunakan sebagai platform berjualan, baik dengan menggunakan fitur Instagram Shopping maupun tidak.

Sebelum masuk ke cara menambah followers Instagram, untuk yang belum paham mari kita bahas terlebih dahulu apa keunggulan dari memiliki banyak followers.

Keuntungan Mendapatkan Banyak Followers di Instagram

  1. Mendapatkan audiens, orang-orang yang bisa diajak bertukar pikiran.
  2. Mendapatkan penghasilan, baik langsung dari Instagram maupun lewat endorse.
  3. Menjadi influencer. Anda dapat mempromosikan sesuatu mulai dari produk, lifestyle, bahkan gerakan sosial.
  4. Meningkatkan traffic dan memperoleh klien, khususnya bagi penjual produk maupun jasa
  5. Menjadi terkenal.

Sangat menarik, bukan? Jika ingin memperoleh keunggulan tersebut, baca 9 cara menambah followers Instagram ini.

Cara Menambah Followers Instagram

  1. Buat post yang menarik

Tentunya alasan seseorang mengikuti suatu akun adalah karena tertarik dengan postingan akun tersebut. Cara menambah followers Instagram yang paling dasar adalah mengunggah postingan yang menarik, baik dalam hal isi dan tampilan.

  1. Tentukan branding atau niche akun

Ini adalah semacam spesialisasi konten yang ingin Anda bagikan dan target tujuannya. Niche ini bisa apa saja, mulai dari konten finansial, fotografi travelling, postingan quotes, sampai studygram dan akun meme.

  1. Buat konten

Setelah Anda menemukan niche akun Anda, buatlah konten yang ingin Anda unggah. Konten harus bermanfaat, baik itu memberikan informasi, ataupun sekadar menghibur atau menyegarkan mata.

  1. Kemas dengan rapi

Poin ini terutama diperuntukkan bagi Anda yang memiliki/ingin memulai akun yang membagikan informasi melalui Instagram. Pilih warna-warna yang menarik dan komplementer, serta buat desain tiap slide rapi dan minimalis namun manis supaya enak dilihat. Selain itu, perlu diingat bahwa jaman sekarang sayangnya orang-orang malas membaca, sehingga konten harus dikemas sesingkat mungkin.

  1. Buat hal yang eye-catching atau clickbait

Jika memungkinkan, postingan Anda harus sekali-kali eye-catching sehingga orang tertarik untuk meng-klik.

  1. Hashtag

Mungkin sekarang sudah terdengar cukup basi, namun percayalah hashtag masih berguna. Pertama, walau lebih jarang, orang-orang masih mencari postingan menggunakan hashtag. Yang kedua, keuntungan penggunaan hashtag yang tepat akan dijelaskan pada poin berikutnya.

  1. Unggah postingan secara rutin: Explore page

Halaman explore pada Instagram adalah halaman yang muncul bila Anda menekan ikon kaca pembesar di kiri bawah layar, berisi foto, video, Story, dan Reel yang direkomendasikan oleh Instagram. Postingan yang muncul di sini disesuaikan dengan minat dan kesukaan pemilik akun (diketahui dari postingan-postingan yang disukai dan dikomentari).

Artificial Intelligence Instagram bekerja sangat baik dalam merekomendasikan postingan sesuai selera pemilik akun, sehingga sekarang kebanyakan orang mencari konten yang mereka suka melewati halaman explore, bukan dengan hashtag lagi. Akan tetapi, ternyata hashtag juga membantu postingan Anda ditemukan oleh orang lain. Jadi begini, misalnya seseorang sering menonton video dengan hashtag #veganism, pada halaman explore-nya akan direkomendasikan postingan lain yang juga memuat hashtag tersebut.

Bagaimana cara agar postingan Anda terdampar pada halaman explore seseorang? Ini merupakan gabungan dari audiens yang mirip dengan akun yang berinteraksi dengan Anda, postingan dengan engagement yang tinggi, hashtag, dsb. Pada dasarnya Anda hanya harus mengembangkan postingan semenarik mungkin dan lakukan interaksi dengan akun dengan niche yang serupa, kemudian berharap Instagram akan membantu memunculkan postingan Anda pada explore page banyak orang.

Maka dari itu Anda harus sering posting. Apabila tidak pernah mengunggah post, apa yang mau di temukan orang? Semakin sering Anda mengunggah, semakin tinggi kemungkinan postingan Anda muncul di halaman explore orang lain. Unggahan secara rutin juga mempertahankan pengikut yang sudah Anda punya supaya mereka tidak meng-unfollow Anda.

  1. Manfaatkan Instagram Reel

Fitur Instagram yang cukup baru, Instagram reel, yang disebut-sebut terinspirasi dari Tiktok, merupakan fitur untuk membuat postingan video pendek. Secara penampilan memang agak mirip dengan Instagram Story, tetapi jika Instagram Story hanya dapat dilihat oleh pengikut kita, Instagram Reel dapat dilihat oleh orang yang tidak mengikuti kita.

Pada Instagraam Reel juga ada fitur Instagram Music, di mana Anda dapat menambahkan lagu kepada video Anda tanpa harus men-download lagu tersebut. Instagram Music juga dapat membantu Reel Anda ditemukan orang, karena pencarian Reel dapat dilakukan berdasarkan lagu yang digunakan. Gunakanlah lagu yang sedang populer supaya orang menemukan Reel Anda.

Pada masa di mana kita lebih tertarik pada konten singkat dengan lagu menyenangkan daripada konten bacaan yang panjang, Instagram reel merupakan tempat strategis di mana orang lain akan menemukan akun Anda.

  1. Aktif berkomentar

Ini terdengar sepele, namun sebenarnya Anda dapat menarik followers dengan cara berkomentar pada postingan orang lain. Berinteraksilah. Tinggalkan komentar yang lucu atau berwawasan, tidak peduli pada akun dengan followers banyak maupun sedikit. Ada kemungkinan orang lain membaca komentar Anda dan membuka profil Anda kemudian tertarik dan mengikuti Anda. Maka dari itu, ada baiknya juga bila username dan foto profil Anda menggambarkan konten yang Anda unggah supaya dapat menarik audiens yang tepat.

Sebenarnya memang cara ini tidak terlalu efektif dan kemungkinan mendapatkan followers cukup kecil. Akan tetapi, usaha yang dilakukan untuk membuat komentar juga sangat kecil jadi sepadan. Ingat bahwa aktif berkomentar di sini tidak berarti komentar spam mempromosikan akun Anda, ya.

  1. Follow orang lain

Follow akun yang memiliki konten mirip dengan Anda. Ini akan membantu memperkuat identitas akun Anda sehingga Instagram dapat menentukan dengan jelas akun-akun yang akan mendapatkan postingan Anda pada halaman explore-nya. Selain itu Anda dapat mengikuti akun-akun yang juga masih kecil dan mencari followers sehingga dapat saling bertukar follow.

  1. Gunakan fitur promosi

Sekarang mulai masuk ke cara menambah followers Instagram yang membutuhkan uang. Fitur promosi Instagram sangatlah bermanfaat karena Instagram akan memilihkan akun yang akan melihat promosi Anda, yaitu akun-akun yang tertarik pada konten yang mirip dengan konten Anda. Harga promosi Instagram dimulai dari Rp20.000.

  1. Endorse/Paid Promote

Ya, cara ini memang terbukti ampuh bila dilakukan dengan tepat. Sayangnya, harga endorse orang yang terkenal tidaklah murah. Jika Anda ingin mencari alternatif akun dengan tarif lebih murah, carilah akun yang benar-benar sesuai dengan konten Anda supaya followers mereka memiliki kemungkinan lebih besar untuk tertarik pada konten Anda. Jadi, walaupun followers dan komennya tidak banyak-banyak amat, beberapa followers mereka tetap akan kepo pada akun Anda dan (semoga saja) mulai mengikuti Anda.

  1. Menjadi sponsor giveaway

Cara menambah followers Instagram ini paling jitu dan terjamin. Maksudnya adalah Anda bekerja sama dengan akun (yang sudah memiliki banyak pengikut) yang akan mengadakan giveaway. Anda sebagai salah satu sponsor akan membayar sejumlah uang yang akan digunakan untuk membeli hadiah giveaway. Keuntungannya adalah jika seseorang ingin mengikuti giveaway itu, mereka harus mengikuti Anda.Sejujurnya, cara ini tidak sepenuhnya organik, Anda dapat berakhir menjadi akun dengan followers banyak namun tidak interaktif, atau bahkan pengikut-pengikut itu akan berakhir meng-unfollow akun Anda seusai giveaway.

Supaya Anda tidak berakhir seperti akun yang membeli followers hantu, cari akun penyelenggara giveaway yang memiliki pengikut yang sesuai dengan niche Anda. Hal ini supaya walaupun awalnya mereka mengikuti Anda karena keharusan, mereka tidak akan unfollow. Maka konten yang menarik memang merupakan kunci.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload