5+ Alasan Mengapa Bunga Pinjaman Online Lebih Tinggi, Ini Penyebabnya

5+ Alasan Mengapa Bunga Pinjaman Online Lebih Tinggi, Ini Penyebabnya

07 May 2021 by kreditpintar
bunga pinjaman online

Mengajukan pinjaman secara online terbilang mudah, bahkan bisa cepat cair dalam hitungan menit saja. Ini menjadi alasan kenapa banyak orang memilih mengajukan pinjaman online, ketimbang ke bank atau jasa lainnya. Namun, bunga pinjaman yang dikenakan terkadang lebih tinggi, sehingga Sobat Pintar perlu memikirkan dengan bijak apabila ingin melakukan pengajuan. Ada beberapa alasan mengapa bunga pinjaman online lebih tinggi, yaitu sebagai berikut.

Inilah Alasan Bunga Pinjaman Online Lebih Tinggi Ketimbang Pinjaman Lainnya

1. Tingginya Risiko Kredit Macet atau Gagal Bayar

Risiko yang didapatkan dari pinjaman ini tidak hanya dirasakan oleh peminjam saja. Pihak fintech akan merasakan risiko serupa, bahkan bisa lebih tinggi. Pasalnya, sistem kerja Fintech P2P Lending adalah memutar dana dari para investor untuk dipinjamkan kepada nasabahnya.

Apabila ada peminjam atau nasabah nakal yang tidak mengembalikan dana pinjaman sesuai tenor yang ditentukan, maka fintech akan mengalami kesulitan untuk mengembalikan dana kepada investor. Akibatnya, beberapa fintech banyak menanggung kerugian. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak fintech pun mulai memberlakukan bunga tinggi untuk setiap pinjaman online.

2. Proses Pengajuan Cepat dengan Syarat Mudah

Hal yang membuat masyarakat terpikat untuk mengajukan pinjaman secara online yaitu, proses pengajuan yang cepat hanya dengan melampirkan KTP dan berkas pribadi lainnya. Selain itu, Sobat Pintar tidak perlu pergi ke kantornya karena semua proses bisa dilakukan tanpa tatap muka melalui situs atau aplikasi.

Target nasabah untuk pinjaman kilat biasanya adalah masyarakat yang tidak memiliki akses pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Sehingga, mereka akan mencari alternatif lain untuk meminjam, salah satunya melalui pinjaman online melalui Kredit Pintar. 

Sobat Pintar bisa melakukan pengajuan di aplikasi tersebut secara cepat hanya dalam beberapa menit saja. Jika memenuhi syarat, maka dana pinjaman akan langsung cair dengan tenor pinjaman sesuai pilihan dalam aplikasi. 

Nah, kalau sudah menerima dana, berarti Sobat Pintar menyetujui segala syarat dan ketentuan berlaku, sehingga bisa menerima bunga pinjaman tinggi disana. Sebab, kemudahan yang didapatkan tentu ada harga yang mesti dibayar agar kedua belah pihak menerima keuntungan masing-masing.

3. Dana Bisa Dicairkan Kurang dari 24 Jam

Salah satu keunggulan dari pinjaman online adalah dana yang Sobat Pintar ajukan bisa cepat cair dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Bahkan, beberapa aplikasi pinjaman itu mampu mencairkan dana pinjaman hanya dalam beberapa menit saja. Hal inilah yang membuat masyarakat memanfaatkan layanan tersebut sebagai solusi untuk mengatasi masalah keuangan mendadak.

Berbeda dengan proses pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh pihak bank atau lembaga sejenis. Terkadang, proses pengajuannya cukup sulit dan berbelit-belit, hingga dana ajuan belum tentu disetujui atau dicairkan pada hari itu juga. Perbedaan tersebut membuat masyarakat lebih memilih mengajukan pinjaman secara online, meskipun bunga yang dibebankan relatif tinggi.

4. Nominal Pinjaman Besar

Alasan mengapa bunga pinjaman online lebih tinggi lainnya yaitu efek dari nominal pinjaman yang diberikan cukup besar. Misalnya, Sobat Pintar mengajukan pinjaman online sebesar Rp.5 juta, tentu bunga yang dibebankan akan lebih besar, ketimbang mengajukan hanya Rp.500 ribu saja.

Hal itu sesuai dengan semakin besar pinjaman yang Sobat Pintar ajukan, maka semakin tinggi pula bunga yang mesti dibayar. Oleh karena itu, bijaklah saat akan melakukan pinjaman secara online dan sesuaikan dengan nominal yang Sobat Pintar butuhkan saja.

Apabila Sobat Pintar mampu menyesuaikan dana pinjaman sesuai kebutuhan, maka bunga besar tidak akan menjadi masalah saat waktu pembayaran tiba. Bunga yang sangat tinggi, biasanya diberikan kepada pihak peminjam dengan nominal pinjaman besar. 

Jadi, menentukan nominal sebelum pengajuan pinjaman sangat penting Sobat Pintar lakukan. Jangan sampai karena prosesnya mudah, Sobat Pintar malah meminjam dana dengan nominal yang begitu tinggi.

5. Tenor Pinjaman Singkat

Bagi Sobat Pintar yang ingin mengajukan pinjaman online, perlu memperhatikan batas waktu dari pinjaman dana tersebut. Pihak Fintech biasanya memiliki pinjaman tidak lebih dari 12 bulan atau satu tahun.

Hal ini menjadi alasan tersendiri bunga yang dikenakan akan lebih besar, ketimbang pengajuan dari bank atau lembaga keuangan lain. Meskipun begitu, pastikan bahwa batas waktu pengembalian dana Sobat Pintar dilakukan sesuai batas kemampuan dan jangan sampai melewatinya. Jika hal itu terjadi, maka Sobat Pintar akan dikenakan denda harian dengan nilai yang cukup besar.

6. Tidak Perlu Memberi Agunan

Selain dana yang diajukan bisa cepat cair, Sobat Pintar juga tidak perlu memberikan agunan atau jaminan kepada pihak fintech. Berbeda dengan pengajuan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain yang mesti memberikan agunan, sebelum dana diterima. 

Meskipun begitu, lagi-lagi sebagai ganti dari kemudahan tersebut, pihak fintech mau tidak mau akan membebankan bunga besar untuk para nasabah yang mengajukan pinjaman. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian atau risiko dari aktivitas itu sendiri.

Alasan mengapa bunga pinjaman online lebih tinggi diatas tentu membuat masyarakat yang ingin meminjam akan berfikir-fikir dulu, apakah melanjutkan pinjaman atau membatalkannya. Padahal, jika Sobat Pintar mampu memanfaatkan pinjaman online secara bijak, tentu bunga tinggi tidak akan menjadi masalah karena besaran bunga ditentukan oleh nominal pinjaman yang diajukan.

Cara Bijak Memanfaatkan Pinjaman Online Bunga Tinggi

Perlu Sobat Pintar ketahui, pinjaman online hadir sebagai solusi mengatasi keluhan masyarakat yang tidak bisa mengajukan pinjaman kepada bank atau lembaga keuangan lainnya. Dengan persyaratan mudah tanpa agunan, membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan pinjaman online di beberapa aplikasi terdaftar OJK.

Sayangnya, besar pinjaman yang bisa Sobat Pintar ajukan terbatas alias tidak terlalu tinggi seperti pinjaman pada bank. Sebab, pinjaman online bisa Sobat Pintar gunakan ketika membutuhkan dana mendesak saat itu juga, seperti untuk modal bisnis, biaya pendidikan, biaya rumah sakit dan sejenisnya.

Meskipun layanan yang ditawarkan sangat mudah dan pencairan dana bisa dilakukan secara kilat, namun ada resiko yang mesti ditanggung oleh penerima pinjaman. Resiko itu adalah bunga pinjaman yang dibebankan lebih tinggi, dibandingkan bunga pinjaman bank atau lembaga keuangan lain.

Walau bunganya besar, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena masalah bunga bisa teratasi dengan memanfaatkan pinjaman online secara bijak. Caranya dengan mengajukan besar pinjaman sesuai kebutuhan dan kesanggupan membayar nanti. Jika begitu, maka finansial Sobat Pintar tidak akan terganggu, lalu tidak membuat bunga menjadi beban saat dana pinjaman mesti dibayarkan.

Bagi Sobat Pintar yang ingin mengajukan pinjaman online, silahkan langsung hubungi Kredit Pintar sebagai solusi masalah keuangan mendadak. Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman secara cepat, hanya dalam beberapa menit saja, maka dana akan dikirimkan ke rekening milik Sobat Pintar kurang dari 24 jam. Tidak perlu khawatir, aplikasi pinjaman digital ini sudah berizin,terdaftar, dan diawasi oleh OJK, sehingga tidak perlu khawatir terkait penipuan atau sejenisnya. Sobat Pintar bisa mulai meminjam dengan aman, lalu selesaikan masalah keuangan mendesak di hari itu juga.

kredit pintar