4 Cara Temukan Kedamaian Dengan Mindfulness

20 Aug 2021 by Laruan

Tidak dapat dipungkiri, jika dewasa kini, tiap-tiap generasi mendapat tantangan untuk memiliki kecakapan hidup. Sayangnya, tidak semua orang mampu secara praktis menghadapi dunia yang keras ini. Niat hati menjalankan sesuai prosedur yang digariskan, seringkali fisik maupun mental tidak memiliki kemampuan menjalankannya. Inilah alasan mengapa menjalankan hidup dengan mindfulness adalah gaya hidup yang dicita-citakan.

4 Cara Temukan Kedamaian Dengan Mindfulness

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Pernah mengalami ketika sampai tengah malam tidak bisa tidur tapi tidak melakukan kegiatan produktif apa-apa? Sudah memejamkan mata rapat-rapat, tapi tetap saja tak kunjung tertidur. Hanya memikirkan lalu lintas kehidupan dari masa ke masa yang seolah hanya begini-begini saja? Atau mulai khawatir tentang bagaimana Sobat Pintar akan menjalani hari esok?

Ah, stop! Bukan tugasmu untuk melakukan semuanya sendiri. Yang perlu Sobat Pintar lakukan kini adalah menjalankan kehidupanmu hari ini dengan kesadaran penuh. Sudah akrab dengan istilah tersebut? Benar saja, ini adalah kondisi ketika Sobat Pintar sudah bisa memusatkan perhatian pada apa yang Sobat Pintar hadapi saat ini. Dengan kesadaran penuh dari fisik, hati, dan juga pikiran.

4 Cara Temukan Kedamaian Dengan Mindfulness

Keuntungan Menerapkan Sikap Mindfulness

Barangkali bukan suatu hal yang mudah untuk mengkoneksikan seluruh emosi dengan pikiran dan fisik. Sebab pada kenyataannya, ketiga aspek tersebut seringkali berada di luar kendali kita. Meski begitu, rupanya ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menerapkan sikap ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Meredakan stress

Tidak dapat dipungkiri jika kesadaran penuh secara tidak sadar akan membantumu mengenali diri sendiri. Bagaimana kemampuanmu hari ini dan bagaimana kemampuan juga akan berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga ketika dihadapkan dengan ketidakpercayaan pada diri sendiri hingga menyebabkan stress, menerapkan sikap ini akan membantu meredakannya.

2. Memiliki waktu yang berharga

Sejatinya, menanamkan kesadaran penuh pada apa yang Sobat Pintar hadapi saat ini berarti juga mengesampingkan berbagai kekhawatiran akan masa yang mendatang. Sehingga bisa disimpulkan jika sikap ini tidak hanya mengatasi stres dan overthinking yang bahkan kerap mengganggu tidurmu.

Sebaliknya, sikap ini membuatmu menyadari bahwa hari ini Sobat Pintar mendapatkan waktu yang berharga untuk dijalani dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Menjalani dengan penuh khidmat, dan membuatmu bisa merasakan kebahagiaan bahkan dari hal-hal yang sederhana.

3. Menenangkan pikiran

Keuntungan menerapkan sikap kesadaran penuh berikutnya adalah dapat menenangkan pikiran. Benar, seringkali beban pikiran pun membuat diri tidak dapat menjalankan rutinitas harian sebagaimana biasanya. Malahan, tidak jarang justru menjadi penghalang yang membuatmu bisa berkegiatan dengan maksimal. 

Sehingga dengan menerapkan sikap ini, Sobat Pintar akan bisa membuatmu merasa sika setiap helaan nafas adalah sesuatu yang berharga. Hal yang patut disyukuri, juga mengajarkan bagaimana hidup yang kita jalani bukanlah suatu kutukan. Melainkan suatu yang patut diperjuangkan karena setiap orang memiliki prosesnya masing-masing.

4. Membuat kita mencintai diri sendiri

Pada dasarnya, kesadaran penuh juga menjadikan seseorang bisa mengenali dirinya sendiri. Menyadari perannya di kehidupan yang fana ini, serta membuat ia mampu secara harfiah mencintai dirinya sendiri. Jalannya kehidupan menjadi seperti sungai, yang tenang tapi berarus. Sehingga tidak diartikan sebagai kemandekan, tapi justru mematangkan kedewasaan seseorang untuk memiliki kecakapan hidup yang diperlukan.

5. Memulihkan kesehatan mental

Keuntungan menerapkan sikap kesadaran penuh berikutnya ialah bisa dijadikan sebagai jalan untuk memulihkan kesehatan mental. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan mental tak kalah pentingnya dengan bagaimana cara kita menjaga kesehatan fisik. Karena terganggunya kesehatan mental sebenarnya sama saja dengan seorang yang mengalami sakit tapi tidak berdarah.

Bagi penyandang depresi misalnya, treatment seperti meditasi untuk mendapatkan ketenangan jiwa akan membuatmu mendapatkan kedamaian yang Sobat Pintar butuhkan. Memang benar jika tenang saja tidak cukup untuk memecahkan masalah pelik kehidupan, tapi hanya dengan ketenangan tanpa grusah-grusuh-lah Sobat Pintar bisa mengambil keputusan dan tindakan yang berarti.

Cara Melakukan/Menerapkan Mindfulness

Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjalankan praktik kesadaran penuh. Sebab pada kenyataannya, kecemasan dan ketakutan akan hari esok misalnya, bisa menjadikan seseorang mengambil tindakan ekstrim seperti bunuh diri. Padahal, kehidupan yang sedang kita jalani sangatlah berharga.

Kalah seperti judul bukunya Dea Anugerah, Hidup Ini Indah dan Hanya Itu yang Kita Punya. Sebab bagaimanapun, tugas sebagai insan manusia hanyalah menjalankan hak hidup ini sebaik-baiknya. Urusan menjadikannya berarti atau tidak, kembali pada keputusan pribadi  pula. Nah, berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk menerapkan praktik kesadaran penuh untuk hari-harimu yang berharga.

1. Meditasi

Tentunya sudah tidak asing dengan nama ‘meditasi’, bukan? Memang benar jika selama ini, praktik untuk mendapatkan ketenangan dan ketentraman jiwa ini selalu dilekatkan dengan agama tertentu. Meski begitu, pada dasarnya kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua orang.

Mengapa begitu? Sebab ketika seseorang bermeditasi, pada dasarnya ia sedang melakukan olah pernafasan dan tenggelam pada pengalaman-pengalaman yang penuh dengan ketenangan. Inilah alasan mengapa Sobat Pintar yang mengalami hari-hari berat disarankan untuk bermeditasi. Dengan begitu, perlahan-lahan tubuh, bahu, dan wajah yang tegang akan membaik karena telah mendapat penyelesaiannya.

2. Kurangi penggunaan ponsel

Untuk mendapatkan hidup yang berharga, kadangkala bisa Sobat Pintar lakukan dengan mengurangi konsumsi ponsel dan jam untuk berselancar di sosial media. Tidak dapat dipungkiri jika lebih dari separuh hari berbagai informasi maupun kabar dunia diakses dari platform sosial media. Memang tidak sepenuhnya merupakan kegiatan yang negatif, sebab komunikasi pun biasa dilakukan melalui platform ini.

Meskipun begitu, ketergantungan pada teknologi yang satu ini juga bisa membuatmu merasa tertekan bahkan untuk hal-hal yang tidak perlu. Karena itulah, sesekali Sobat Pintar bisa melepaskan diri dengan meninggalkan kegunaan perangkat ini. Barangkali akan sulit untuk pertama kalinya, tapi akan baik-baik saja jika sudah terbiasa. Dengan membiasakannya inilah, Sobat Pintar akan bisa mengendalikan diri untuk tidak cemas berlebihan pada semua hal.

3. Berjalan kaki

Tidak hanya ponsel, kegiatan berjalan kaki juga bisa menjadi cara melakukan/menerapkan kesadaran penuh. Bukan berarti tidak mensyukuri kemajuan teknologi transportasi yang membuat hidup menjadi lebih praktis, tapi terlalu mengandalkan alat transportasi ini bisa jadi justru membuatmu merasa serba terburu-buru. Merasa seolah dikejar sesuatu yang menuntutmu harus cepat dan tidak memiliki kesenangan melewati waktu demi waktu begitu saja.

Sebaliknya, berjalan kaki bisa membuatmu merasa bisa memanfaatkan tubuhmu yang berharga. Selain itu, menggerakkan tubuh secara konsisten juga bisa memberikan perasaan rileks yang berbeda dari biasanya. Sebab jika biasanya selalu diburu waktu, kini Sobat Pintar bisa menikmati setiap waktu berlalu dengan kesadaran penuh dari tubuh, fisik, dan hatimu.

4. Menulis jurnal harian

Cara melakukan/menerapkan sikap kesadaran penuh berikutnya adalah dengan menulis jurnal harian. Tentunya, Sobat Pintar tidak mau melewatkan peningkatan dari orang yang grusah-grusuh menjadi orang yang lebih tenang untuk semua tindakan yang Sobat Pintar ambil, bukan? Karena itulah, menuliskan jurnal harianmu bisa menjadi cara untuk menengok kembali sesuatu yang telah berlalu dan Sobat Pintar jalani dengan berharga hari ini.

Itulah tadi sedikit paparan mengenai keuntungan mindfulness dan cara melakukan/menerapkan gaya hidup ini. Mengetahui jika ternyata dengan melakukan beberapa kegiatan ini bisa membuat diri bisa mengelola emosi hingga kehendak, tertarik untuk mulai melakukan yang mana lebih dulu?

Artikel menarik lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload