3 Cara Melatih Otak Agar Berpikir Lebih Positif

29 Jun 2021 by Laruan
Sedang Down dan Galau? Ikuti 3 Cara Melatih Otak Agar Berpikir Lebih Positif

Kalian sudah pasti akrab dengan gagasan bahwa penting bagi diri kita untuk tetap positif. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa memiliki pola pikir yang lebih optimis akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan kepositifan juga memungkinkan kalian mewujudkan hal yang diinginkan. Maka dari itu, penting rasanya bagi kita untuk mengetahui cara melatih otak agar berpikir lebih positif, terutama pada masa-masa sulit.

Tetapi tidak selalu mudah untuk tetap positif ketika kalian menghadapi tantangan tak terduga atau orang-orang negatif. Itu sebabnya kalian membutuhkan cara cerdas untuk melatih otak agar tetap berpikir positif. 

Di bawah ini adalah beberapa cara melatih otak agar berpikir lebih positif yang bisa kalian coba mulai sekarang:

1. Mencoba Menenangkan Alam Bawah Sadar

Pertama, ada baiknya jika kalian mempelajari lebih lanjut tentang teknik modern terbaik untuk mengungkap dan melepaskan kenegatifan yang kalian simpan di dalam diri selama ini. 

Pengalaman buruk di masa lalu, terutama dari masa kanak-kanak, dapat tersimpan dalam pikiran dan tubuh selama beberapa dekade, menggumpal menjadi satu di alam bawah sadar dan menghambat potensi kalian untuk lebih berpikir positif.

Beberapa metode seperti EFT Tapping dan pemrograman neuro-linguistik dapat membantu untuk mengakses bagian-bagian diri diri kalian ini, dan membangun sistem kepercayaan yang lebih mendukung dan menguatkan kepercayaan diri. 

Dengan begitu, dengan mempraktekkan cara melatih otak agar berpikir lebih positif ini, kalian bisa berpikir positif, dan bisa berdamai dengan tekanan batin.

2. Buatlah Orang Lain Bahagia

Ada bukti kuat bahwa tindakan kebaikan tidak hanya membuat orang lain bahagia; tapi juga bisa membuat kalian bahagia juga. Bahkan, hanya dengan meluangkan waktu sejenak untuk membantu teman atau orang asing dapat menempatkan kalian dalam kerangka berpikir yang lebih baik, dan melepaskan diri kalian dari lingkaran pemikiran negatif.

Jika kalian terbiasa melakukan sesuatu yang penuh kasih untuk orang lain setiap kali kalian merasa sedih, cemas, atau putus asa, hal ini akan segera menjadi obat otomatis untuk kegelisahan kalian, dan biasanya akan bertahan lama.

3. Fokus Terhadap Hal yang Bisa Membuatmu Bahagia

Salah satu cara melatih otak agar berpikir lebih positif adalah dengan sengaja dan berulang kali mengalihkan perhatian ke hal-hal yang menginspirasi kegembiraan. Merupakan ide bagus untuk membuat catatan khusus untuk hal ini, dan setiap pagi, catatlah hal-hal yang bisa membuatmu bahagia hari ini, dan lakukanlah.

Cobalah untuk memikirkan kategori yang berbeda saat kalian melakukan ini. Misalnya, interaksi yang membuatmu bahagia, elemen dunia di sekitar yang kalian anggap menginspirasi, dan aspek dari diri kalian yang membuat kalian merasa bangga dan percaya diri. 

Kapan pun pikiran kalian terfokus pada kegembiraan, kalian akan memperkuat jalur pikiran untuk tetap berpikir positif di otak kalian, dan sebagai hasilnya akan menemukan lebih banyak kegembiraan.

Memberikan kebahagiaan bagi orang lain dan diri sendiri sebenarnya tidak memerlukan biaya apapun. Tapi apa salahnya, jika kita menghadiahi orang lain atau diri sendiri dengan barang yang berarti. Walau ekonomi menjadi masalah utama, jawabannya selalu ada. Kredit Pintar bisa menjadi solusi cerdas untuk menemukan kebahagiaan kalian.

Menawarkan berbagai solusi untuk permasalahan keuangan kalian, aplikasi ini hadir untuk mewujudkan keinginan kalian yang masih terhalang oleh masalah ekonomi. Jadi, jangan ragu ‘tuk menggunakan Kredit Pintar untuk memperoleh kebahagiaan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload