3+ Cara Cari Investor Tepat untuk Dapatkan Modal Usaha

24 Aug 2021 by Laruan

Cara Cari Investor Paling Tepat untuk Modal Usaha –Setiap investor akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga Sobat Pintar wajib untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum mengajukan proposal. Perlu diingat juga, Sobat Pintar yang ingin berhasil mendapatkan investasi dana dalam jangka pendek maupun panjang sesuai dengan kebutuhan pada usaha yang dijalankan. Simbiosis mutualisme harus terealisasi antara Sobat Pintar dengan investor yang dituju.

3+ Cara Cari Investor Tepat untuk Dapatkan Modal Usaha

Oleh karenanya, Sobat Pintar harus memiliki keyakinan terhadap usaha yang dijalankan akan memiliki potensi di masa sekarang dan mendatang untuk mendapat keuntungan. Buatlah proposal yang menarik dengan detail usaha secara lengkap dan jelas. Sobat Pintar wajib mencantumkan rincian rencana keuangan, modal yang dibutuhkan, hingga keuntungan yang akan didapatkan. Proposal haruslah dapat meyakinkan investor untuk disetujui.

Jenis Angel Investor Keuntungan dan Kekurangannya

Sesuai dengan istilahnya, angel yang berarti malaikat, di sinilah perannya sebagai pemilik modal yang akan membantu Sobat Pintar memberikan investasi. Malaikat bisnis atau pemodal malaikat akan menjadi sebutan lain bagi investor yang terkenal di kalangan startup. Investor yang satu ini biasanya merupakan individu yang memiliki kekayaan lebih, dan mampu memberikan sokongan dana untuk menolong usaha Sobat Pintar.

Cara mendapatkan Angel Investor

Ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Malaikat bisnis ini memang sangat cocok dipilih untuk Sobat Pintar yang baru melakukan perintisan dalam usaha, karena bersifat dana pribadi yang dimiliki oleh investor. Namun, terdapat beberapa jenis dari pemodal malaikat ini, dan dapat dipilih sebagai pemberi dana yang tepat bagi usaha yang baru saja dirintis.

1.Keluarga atau Teman Dekat sebagai Investor

Jenis pertama dari malaikat bisnis startup adalah dari pihak keluarga atau teman dekat yang mampu memberikan investasi. Sobat Pintar yang baru memiliki rencana untuk membangun suatu usaha, dan membutuhkan modal, maka bisa memilih sang pemodal malaikat. Namun, tetap saja persoalan dana akan memiliki keterikatan di luar hubungan kekeluargaan atau persahabatan.

Sehingga, Sobat Pintar tetap harus mengajukan proposal rinci terkait modal yang dibutuhkan, hingga progres yang dimiliki, serta perjanjian pemulangannya. Beberapa keluarga atau teman dekat mungkin tidak mengharapkan keuntungan bagi pribadinya, tapi jangan sampai Sobat Pintar mengingkari perjanjian pemulangan modal. Sebab, investor malaikat ini menganut sistem kepercayaan.

2.Orang Kaya Pemilik Modal

Cara cari investor angel melalui jenis yang kedua adalah melalui orang-orang kaya pemilik modal yang tidak Sobat Pintar kenal secara dekat. Biasanya merupakan sosok-sosok penting yang memiliki profesi atau jabatan tertentu, dan memiliki uang lebih untuk para startup yang butuh modal usaha. Dokter atau pebisnis yang telah sukses merupakan dua contoh dari jenis malaikat bisnis ini.

Oleh karenanya, Sobat Pintar yang ingin merintis suatu bisnis, atau sedang menjalaninya sangat dianjurkan untuk mengikuti banyak seminar, dan bertemu dengan orang-orang yang kiranya tepat menjadi pemodal malaikat. Ajukan proposal usaha Sobat Pintar, dan pastikan memiliki hubungan yang saling menguntungkan agar lebih berpeluang mendapat investasi dana dari orang kaya.

3.Grup atau Jaringan Angel Investment

Jenis yang ketiga dari malaikat bisnis ini dapat berupa grup atau jaringan yang terpercaya untuk memberikan kesempatan bagi para startup memiliki modal. Salah satunya adalah Angel Investment Network Indonesia atau yang sering disingkat sebagai ANGIN. Sobat Pintar yang baru saja merintis usaha kecil dapat mengajukan proposal dengan mengisi kuesioner yang tersedia di ANGIN.

Sobat Pintar dapat langsung mengajukannya pada website ANGIN, dan ini menjadi salah satu cara cari investor yang terbaik, terpercaya, dan mudah untuk dilakukan. Langsung saja isian kuesioner yang tersedia, dan ikuti setiap langkah yang diminta sebagai kelengkapan mengajukan dana startup. Selanjutnya, perusahaanlah yang menentukan siapa yang berhak mendapatkan investasi  Angel Investor dari ANGIN.

Ketiga jenis investasi modal usaha yang menguntungkan dari malaikat bisnis tersebut ternyata memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Dana yang didapatkan dari angel ini tentunya memiliki keterbatasan, tidak seperti pada venture. Sobat Pintar juga harus memiliki jenis usaha dengan pertumbuhan yang eksplisit, karena ekspektasi investor akan sangat besar terhadap bisnis yang dikembangkan melalui modal yang diberikan tersebut.

Intip artikel terbaru: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Cara Mendapatkan Venture Capitalist (VC) dan Risikonya

Sobat Pintar yang memiliki usaha kecil dan ingin mendapatkan investasi modal usaha dalam jangka panjang, maka lebih dianjurkan untuk memilih jenis investor VC. Bedanya dengan modal yang diberikan oleh angel adalah usaha yang Sobat Pintar jalankan setidaknya harus sudah berusia kurang dari 2 tahun. Sehingga sangat cocok bagi perusahaan kecil yang ingin meningkatkan modal awal menjadi dana berjangka panjang.

Cara mencari Venture Capitalist  yaitu dengan mengajukan proposal pada investor kaya, bank yang menyediakan investasi, dan juga institusi keuangan yang lainnya sebagai pendana atau penyedia modal untuk perusahaan. Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan VC yang dapat meningkatkan kebutuhan modal bagi usaha yang Sobat Pintar miliki.

1.Pastikan Usaha Berusia Minimal Kurang dari 2 Tahun

Usaha yang ingin mendapat kucuran dana jangka panjang dari VC memang harus memiliki kurun waktu berjalan minimal kurang dari 2 tahun. Ini wajib Sobat Pintar ketahui sebagai persyaratan mendapatkan kelayakan berkas agar proposal disetujui. Apabila usaha yang dimiliki baru saja dalam perencanaan, maka VC tidak tepat untuk dipilih.

2.Buat Proposal Bisnis untuk Mendapatkan Venture Capitalist

Investor VC hanya akan menyetujui proposal bisnis yang memenuhi persyaratan. Termasuk di dalamnya disajikan secara rinci terkait visi, misi, dan strategi yang dilakukan, serta kebutuhan modal dan keuntungan yang akan diperoleh. Selain itu, Sobat Pintar juga wajib menerangkan kemungkinan kerugian yang bisa saja terjadi.

3.Pencairan Dana VC

Cara cari investor VC yang berikutnya adalah menunggu konfirmasi dari pihak pemberi dana. Apabila proposal Sobat Pintar disetujui untuk mendapatkan modal usaha, maka dana akan dicairkan secara berkala. Sebab,investor VC akan bertindak sebagai pengawas dan pembina selama perusahaan Sobat Pintar menggunakan modal darinya.

Menguntungkan sekaligus merugikan apabila Sobat Pintar menggunakan modal yang berasal dari VC. Suka ataupun tidak, Sobat Pintar harus melibatkan VC di dalam penggunaan modal yang akan digunakan dalam jangka panjang. Apalagi modal yang dicairkan tidak langsung diberikan semuanya, karena pihak VC akan memantau pertumbuhan perusahaan. Apabila memiliki progress yang nyata dan stabil, barulah modal usaha diberikan kembali.

Tidak luput dari risiko apabila Sobat Pintar memilih investasi dari VC yang memiliki jumlah modal besar yang dipinjamkan kepada perusahaan, dan untuk memperoleh keuntungan ternyata butuh waktu 4 sampai 6 tahun. Lantas, apa Sobat Pintar yakin dalam jangka waktu tersebut usaha kecil yang dijalani masih tetap berdiri, berkembang, atau justru mengalami kebangkrutan sebelum mencicipi keuntungannya?

Cara tersebut perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk mendapatkan pinjaman dana usaha. Sobat Pintar yang ingin mendapat pinjaman modal secara aman dan terpercaya, dapat memilih Kredit Pintar yang memberikan modal untuk usaha tanpa memberikan beban besar, serta risiko yang lebih kecil.

Artikel menarik lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload