10 Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis

02 Sep 2021 by Laruan

Apa saja manfaat asuransi yang perlu Anda ketahui? Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu jenis asuransi, Anda tentu ingin tahu berbagai manfaat yang akan diterima dengan menggunakan asuransi tersebut. Asuransi mempunyai banyak sekali manfaat.

Manfaat tersebut bisa dikategorikan berdasarkan jenisnya. Tapi secara umum, asuransi juga mempunyai berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh tertanggung atau orang yang diasuransikan. Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan asuransi, pertimbangkan berbagai manfaatnya.

10 Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis

Manfaat Asuransi Secara Umum

Berdasarkan setiap jenisnya, asuransi mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Tapi secara umum, semua jenis asuransi mempunyai beberapa manfaat yang sama. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diberikan oleh berbagai jenis asuransi yang berbeda.

  1. Sebagai alat untuk mengalihkan resiko

Asuransi bisa mengalihkan resiko keuangan atau finansial yang dimiliki oleh seseorang. Dengan adanya asuransi, tertanggung bisa mengalihkan beban resiko keuangan pada pihak penanggung. Contohnya adalah asuransi kesehatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, tertanggung tidak harus membayar sebagian atau seluruh tagihan rumah sakit saat tertanggung tersebut jatuh sakit. Resiko keuangan yang satu  ini akan ditanggung oleh atau dialihkan pada perusahaan asuransi.

  1. Manfaat asuransi untuk meminimalisir kerugian

Karena seluruh resiko atau sebagian dari resiko keuangan telah dialihkan pada sebuah perusahaan asuransi yang sudah dipilih, tertanggung jadi bisa meminimalisir atau mengurangi kerugian yang bisa timbul. Tertanggung tidak perlu meminjam uang atau berhutang untuk menutupi risiko keuangan.

Tertanggung juga tidak harus menggunakan tabungan yang telah disiapkan untuk berbagai keperluan lain. Kalau tertanggung mempunyai dana darurat, dana tersebut juga tidak perlu dipergunakan. Uang yang tersimpan bisa digunakan untuk berbagai hal lainnya, misalnya diinvestasikan atau ditabung.

  1. Memberikan keamanan di masa depan

Asuransi yang digunakan bisa membantu tertanggung untuk mempunyai keuangan yang jauh lebih stabil. Jika tertanggung sudah mengetahui bahwa risiko keuangan dalam hidup dapat dialihkan, tertanggung jadi lebih percaya diri untuk mengatur keuangan dengan lebih baik.

Hal ini bisa membantu tertanggung agar lebih berani dalam memanfaatkan keuangan untuk memulai usaha atau bisnis baru atau dalam berinvestasi. Berbagai manfaat asuransi tersebut bisa dirasakan saat tertanggung memilih salah satu jenis asuransi, apapun jenis asuransi tersebut.

10 Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis

Manfaat Asuransi Sesuai dengan Jenis Asuransi

Ada berbagai jenis asuransi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi. Setiap jenis asuransi tersebut membawa manfaat yang bervariasi. Berikut ini merupakan jenis asuransi yang paling umum ditemui serta berbagai manfaat yang dibawa oleh setiap jenisnya.

  1. Manfaat Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang satu ini adalah yang paling mendasar dan mempunyai manfaat utama untuk melindungi jiwa tertanggung dari resiko berupa kematian. Banyak orang yang memanfaatkan asuransi jenis ini sebagai salah satu bentuk warisan untuk istri atau anak.

Asuransi jenis ini sangat penting, khususnya bagi para kepala keluarga atau bagi seseorang yang merupakan satu-satunya orang yang mencari nafkah di dalam keluarga. Jika tertanggung tutup usia, ahli warisnya akan memperoleh uang pertanggungan yang bisa bermanfaat untuk menyambung hidup.

  1. Manfaat Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang berikutnya juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Asuransi kesehatan akan sangat terasa manfaatnya ketika tertanggung jatuh sakit dan harus mendapatkan pengobatan dari rumah sakit. Tagihan kesehatan bisa melonjak tinggi dan membuat khawatir anggota keluarga.

Tagihan kesehatan tersebut bisa ditutupi dengan bantuan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan menyediakan pertanggungan untuk biaya perawatan rumah sakit. Biaya yang akan ditanggung bervariasi, tergantung pada produk asuransi yang tertanggung pilih.

Ada biaya yang menanggung perawatan ICU, rawat inap, atau rawat jalan. Nominal pertanggungan juga berbeda-beda, tergantung dengan polis yang dipilih oleh tertanggung. Pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang paling cocok dengan kebutuhan.

  1. Manfaat Asuransi Kecelakaan

Seperti halnya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan menyediakan berbagai pilihan pertanggungan. Asuransi kecelakaan ini bisa melindungi tertanggung dari berbagai resiko kecelakaan yang bisa menimpa tertanggung.

Biasanya, asuransi jenis ini mempunyai manfaat seperti biaya media bagi tertanggung yang mengalami kecelakaan (mencakup operasi atau patah tulang). Ada juga asuransi kecelakaan yang akan memberikan uang pertanggungan jika tertanggung mengalami cacat total dan tetap atau meninggal.

  1. Manfaat Asuransi Kendaraan

Berikutnya ada asuransi kendaraan yang manfaatnya adalah untuk memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan terhadap suatu kendaraan yang dimiliki oleh tertanggung. Pertanggungan akan diberikan apabila terjadi resiko, misalnya pembobolan, kecelakaan atau yang lainnya.

Asuransi kecelakaan dapat dibeli bersamaan atau secara terpisah dari kendaraan yang Anda miliki. tidak seperti asuransi untuk kecelakaan bermotor, asuransi kendaraan lebih berfokus pada kendaraan dan bukan pada pengendaranya.

  1. Manfaat Asuransi Perjalanan

Ada juga asuransi perjalanan yang bisa memberikan ganti rugi dalam berbagai bentuk yang berbeda. Ganti rugi tersebut bisa diberikan jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan saat tertanggung sedang bepergian. Bergantung pada jenis asuransi yang dipilih, ada berbagai manfaat yang dimiliki jenis ini:

  • Asuransi untuk delay atau keterlambatan perjalanan.
  • Asuransi untuk kerusakan atau kehilangan bagasi.
  • Asuransi untuk pengobatan jika tertanggung sakit selama perjalanan.
  • Asuransi untuk menanggung biaya jika tertanggung mengalami kecelakaan ketika sedang dalam suatu perjalanan.

Pembelian asuransi perjalanan biasanya bisa dilakukan ketika tertanggung membeli tiket, baik tiket kereta api, kapal, maupun pesawat. Tidak seperti asuransi kecelakaan ketika liburan, asuransi jenis ini hanya akan berfungsi selama tertanggung berada dalam perjalanan.

  1. Manfaat Asuransi Pendidikan

Jenis lain asuransi adalah asuransi pendidikan yang sangat bermanfaat bagi orang dengan anak-anak yang akan segera memasuki masa sekolah. Asuransi jenis ini bisa memberikan manfaat berupa jaminan terhadap biaya pendidikan hingga ke tingkat kuliah.

Tapi tentu saja manfaat yang diberikan akan bervariasi, tergantung produk atau polis asuransi pendidikan yang tertanggung pilih. Jenis asuransi ini juga mempunyai manfaat lain, yaitu membantu para orang tua dalam mempersiapkan diri terhadap adanya inflasi terhadap biaya pendidikan.

Biasanya, berbagai asuransi pendidikan sudah mempertimbangkan kenaikan dalam biaya pendidikan sebelum tertanggung memilih salah satu polis asuransi pendidikan.

  1. Manfaat Asuransi Penyakit Kronis

Jenis asuransi yang satu ini mirip dengan jenis asuransi kesehatan. Asuransi penyakit kronis juga bisa menutupi sebagian maupun seluruh tagihan kesehatan dari rumah sakit, khususnya untuk penyakit tertentu. Apa saja manfaat dari jenis asuransi yang satu ini?

Salah satu manfaatnya berupa biaya untuk berobat. Manfaat lainnya adalah uang pertanggungan yang nantinya akan langsung diberikan setelah tertanggung didiagnosa penyakit tersebut.

Berbagai manfaat dari berbagai jenis asuransi tersebut bisa dirasakan saat tertanggung mengalami resiko sesuai dengan yang dipertanggungkan di polis asuransi. Jika resiko tersebut terjadi, tertanggung dapat langsung mengajukan klaim agar dapat menerima manfaat dari asuransi yang dimilikinya.

Sayangnya, kadang pihak asuransi menolak klaim yang diajukan. Hal ini biasanya disebabkan oleh resiko yang ternyata masuk dalam pengecualian yang terdapat di polis asuransi. Itulah sebabnya tertanggung perlu langsung melakukan pengecekan terhadap polis asuransi yang dibelinya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload