10 Ide Barang Dropship Untuk Bisnis Cuan Tahun 2021!

29 Jul 2021 by Laruan

Untuk Sobat Pintar para calon pengusaha dan penghasil uang sendiri, bisnis barang dropship bisa menjadi pilihan tepat.Jika Sobat Pintar sedang mencari inspirasi barang-barang apa yang kalian bisa jual untuk bisnis dropship yang sukses, disini ada 10 Ide barang Dropship Untuk Bisnis Cuan Tahun 2021. 

Ide Barang Dropship

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah sistem penjualan barang yang melibatkan tiga pihak: Sobat Pintar, konsumen, dan supplier. Sebagai pihak ketiga, Sobat Pintar hanya harus mempromosikan barang dropship yang dijual ke orang lain dan mengkoordinasikan pengiriman atas nama Sobat Pintar bersama supplier untuk konsumen ketika pembelian terjadi.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Dropship

Seperti bisnis lain pada umumnya, dropshipping memiliki pro dan kontra yang harus diamati sebelum Sobat Pintar terjun ke dalamnya. 

Kelebihan Dropship

Kelebihan Dropship

1.Tidak butuh banyak ruang

Dropshipping adalah bisnis yang tidak memerlukan ruang untuk produk Sobat Pintar disimpan karena Sobat Pintar hanya menjadi orang ketiga antara supplier dan konsumen.

Inilah yang membedakan dropshipping dengan reseller. Dimana reseller harus memiliki ruang untuk menaruh produknya, bisnis dropship tidak perlu serepot itu. 

2.Bisa dengan modal nol Rupiah

Sobat Pintar bisa memulai bisnis dropship dengan modal nol Rupiah. Hanya dengan bermodalkan internet dan saluran untuk menjual produk.

Walaupun begitu, dropshipper yang sukses pasti tahu bahwa untuk mencapai keuntungan diperlukan usaha tambahan yang tentunya membutuhkan modal tambahan juga. 

3. Memiliki model bisnis yang fleksibel, terutama dalam penjualan produk

Salah satu inti usaha dari bisnis dropship adalah menemukan niche atau segmentasi pasar yang kecil nan spesial untuk dijadikan sumber penghasilan. Ada banyak produk yang bisa dijadikan niche, dan Sobat Pintar bisa saja berganti produk sesuai dengan tren pasar. 

4. Mudah dirintis

Karena sedikitnya modal dan ruang yang diperlukan, bisnis dropshipping adalah bisnis yang mudah dimulai dan dimasuki. Sobat Pintar tidak perlu ilmu yang dalam, hanya bermodalkan niat dan pemahaman yang dalam mengenai pasar pilihan, keuntungan bisa diraih.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Kekurangan dari Bisnis Dropship

Kekurangan dari Bisnis Dropship

1.Sulit untuk mengendalikan kualitas produk dan pengiriman

Dalam  skema dropshipping Sobat Pintar hanyalah seorang  pihak ketiga yang mempromosikan produk dari supplier. Karena kondisi dan proses pengiriman produk dipegang oleh supplier, maka akan sulit melakukan quality control dibanding dengan reseller atau 

model bisnis lainnya.

2. Harus mempersiapkan diri menghadapi komplain dari konsumen karena kesalahan supplier 

Sebagai pengusaha yang mempromosikan produk, konsumen pasti akan datang ke Sobat Pintar ketika ada kesalahan atau kecacatan pada produk. Semakin besar skala bisnis, maka semakin banyak pula risiko yang diterima.

3. Bisnis memiliki banyak kompetitor

Karena model bisnis yang mudah dimasuki dan ditekuni, Sobat Pintar harus bersiap untuk bersaing dengan pengusaha dropshipping lain. Bisa saja Sobat Pintar menemukan segmentasi pasar niche dimana tidak ada pengusaha dropshipper yang menjual produknya, namun tak disangka beberapa saat kemudian ada orang lain yang mengikuti Sobat Pintar.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dropshipping, 

Yuk kita lihat apa saja barang yang bisa menjadi produk dropshipping andalan Sobat Pintar.

10 Ide Barang Dropship Untuk Bisnis Cuan 2021

Ide Barang Dropship

1. Barang Hobi

Dari K-Pop ke Anime, banyak barang-barang hobi yang bisa dijadikan ide barang dropshipping andalan. Terutama untuk Sobat Pintar yang memiliki hobi tertentu, Sobat Pintar bisa menjual berbagai macam barang merchandise hobi tersebut. Barang hobi adalah pasar yang cukup kecil dimana Sobat Pintar sebagai sesama penggemar mengerti seluk-beluk dan keinginan konsumen.

2. Blender

Dari hobi kita beralih ke dapur. Blender adalah salah satu barang yang bisa dijadikan produk dropship andalan. Karena sekarang banyak orang yang sudah melihat pentingya kesehatan dan kebugaran tubuh. 

3. Matras Yoga/Yoga Mat

Mengikuti tren hidup sehat, alat-alat olahraga yang fleksibel seperti yoga mat/matras yoga juga patut dijadikan andalan usaha dropshipping Sobat Pintar. Dengan yoga mat, orang-orang bisa menjaga kesehatan dan rajin berolahraga di rumah.

Ada baiknya pula Sobat Pintar memberikan promo atau paket yang bisa menjadi pelicin bagi konsumen untuk membeli barang Sobat Pintar berupa alat olahraga lain. 

4. Pakaian Olahraga atau Jogging

Selain berolahraga dan senam di dalam rumah, kebiasaan jogging juga mulai diminati khalayak ramai untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, Pakaian olahraga atau jogging bisa Sobat Pintar gabungkan dengan yoga mat atau dijual secara terpisah. 

5. Alat Masak

Alat masak sudah menjadi andalan dari dahulu untuk para dropshipper.  Ini dikarenakan pasarnya yang  besar dan untungnya yang mencukupi bagi bisnis dropshipping. Panci, spatula, dan rice cooker adalah sebagian dari banyak alat masak yang bisa dijadikan barang andalan bisnis dropshipping Sobat Pintar. 

6. Headset/earphone

Siapa sih yang tidak perlu waktu me-time dan fokus? Walaupun orang terkadang tidak ingin memakai headset/earphone karena khawatir gangguan pendengaran, mereka pasti juga pasti memiliki waktu dimana mereka harus fokus selagi banyak pengalih perhatian di sekitar. Menjual headset/earphone dapat menjadi barang cuan bagi usaha dropship Sobat Pintar.  

7. Kursi gaming

Kursi gaming dapat memberikan Sobat Pintar untung yang lumayan dikarenakan naiknya tren gaming dan live streaming. Selain itu, kursi gaming dapat memberikan kenyamanan yang tidak dapat dikalahkan oleh kursi murahan atau bahkan kursi kayu biasa. 

Sama seperti matras yoga, Sobat Pintar juga bisa membuat sebuah paket atau bundle terdiri dari kursi gaming dan perangkat gaming lainnya untuk menambah ketertarikan konsumen pada barang Sobat Pintar.

8. Perkakas bersih-bersih rumah 

Perkakas bersih-bersih rumah juga menjadi salah satu andalan dropshipper karena pasarnya besar dan selalu ada. Alat-alat seperti vacuum cleaner bisa dijadikan produk dropshipping.

9. Kebutuhan hewan peliharaan 

Hewan peliharaan memiliki banyak kebutuhan. Mulai dari makanan, alat mandi, alat gunting kuku dan lain-lain. Setiap hewan peliharaan punya segmentasi pasar kecil tersendiri dimana Sobat Pintar bisa meraup keuntungan dropshipping yang lumayan. Selain itu, kebutuhan seperti makanan dan snack memiliki waktu pakai yang cukup cepat. 

10. Popok bayi

Popok bayi adalah produk yang penggunaanya bisa dibilang cepat. Maka dari itu, sebuah rumah tangga pasti selalu memerlukan popok bayi. Produk ini juga salah satu produk yang sebaiknya Sobat Pintar bundle dengan kebutuhan bayi lain, seperti botol susu, pakaian bayi, dan bedak bayi. 

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Itulah pertimbangan seputar definisi bisnis dropship, kelebihan dan kekurangannya, serta barang dropship yang bisa dijadikan andalan untuk usaha.  semoga Sobat Pintar mendapat inspirasi untuk memulai bisnis dropship atau bisnis jenis lainnya. Jika Sobat Pintar lebih membutuhkan dana cepat dibanding inspirasi, Sobat Pintar bisa meminjam pinjaman jangka pendek dari Kredit Pintar yang aman dan terpercaya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload