10 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan!

18 Aug 2021 by Laruan

Jika dilihat dari sisi kesehatan, bawang adalah salah satu bumbu masak yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Sayangnya, mengolah bumbu yang satu ini sering kali meninggalkan bau di tangan. Mau tidak mau tentu saja Sobat Pintar harus mencari cara menghilangkan bau bawang di tangan  secara cepat dan mudah.

Tetapi, sebenarnya apa yang menyebabkan tangan berbau bawang setiap selesai memasak?

Ternyata, baik bawang merah maupun bawang putih sama-sama mengandung belerang. Senyawa ini dilepaskan pada saat bawang digigit, dipotong, atau dihancurkan. Belerang yang dilepaskan dari bawang inilah yang kemudian menimbulkan bau menyengat hingga meninggalkan bekas di tangan atau perkakas dapur.

Lantas bagaimana cara menghilangkan bau bawang yang menyengat di tangan? Yuk, cari tahu dalam pembahasan di bawah ini.

Hindari penipuan: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

10 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan!

1. Cuci Tangan Menggunakan Garam

Cara pertama untuk menghilangkan bau bawang di tangan adalah dengan mencuci tangan menggunakan garam. Dalam hal ini garam bisa digunakan sebagai eksfoliator alami untuk membersihkan tangan dari bau bawang.

Untuk melakukannya Sobat Pintar hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam dengan sabun cuci tangan. Aduk merata hingga menjadi pasta, kemudian balurkan ke tangan layaknya menggunakan scrub atau lulur.

2. Eksfoliasi Tangan Menggunakan Bubuk Kopi

Selain garam, bubuk atau ampas kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau bawang dari tangan. Caranya juga tidak jauh berbeda. Sobat Pintar hanya perlu menggosokkan bubuk atau ampas kopi ke tangan dan tunggu beberapa menit hingga bau bawang di tangan hilang.

Tidak hanya bisa membantu mengusir bau bawang dari tangan, cara ini sekaligus bisa membantu Sobat Pintar untuk mengangkat sel kulit mati pada tangan. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui!

3. Basuh Tangan Menggunakan Sendok Berbahan Stainless Steel

Meskipun terdengar aneh, tips agar bau bawang tidak tertinggal di tangan yang selanjutnya ini tidak kalah efektif dibandingkan dengan cara-cara lain. Di mana untuk melakukannya hanya diperlukan sendok atau perkakas dapur lainnya yang terbuat dari bahan stainless steel.

Langkah pertama, basahilah seluruh permukaan tangan yang berbau bawang. Ketika tangan masih basah, usapkan sendok berbahan stainless steel yang sebelumnya sudah disiapkan. Lakukan seperti ketika Sobat Pintar mencuci tangan menggunakan sabun batang. Jangan berhenti selama kurang lebih satu menit.

Selain menggunakan perkakas dapur, Sobat Pintar juga bisa membeli stainless steel bar yang dirancang khusus untuk menghilangkan bau menyengat dari bahan-bahan dapur seperti bawang hingga ikan.

4. Scrubbing Tangan Menggunakan Pasta Baking Soda

Bahan dapur seperti baking soda faktanya juga bisa loh Sobat Pintar gunakan untuk mengusir bau bawang dari tangan.

Caranya cukup dengan melarutkan baking soda menggunakan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, gunakan seperti ketika Sobat Pintar mengaplikasikan body scrub. Biarkan beberapa menit sampai bau bawang yang mengganggu dapat teratasi.

5. Rendam Tangan Ke Dalam Jus Tomat

Membayangkan segelas jus tomat memang sangat menyegarkan. Apalagi di cuaca panas seperti sekarang ini.

Nah, tomat ternyata merupakan salah satu bahan alami yang juga bisa membantu mengusir bau bawang dari tangan, loh. Caranya, cukup haluskan beberapa tomat hingga menjadi jus. Tuangkan jus tersebut ke dalam wadah yang cukup besar, kemudian rendam tangan Sobat Pintar selama kira-kira 3 hingga 5 menit.

Setelah selesai, bilas menggunakan air hangat dan bilas lagi dengan air dingin.

6. Manfaatkan Makanan Bersifat Asam Seperti Lemon atau Cuka

Mengandung asam, menjadikan air lemon dan cuka putih seringkali digunakan sebagai bahan pembersih. Tetapi selain ampuh untuk mengangkat kotoran pada perabot rumah tangga, faktanya kedua bahan yang mengandung asam ini juga terbukti ampuh untuk mengusir bau bawang di tangan.

Cara menghilangkan bau bawang di tangan menggunakan lemon sangatlah mudah. Sobat Pintar hanya perlu menggunakan beberapa potong lemon dan menggosokkannya ke tangan yang berbau bawang. Bisa juga menggunakan jus dari perasan air lemon.

Jika kebetulan sedang tidak ada lemon di rumah, Sobat Pintar bisa menggunakan cuka putih sebagai alternatif. Caranya adalah dengan membasuh tangan menggunakan cuka selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, cuci tangan menggunakan air dan sabun hingga bersih.

Tetapi perlu diingat, jangan terlalu banyak menggunakan kedua bahan asam ini. Karena asam yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan masalah pada kulit, terutama cuka.

7. Oleskan Pasta Gigi Ke Tangan yang Berbau Bawang

Masih kesulitan menemukan semua bahan yang sudah disebutkan di atas? Bahan dalam cara kali ini pasti akan mudah Sobat Pintar temukan di rumah. Bahan tersebut tidak lain adalah pasta gigi.

Sobat Pintar hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke seluruh bagian tangan untuk menghilangkan bau bawang yang menyengat. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas menggunakan air dingin.

Bukan hanya pasta gigi, bahan lain untuk mengusir bau bawang di tangan yang bisa Sobat Pintar temukan di kamar mandi adalah cairan pembersih mulut. Sobat Pintar bisa menggunakan produk yang satu ini untuk mencuci tangan setiap kali selesai memasak untuk menghilangkan bau bawang yang menempel di tangan.

8. Usir Bau Bawang Dengan Segarnya Aroma Daun Mint

Cara menghilangkan bau bawang di tangan yang lainnya bisa dilakukan menggunakan daun mint.

Sebagaimana diketahui, herbal yang satu ini memang sudah sangat terkenal dengan aromanya yang khas dan menyegarkan. Aroma ini pulalah yang bisa membantu Sobat Pintar mengatasi bau bawang yang menyengat di tangan.

Bagaimana caranya? Siapkan beberapa lembar daun mint, kemudian gosokkan ke tangan sampai hancur dan mengeluarkan air.

10 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan!

9. Gunakan Olive Oil (Minyak Zaitun)

Menuangkan beberapa tetes minyak zaitun nyatanya juga bisa menjadi solusi lain untuk menetralkan bau bawang yang mengganggu di tangan. Tetapi, setelah mempraktikkan cara ini jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun cuci piring. Ini akan sangat membantu menghilangkan efek licin dari minyak zaitun.

Selain untuk membersihkan tangan setelah memasak, Sobat Pintar bisa mengoleskan minyak zaitun ini sebelum memotong atau menyentuh bawang. Ini berguna untuk mencegah bau bawang menempel pada tangan.

10. Melumuri Tangan Dengan Cuka Apel

Cara terakhir yang bisa Sobat Pintar coba adalah menggunakan cuka apel.

Seperti halnya lemon, cuka apel juga memiliki sifat asam yang ampuh mengatasi bau yang menyengat. Misalnya seperti bau bawang di tangan.

Siapkan 2-3 sendok makan cuka apel, kemudian balurkan ke seluruh permukaan tangan yang berbau bawang. Pastikan seluruh bagian tangan, termasuk sela-sela jari, sudah berlumur dengan cuka apel sehingga tidak akan ada lagi bau bawang yang tersisa.

Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Nah, itu dia berbagai pilihan cara menghilangkan bau bawang di tangan yang bisa Sobat Pintar coba di rumah. Sangat mudah dan praktis, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Hindari penipuan: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload