10 Cara Keluar dari Zona Nyaman, Buat Diri Berkembang

20 Aug 2021 by Laruan

Sebagaimana adanya pepatah yang menyebutkan jika setiap usaha pasti membuahkan hasil, Sobat Pintar pun bisa demikian. Sebab nyatanya, tidak ada hal yang benar-benar sia-sia. Termasuk pengalaman. Akan tetapi, kondisi ini seringkali membuat kita terlalu cepat puas dan merasa cukup. Sementara untuk mengentaskan diri, tentu saja harus dengan cara keluar dari zona nyaman.

Jika diambil nilai positifnya, kondisi yang juga disebut dengan comfort zone ini membuat kita bersyukur dengan apa yang sudah didapat sampai hari ini. Tapi seringnya, kondisi yang juga berarti no progress zone atau zona tanpa progress apapun ini adalah suatu kemandekan. Yang mana seharusnya, ini adalah masa-masa anak-anak muda bersinar dengan karya maupun usahanya.

10 Cara Keluar dari Zona Nyaman, Buat Diri Berkembang

10 Cara Keluar dari Zona Nyaman yang Bikin Semakin Produktif

Memang benar jika setiap orang miliki prosesnya masing-masing. Tapi tentunya, terlalu bersantai dan hanya menunggu waktu menjalankan garis nasib adalah tindakan yang hanya dilakukan oleh pemalas. Karena itulah, seseorang harus bisa melewati comfort zone-nya supaya supaya bisa kembali produktif.

1. Sadari roda kehidupan terus berputar, akan ada waktunya zona nyaman makin lebar

Sebenarnya, tidak salah kok jika sudah merasa cukup dengan apa yang sudah didapat hari ini. Tapi tentunya, jika Sobat Pintar adalah orang-orang yang menerapkan filosofisnya burung pipit: syukuri yang ada hari ini, urusan esok dicari lagi. Tapi, apakah prinsip yang demikian masih relevan dengan era dunia yang semakin berkembang ini?

Bisa iya, bisa tidak. Akan tetapi, mengingat bahwa roda kehidupan terus berputar, rasanya membiarkan diri terlalu lama berada di zona nyaman juga tidak menjamin kehidupan yang lebih baik. Dengan menyadari ini, maka Sobat Pintar hanya memerlukan pemicu untuk bisa melangkah keluar dari no progress zone ini.

2. Temukan tantangan baru agar keluar dari zona nyaman

Barangkali, adanya tantangan baru bisa menjadi pemicu Sobat Pintar keluar dari zona kemandekan ini. Sebab secara otomatis, Sobat Pintar akan dituntut untuk bisa menggali potensimu sendiri lebih dalam. Tapi jangan khawatir, sebab tentunya, berbagai warna baru akan menghiasi hari-harimu karena telah berhasil mengeksplorasi kemampuan diri secara menyeluruh.

3. Mantapkan niat

Tidak dapat dipungkiri jika terus menerus berada di zona nyaman bisa membuatmu merasa suntuk, lelah dan tidak bahagia karena hanya begitu-begitu saja. Tapi tentunya, berbagai petualangan menarik tidak bisa Sobat Pintar dapatkan jika hanya masih berada di posisi yang sama. Karena itulah, langkah pertama sebelum melakukan perubahan adalah dengan niat.

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Niat pun tidak sekadar niat. Harus juga dibarengi dengan tekad yang kuat. Sebab dengan tekad lah suatu yang tidak bisa dijangkau menjadi terjangkau. Meskipun begitu, tidak perlu dulu untuk mengejar tujuan yang terlalu tinggi, sebab Sobat Pintar bisa memulainya dari hal-hal kecil dari tips melangkah dari zona nyaman.

4. Temukan komunitas kecil untuk hobimu

Menemukan teman satu frekuensi tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Selain nyambung ketika diajak berbicara, mereka adalah kalangan orang yang bisa membantumu keluar dari zona nyaman. Mengapa begitu? Sebab nyatanya, orang-orang terdekatmu adalah cerminan dari dirimu. Sehingga tentunya, mereka tidak akan membiarkan bagian dari dirinya terjebak di siklus tanpa perkembangan apapun.

5. Hilangkan delusi dan ketakutan agar bisa keluar dari zona nyaman

Pada kenyataannya, ada berbagai sebab yang membuatmu terjebak di dunia nyaman. Selain ‘menerima’ dengan apa yang sudah dimiliki saat ini, sebab lain mengapa Sobat Pintar tidak bisa berkembang adalah karena masih terjebak dengan delusi dan ketakutan. Takut gagal, takut ditolak, dan lain sebagainya. 

Agaknya, tidak semua orang bisa bangkit dengan mudah dari kegagalan. Inilah yang menjadikan semacam trauma tersendiri. Nah, untuk mengatasi perubahan yang semacam ini, maka langkah terbaik adalah dengan meyakinkan diri sendiri jika kita pasti bisa. Dengan begitu, tidak masalah bagaimana hasilnya sebab Sobat Pintar sudah mewanti-wanti tidak akan kecewa.

6. Lakukan hal-hal baik sesuai nurani agar tidak terjebak dalam zona nyaman

Terus mengatakan pada diri sendiri jika Sobat Pintar bisa akan menjadi sihir yang membuatmu benar-benar bisa melakukannya. Akan tetapi, tips melangkah dari zona nyaman ini bisa saja memberikan dampak yang sebaliknya. 

Bukan rahasia lagi jika banyaknya tuntutan yang dibebankan seringkali menjadi alasan mengapa diri terjebak di zona tanpa progress apapun di waktu yang lama. Karena itulah, cara terbaik adalah dengan melakukan hal-hal baik sesuai dengan nuranimu. Sebab bisa saja, mencoba keluar dari zona nyaman secara bertahap adalah cara tepat supaya diri pun bisa beradaptasi dengan situasi sulit nantinya.

7. Raih setiap kesempatan yang menghampiri

Cara keluar dari zona nyaman berikutnya adalah dengan meraih setiap kesempatan yang ada. Yup. Dengan meyakinkan jika kesempatan tidak datang dua kali, maka cara ini akan membuatmu memiliki semangat dan merasa tertantang untuk bisa melakukannya sebaik mungkin. Sebab tentunya, mengerjakan sesuatu yang Sobat Pintar cintai akan membuatmu tidak merasa terbebani.

8. Memberikan penghargaan untuk diri sendiri ketika berhasil keluar dari zona nyaman

Memang benar jika tidak baik untuk terlalu cepat berpuas diri. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika sesekali memberikan penghargaan untuk pencapaian diri sendiri. Termasuk untuk keberhasilanmu keluar dari zona nyaman dan mulai melangkah untuk merencanakan kehidupan yang lebih baik.

Seperti apa penghargaan yang bisa diberikan untuk diri sendiri? Salah jika dikatakan bentuk penghargaan hanya berupa uang atau material, sebab memberikan jeda dari tekanan dengan berlibur adalah ide yang tidak terlalu buruk. Selain mengistirahatkan sejenak dari kesibukan, penghargaan semacam ini bisa menjadi tanda yang akan Sobat Pintar ingat sebagai titik bangkit dari kemandekan yang berlarut-larut.

9. Cintailah yang Sobat Pintar kerjakan saat ini

Seorang bijak pernah mengatakan jika cinta tidak berarti senang-senang saja, sebab bisa susah juga, atau kadang juga harus memaksa. Seperti itu pulalah sesuatu yang akan Sobat Pintar temui nantinya jika sudah menerapkan tips melangkah dari zona nyaman.

Akan tetapi, mengetahui jika dalam waktu dekat maupun tidak sesuatu itu pun akan Sobat Pintar hadapi, maka tidak ada salahnya sudah memulainya saat ini. Mulai dengan mencintai pekerjaanmu saat ini, hubungan dengan kolega, dan lain sebagainya. Tapi Sobat Pintar pun tidak perlu khawatir, sebab pada dasarnya, semua orang termasuk kolegamu memberikan dukungan yang penuh.

10. Buat target untuk jangka panjang

Yang terakhir adalah dengan membuat target jangka panjang. Sebenarnya, ini tidak jauh berbeda dari resolusi yang kerap kali dibuat di akhir tahun untuk diwujudkan di tahun berikutnya. Akan tetapi, jangka waktunya berbeda. Seperti namanya, ini adalah target yang dibuat tanpa adanya batasan waktu.

10 Cara Keluar dari Zona Nyaman, Buat Diri Berkembang

Meskipun begitu, ia adalah target yang tidak akan menunggu terlalu lama. Dengan niat semakin giat bekerja untuk bisa segera membeli rumah sendiri, misalnya. Tentunya, target semacam ini tidak akan tercapai jika tidak segera mengambil langkah untuk mewujudkannya.

Artikel menarik lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Setiap orang tentu ingin maju dan berkembang. Sayangnya, selalu saja ada satu-dua halangan yang tidak saja membuat kemandekan, tapi berlarut-larut membuat kita larut di zona nyaman. Jika sudah demikian, yuk angkat tangan, dan katakan siapa yang seharusnya berhasil menjadi lebih produktif dengan cara keluar dari zona nyaman!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload