Capai 60 Juta, Ini Harga dan Fakta Yamaha RX100

02 Nov 2021 by Laruan

Sepeda motor klasik saat ini sedang banyak dicari oleh para kolektor. Apalagi jika kondisinya masih istimewa, kolektor tidak segan untuk menawarnya dengan harga mahal. Salah satu motor tua yang saat ini tengah banyak dicari adalah Yamaha RX100.

Motor bermesin dua tak ini dijual oleh Yamaha ke negara berkembang seperti Indonesia dan India. Pada masa jayanya, Yamaha RX100 sempat menjadi primadona di Indonesia. Body-nya yang terbilang compact serta kecepatannya yang tinggi membuat pria-pria Indonesia jatuh cinta pada motor ini.

Buat Sobat Pintar yang penasaran dengan RX100 dan punya mimpi untuk beli motor ini, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Saudara Tua Jet Darat RX-King

RX Series merupakan keluarga motor paling legendaris di Indonesia, salah satu yang paling populer adalah Yamaha RX-King. Mereka terkenal dengan tampilannya yang garang serta punya kecepatan tinggi. Saking cepatnya, RX series sering dijuluki sebagai ‘motor jambret’ pada masanya. 

Lahir di tahun 1977, Yamaha RX100 merupakan motor paling awal dari generasi RX Series. Sebenarnya sebelum RX100, sudah ada Yamaha RX125 Twin yang dijual pada tahun 1976. Meskipun begitu, RX125 Twin tidak ‘sah’ disebut keluarga RX Series karena aslinya bernama RD125.

Mesin Boleh Dua Tak, Tapi Bensin Tetap Irit

Selain merupakan pionir dari keluarga RX Series, motor ini juga menjadi legenda karena konsumsi bensinnya yang irit. Satu liter bisa untuk 40 KM. Padahal, Yamaha RX100 dibekali oleh mesin dua tak yang terkenal boros.

Yamaha RX100 memiliki mesin dua tak dengan kubikasi 100cc dan power sebesar 11,5 dk. Pada masanya, power tersebut sudah termasuk lebih dari cukup. Tak hanya itu, top speed yang dicapai motor ini bisa mencapai 110 km/jam.

Berhenti Diproduksi Karena Uji Emisi

Motor dua tak sempat mengalami kejayaannya di tahun 80an sampai 90an. Sayangnya beberapa dari mereka sudah di suntik mati karena tidak lolos uji emisi. 

Hal ini juga berlaku pada Yamaha RX100 yang produksinya dihentikan 11 tahun kemudian.

Selain alasan emisi, Yamaha juga tidak ingin ambil resiko untuk menjual motor klasik dengan harga yang murah. 

Harga Yamaha RX100

Pasar motor klasik terkenal dengan harganya yang abu-abu. Hal ini juga berlaku bagi Yamaha RX100, yang saat ini keberadaannya sudah langka. Tidak ada harga pasti untuk meminang motor ini, semua itu tergantung dari kondisi yang dimiliki

Dalam sebuah situs e-commerce, motor ini berada di kisaran harga Rp 5 Juta – Rp 20 Juta. Bahkan, ada seorang penjual yang berani memasang harga Rp 60 Juta. Hal ini wajar mengingat kondisinya yang istimewa serta kilometernya yang rendah.

Kesimpulan

Itulah deretan fakta dari Yamaha RX100. Meski harganya cenderung lumayan mahal, namun motor ini bisa dijadikan investasi jangka panjang. Di masa depan, bisa saja harga Yamaha RX100 akan semakin melambung. Apalagi saat ini produsen sudah tidak memproduksi motor dua tak terkecuali untuk kebutuhan balap. Buat kamu yang terpincut ingin meminang motor ini namun terkendala dengan biaya, Kredit Pintar punya solusinya. 

Kredit Pintar adalah sebuah fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kami memberikan kemudahan pencairan dana bagi Anda. Hanya dengan sentuhan jari, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman uang dalam 5 menit. Tidak hanya itu, bunga yang kami tawarkan juga rendah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload