Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Body Scrub Untuk Kulit

18 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 18 Aug 2021

Memiliki kulit tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun, untuk mendapatkannya tentu membutuhkan perawatan rutin. Tidak hanya dengan memakai lotion dan sabun kecantikan, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan kulit yang sehat dan terawat setelah menerima manfaat body scrub.

Apa itu body scrub?

Body scrub merupakan produk perawatan tubuh yang sering disebut juga sebagai facial tubuh. Umumnya, produk ini bisa dengan mudah didapatkan di apotek maupun pusat perbelanjaan.

Jangan termakan jebakan penipu, baca artikel berikut: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

manfaat body scrub

Beragam Manfaat Body Scrub Untuk Kulit Tubuh

Nah, sebelum membeli body scrub untuk melakukan perawatan kulit tubuh secara rutin. Yuk, simak berbagai manfaat body scrub untuk kulit.

1. Butiran scrub mampu mengangkat sel-sel kulit mati

Selain pada bagian wajah, sel-sel kulit yang ada di tubuh juga perlu mengalami pergantian secara berkala untuk menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan mulus. Namun, pergantian sel-sel kulit bisa saja melambat seiring dengan bertambahnya usia.

Oleh karena itu, body scrub sangat dibutuhkan untuk membantu agar proses pergantian sel-sel kulit mati tersebut bisa berjalan dengan lancar.

2. Scrub diklaim mampu mencerahkan kulit

Melakukan scrub secara rutin menggunakan body scrub juga akan membantu membuat kulit tubuh tampak lebih cerah. Hal ini dikarenakan garam yang ada pada scrub kaya akan mineral yang baik untuk menutrisi kulit.

Bukan hanya itu, kulit yang tampak kusam juga bisa disebabkan oleh adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Sehingga setelah melakukan scrubbing kulit akan tampak lebih cerah karena sel-sel kulit mati sudah terangkat.

manfaat body scrub

3. Relaksasi tubuh dengan butiran body scrub

Benefit body scrub yang lain juga bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks, jika dipadukan dengan gerakan memijat. Ini akan membuat otot-otot tubuh yang tegang menjadi lebih rileks. Scrub yang digunakan biasanya juga terbuat dari bahan-bahan yang bisa menyegarkan kulit.

Selain itu, aroma dari body scrub juga bisa memberikan rasa nyaman dan menenangkan. Baik saat Sobat Pintar sedang melakukan scrubbing ataupun setelahnya.

4. Eksfoliasi dengan body scrub untuk mencegah munculnya jerawat di punggung

Sobat Pintar sering merasa kesal karena jerawat yang tiba-tiba bermunculan di punggung? Ternyata rutin melakukan scrubbing menggunakan body scrub juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat di punggung, loh.

Seperti yang Sobat Pintar ketahui, salah satu penyebab jerawat adalah sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Nah, sel-sel kulit mati tersebut akan lebih mudah terangkat saat Sobat Pintar melakukan scrubbing.

Akan tetapi karena bagian punggung adalah area yang sulit dijangkau oleh tangan, sebaiknya gunakan alat bantu, minta bantuan orang terdekat, atau lakukan perawatan scrub di salon kecantikan. 

Selain itu, jika saat ini punggung Sobat Pintar sedang berjerawat, sebaiknya tunda untuk melakukan scrubbing karena gesekan scrub yang kasar berisiko menyebabkan terjadinya infeksi.

5. Melancarkan peredaran darah

Proses scrubbing yang dilakukan dengan gerakan memijat ternyata juga bisa melancarkan peredaran darah ke permukaan kulit. Hal ini secara tidak langsung akan membuat kulit terasa lebih segar setelah scrubbing. 

Tidak hanya itu, aliran darah ke kulit yang lebih lancar juga bermanfaat untuk membantu meremajakan sel-sel kulit.

manfaat body scrub

6. Body scrub bermanfaat mengatasi selulit dan mencegah penuaan dini

Munculnya selulit dan tanda-tanda penuaan dini memang menjadi momok yang menakutkan bagi kaum hawa.

Namun, hal tersebut ternyata bisa dicegah dan diatasi menggunakan bantuan body scrub, loh. Kok bisa?

Pertama-tama tentunya karena melakukan scrubbing secara rutin berfungsi meremajakan sel-sel kulit tubuh. Selain itu, berbagai produk body scrub saat ini juga terbuat dari bahan-bahan yang telah terbukti membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Misalnya, scrub berbahan dasar kopi dan manggis.

Itu dia berbagai benefit body scrub untuk kulit tubuh. Apakah Sobat Pintar tertarik untuk membelinya?

Eits, sebelum membelinya, yuk simak terlebih dahulu tips memilih body scrub yang tepat untuk Sobat Pintar seperti di bawah ini.

Tips Memilih Produk Body Scrub yang Tepat Untuk Kulit

Meskipun memiliki manfaat yang sangat beragam, memilih body scrub nyatanya memang susah-susah gampang. Salah langkah sedikit saja justru bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Lalu, bagaimana caranya supaya tidak salah pilih body scrub?

1. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit dan manfaat yang diharapkan

Setiap produk body scrub tentu saja memiliki kandungan bahan yang berbeda-beda. Ini juga menjadikan masing-masing produk tersebut memiliki beragam manfaat khusus seperti mengatasi kulit kering, selulit, penggelapan, stretch marks, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemilihannya juga perlu disesuaikan dengan kondisi kulit Sobat Pintar.

Untuk memudahkan Sobat Pintar dalam menentukan pilihan, berikut kami rangkum berbagai jenis body scrub berdasarkan jenis eksfoliatornya:

  • Salt scrub

Scrub yang satu ini disebut-sebut paling efektif untuk mengeksfoliasi kulit karena tingkat kekasarannya cenderung paling tinggi. Scrub jenis ini paling cocok digunakan jika Sobat Pintar memiliki tubuh yang mudah berkeringat, cenderung berminyak, dan memiliki jerawat pada bagian punggung, bahu, dan dada.

Salah satu produk favorit yang mengandung scrub jenis ini adalah Sensatia Botanicals Relaxation Sea Salt Scrub yang terbuat dari garam laut Bali.

  • Sugar scrub:

Scrub jenis gula ini paling direkomendasikan bagi pemilik kulit normal to dry hingga sensitif. Hal ini dikarenakan sugar scrub memiliki tekstur yang lebih lembut dan dapat menjaga kelembaban kulit.

Tree Hut Shea Sugar Scrub dan N’Pure Sugar Body Scrub merupakan produk yang patut Sobat Pintar pertimbangkan jika tertarik untuk mencoba scrub jenis gula.

  • Coffee scrub:

Ini merupakan jenis scrub yang terkenal ampuh mencerahkan kulit. Kopi yang termasuk stimulan alami juga diketahui dapat merangsang regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih cepat.

Pada dasarnya scrub jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

Sederet produk coffee scrub yang bisa menjadi pilihan Sobat Pintar diantaranya TIFF Scrub in Butter varian Coffee Cacao, C LAB & CO Coffee & Coconut Scrub, Mustika Ratu Coffee Body Scrub, Bali Ratih Body Scrub Coffee, dan Scarlett Whitening Body Scrub Coffee.

  • Herbal scrub:

Seperti namanya, scrub jenis ini terbuat dari bahan-bahan alami yang umumnya bersifat menyegarkan, menenangkan, hingga menyembuhkan. Herbal scrub juga cenderung cocok untuk semua jenis kulit.

Adapun produk body scrub di pasaran yang termasuk dalam jenis ini adalah Purbasari Lulur Mandi Rempah, Esther Body Scrub with Tamarind & Licorice, dan lain sebagainya.

2. Pastikan bahan-bahan yang digunakan aman untuk kulit

Memang tidak semua produk body scrub yang ada di pasaran mengandung bahan-bahan alami, ada pula yang menambahkan bahan kimia untuk memberikan efek tertentu.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memastikan bahan-bahan pada produk yang akan dibeli aman bagi kulit dan tidak menyebabkan alergi. Terutama bagi Sobat Pintar yang memiliki kulit sensitif.

Nah, sekarang Sobat Pintar sudah mengetahui tips memilih dan manfaat body scrub untuk kulit tubuh. Sekarang saatnya untuk membeli body scrub sesuai kebutuhan.

Tidak punya cukup uang untuk membeli body scrub incaran? Yuk, beli menggunakan cicilan pembayaran selama 3, 6, atau 12 bulan menggunakan aplikasi Kredit Pintar. 

Jangan terbuai rayuan penipu, baca: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download