Begini Urutan Film Marvel yang Benar Secara Kronologis

21 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Penggemar film tentu sudah tidak asing lagi dengan Marvel Cinematic Universe. Pasalnya film yang mereka produksi selalu berhasil menarik perhatian dan menjadi viral. Buat kamu yang ingin menonton film buatan Marvel, ada baiknya untuk mengetahui urutan film Marvel terlebih dahulu.

Urutan Film Marvel Berdasarkan Kronologi

Film-film superhero yang digarap Marvel memang memiliki keterkaitan satu sama lain. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk mengetahui urutan kronologi film Marvel sebelum menontonnya. Dengan begitu, kamu akan mengerti ceritanya secara utuh.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Download Film Gratis Terbaru

  1. Captain America: The First Avenger (2012)

Urutan film Marvel yang pertama berdasarkan kronologi waktu adalah Captain America: The First Avenger. Hal itu karena film ini berada pada latar waktu yang paling jauh daripada film Marvel yang lain, yakni tahun 1941.

Cerita pada film ini berlatar pada masa perang yang sedang terjadi. Steve Rogers mendaftar sebagai pasukan militer Amerika. Namun, posturnya yang kecil membuat Steve selalu ditolak.

Steve pun mengikuti sebuah eksperimen secara sukarela menjadi prajurit dengan kekuatan super. Eksperimen tersebut menjadikan Steve sebagai Captain America. Bersama Bucky Barnes dan Peggy Carter, Steve memerangi organisasi bernama HYDRA.

  1. Captain Marvel  (2019)

Carol Danvers sebagai Captain Marvel menjadi salah satu pahlawan super terkuat. Kedatangannya ke bumi bertujuan untuk menangkap alien Skrull yang dapat berubah wujud. Carol juga bertemu dengan Nick Fury, anggota SHIELD, yang juga menginisiasi terbentuknya proyek Avengers.

  1. Iron Man  (2008)

Urutan kronologi film Marvel ketiga adalah Iron Man yang berlatar pada tahun 2010. Cerita bermula ketika Tony Stark dan rekannya mendemonstrasikan senjata canggih ciptaan perusahaannya. Namun, ia diculik dan dipaksa membuat senjata mematikan.

Berkat kejeniusannya, Tony membuat baju armor untuk kabur. Setelah itu, ia menjadi seorang Iron Man.

  1. The Incredible Hulk  (2008)

Urutan film Marvel berdasarkan kronologi waktu dilanjutkan dengan film The Incredible Hulk. Pada film ini, Bruce Banner sebagai Hulk berusaha melarikan diri dari General Thunderbolt Ross dan militer AS. Selain itu, ia juga mendapatkan ancaman baru dari musuh bernama The Abomination.

  1. Thor  (2011)

Thor merupakan salah satu film Marvel yang paling populer. Film ini bercerita tentang Thor yag kembali memulai perang di Asgard. Akibat perbuatannya yang sembrono, ia diusir oleh Odin ke bumi.

  1. Iron Man 2 (2010)

Pada lanjutan film Iron Man pertama, kali ini Tony Stark berusaha mempertahankan baju armor kuat miliknya. Ia enggan menyerahkannya kepada pemerintah demi menjaga informasi yang ada di balik semua itu.

  1. The Avengers  (2012)

Film The Avengers mempertemukan para pahlawan super untuk pertama kalinya. Captain America, Thor, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow bersatu demi menyelamatkan bumi dan manusia.

  1. Iron Man 3  (2013)

Tony Stark menghadapi ujian lainnya, yakni melawan musuh dengan kekuatan tak terbatas. Berbekal kecerdikannya, ia berusaha keras untuk melindungi orang-orang terdekatnya.

  1. Thor: The Dark World  (2013)

Pada sekuel keduanya ini, Thor berjuang melawan ras kuno yang ingin mengubah alam semesta menjadi kegelapan. Ia berjuang keras demi menyelamatkan bumi dan alam semesta.

  1. Captain America: The Winter Soldier  (2014)

Urutan kronologi film Marvel berikutnya menceritakan Steve Rogers sang Captain America bersama Black Widow dan Falcon. Mereka menghadapi ancaman baru, yakni Winter Soldier.

  1. Guardians of The Galaxy  (2014)

Peter Quill, petualang luar angkasa, mencuri bola misterius yang sedang diincar oleh Ronan. Hal itu membuat Peter dikejar oleh Ronan. Kemudian, Peter bertemu dengan empat orang dan mereka pun mengungkap kekuatan bola misterius tersebut.

Baca juga: Daftar Film Luar Angkasa yang Dianggap Paling Realistis

  1. Avengers: Age of  Ultron  (2015)

Avengers kembali mempertemukan para pahlawan super pada serial Marvel yang dirilis pada tahun 2015 ini. Superheroes ini kemudian beraksi dengan luar biasa menghadapi Ultron yang memiliki rencana jahat. Captain America, Thor, Iron Man, The Incredible Hulk, Hawkeye, dan Black Widow berusaha menghentikan rencana mengerikan tersebut.

  1. Ant-Man  (2015)

Ant-Man dimunculkan pada urutan film Marvel ke-14 dengan kekuatan unik. Ant-Man mampu mengecil dengan kekuatan yang bertambah. Seorang penjahat diminta Hank Pym untuk mengenakan baju Ant-Man agar temuannya itu dapat diamankan.

  1. Captain America: Civil War  (2016)

Film ini tidak hanya menampilkan Avengers saja, tetapi juga Spiderman dan Black Panther. Film ini menceritakan Captain America yang menilai Bucky Barnes sebagai orang yang bertanggung jawab atas tewasnya ayah Black Panther. Hal itu membuat Avengers terbelah menjadi kubu pro dan kontra.

  1. Spider-Man: Homecoming  (2017)

Film ini menceritakan Spider-Man yang menghadapi The Vultures. Hal itu karena The Vultures mengumpulkan peninggalan alien pascaperang New York untuk dijadikan senjata.

  1. Doctor Strange  (2016)

Seorang ahli bedah mengalami kecelakaan yang menyebabkan tangannya terluka parah. Ia pun mencari obat untuk memulihkan tangannya. Namun, ia justru menemukan kekuatan magis yang dapat dimanfaatkan untuk kebaikan.

  1. Black Panther  (2018)

Black Panther juga menjadi salah satu serial Marvel yang berkesan. Salah satunya berkat peran T’Challa yang mampu memikat penonton. Pada film ini, ia menghadapi musuh yang lahir akibat kesalahan ayahnya pada masa lalu.

  1. Thor: Ragnarok  (2017)

Film ini menceritakan Thor yang terkurung di sisi lain alam semesta. Ia berupaya keluar untuk menghentikan Hela yang berniat merebut takhta Asgard sepeninggal Odin.

  1. Ant-Man and The Wasp  (2018)

Kali ini, Scott Lang harus menjadi tahanan rumah akibat memihak Captain America. Ia dihadapkan pada dilema, antara menjadi ayah atau pahlawan super. Akhirnya, ia pun kembali mengenakan baju Ant-Man.

  1. Black Widow  (2021)

Urutan kronologi film Marvel berikutnya berfokus pada Black Widow. Film ini mengisahkan Natasha Romanov yang diasingkan usai film Captain America: Civil War.

Baca juga: 9 Rekomendasi Film Korea Menarik dalam Berbagai Genre

  1. Avengers: Infinity War  (2018)

Pada sekuel Avengers ini, Thanos mengincar Infinity Stones usai memperoleh Power Stone. Akhirnya, dikenal peristiwa The Blip setelah Thanos berhasil memusnahkan sebagian umat manusia, tidak terkecuali sebagian Avengers.

  1. Avengers: Endgame  (2019)

Sebagai lanjutan dari Infinity War, film ini berlatar usai peristiwa pemusnahan yang dilakukan Thanos. Sebagian Avengers yang masih bertahan pun berjuang memutar balik waktu demi mencegah terjadinya The Blip.

  1. Spider-Man: Far From Home  (2019)

Urutan kronologi berikutnya berfokus pada Spiderman. Film ini menceritakan Spiderman yang harus melawan Mysterio. Film ini juga menjadi yang terakhir dari Marvel pada fase 3.

Nah, itulah urutan film Marvel yang dapat dijadikan panduan untuk menontonnya. Meski terkesan rumit, tetapi semua film di atas sangat menarik untuk dinikmati.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download