Update ke Windows 11? Inilah 6 Fitur Barunya

10 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2021

Setelah rilis secara resmi pada 24 Juni 2021, Windows 11 telah menjadi produk sistem operasi yang paling dicari dan dibahas oleh pengguna Microsoft karena kehebatannya. Beruntungnya, bagi para pengguna Windows 10, kalian bisa meng-update sistem secara gratis! 

Update ke Windows 11? Inilah 6 Fitur Barunya

Sebelum melakukan update, Sobat Pintar harus baca dulu artikel ini untuk mengetahui perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 11, dan syarat minimum sistem untuk perangkat PC atau laptop Sobat Pintar.

Perbedaan Sistem Operasional Windows 10 dengan Windows 11

Jika dibandingkan dengan sistem Windows 10 yang tercantum pada website Microsoft, sistem operasi Windows terbaru tersebut memiliki kemampuan baru yang mutakhir. Berikut beberapa perbedaannya:

  1. Prosesor: sistem operasi Windows terbaru tersebut membutuhkan CPU yang baru. Selain itu, Windows 10 mendukung CPU 32-bit, sedangkan sistem operasi Windows terbaru tersebut hanya mendukung CPU 64-bit.
  2. RAM: Windows 10 membutuhkan setidaknya 1 gigabyte RAM, sistem operasi Windows terbaru tersebut membutuhkan 4 gigabyte atau lebih tinggi.
  3. Penyimpanan: Windows 10 32-bit dan 64-bit masing-masing membutuhkan penyimpanan minimal 16GB dan 20GB. sistem operasi Windows terbaru tersebut membutuhkan 64GB.
  4. Firmware Sistem dan TPM: Tidak seperti sistem operasi Windows terbaru tersebut, Windows 10 tidak memerlukan UEFI, Boot Aman, atau TPM secara default. Hal tersebut hanya diperlukan jika Sobat Pintar menggunakan fitur seperti BitLocker.
  5. Kartu Grafis: Setidaknya, Windows 10 membutuhkan DirectX 9 dengan dukungan WDDM 1.0. Beda dengan sistem operasi Windows terbaru tersebut yang membutuhkan DirectX 12 atau lebih baru dengan WDDM 2.0.
  6. Tampilan: Windows 10 membutuhkan layar sebesar 800×600, sedangkan sistem operasi Windows terbaru tersebut membutuhkan besar layar minimal 1280×720 atau lebih tinggi
  7. Koneksi Internet: Pada saat mengatur setting pertama kali, Windows 10 tidak membutuhkan koneksi untuk mengatur sistem, sedangkan sistem operasi Windows terbaru tersebut memerlukan koneksi internet dan akun Microsoft untuk mengatur sistem penggunaan pertama.

6 Fitur Baru Yang Tersedia

  1. Design dan Interface

Perbedaan pertama terletak pada desain dan interface-nya. Pada sistem operasi Windows terbaru tersebut, fitur baru yang satu ini akan membuat tampilan desainnya akan lebih mirip seperti Mac ke OS. Tampilan jendelanya pun dibuat lebih bulat dan memiliki warna pastel. Menu Start yang biasa kita temukan di bagian kiri akan berpindah ke posisi tengah layar, tetapi jika Sobat Pintar merasa tidak nyaman dengan ini, Sobat Pintar dapat memindahkannya kembali ke sebelah kiri pada menu setting.

  1. Integrasi Aplikasi Android

Tidak seperti Windows 10, dengan fitur baru ini pengguna bisa mengintegrasi aplikasi Android ke dalam sistem operasi Windows terbaru tersebut. Aplikasi Android ini dapat diinstal di Microsoft Store versi terbarunya, yaitu Amazon AppStore.

Fitur ini menjadi fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows, karena dengan fitur ini, pengguna dapat menghubungkan perangkat mobile-nya dengan laptop mereka.

  1. Tampilan Visual Yang Lebih Baik

Fitur sistem operasi Windows terbaru tersebut ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan desktop komputer menjadi lebih mirip dengan tampilan Mac. Tampilan ini akan membuat sistem operasi Windows terbaru tersebut menjadi lebih indah dan nyaman bagi penggunanya.

  1. Microsoft Teams ditambahkan ke Taskbar

Kabar baiknya, Microsoft Teams ini sudah langsung diintegrasikan ke dalam taskbar sistem operasi Windows terbaru tersebut. Microsoft Teams ini mirip seperti FaceTime Apple yang dimana Sobat Pintar dapat berinteraksi dengan pengguna Microsoft Teams lainnya. Bisa seperti video call, berkirim pesan, atau mengirim dokumen. Microsoft Teams dapat di akses melalui Windows, Mac, Android, dan iOS.

  1. Widget

Fitur sistem operasi Windows terbaru tersebut ini sebenarnya sudah ada pada versi Windows Vista dan telah diperbarui di Windows 10. Akan tetapi, di sistem operasi Windows terbaru tersebut, pengguna dapat mengakses widget secara langsung melalui taskbar dan mempersonalisasi tampilannya menjadi lebih terstruktur..

  1. Layar Sentuh Yang Telah Disempurnakan, Dukungan Suara dan Pena

Microsoft telah menargetkan untuk meningkatkan pengalaman sentuhan untuk pengguna tablet. Microsoft telah menyiapkan banyak ruang antara ikon dan menambah gesture gerakan.

Selain itu, Microsoft juga menambahkan haptics ke pena digital, sehingga pengguna pena digital dapat mendengar dan merasakan getaran saat menggunakannya untuk menulis catatan atau menggambar.

Ditambah, sistem operasional ini sudah didukung oleh pengetikan suara yang dapat diperintah melalui suara.

Bagaimana Cara Update ke Versi WIndows Terbaru

Buat Sobat Pintar yang belum tahu caranya update  Windows 10 ke sistem operasi Windows terbaru tersebut, Sobat Pintar harus mengaktifkan Windows Update terlebih dahulu. Dengan begitu, sistem operasi Windows terbaru tersebut akan dapat diunduh secara otomatis ketika sudah dirilis.

Tapi, jika Sobat Pintar tidak mengaktifkan Windows Update di laptop atau desktop, Sobat Pintar bisa melakukan update secara manual.

Cara Melakukan Update:

  1. Pergi ke menu Setting>Update & Security> Windows Update atau ketik “Windows Update” pada kolom pencarian.
  2. Lalu, ketuk “Check for Updates.”
  3. Setelah tersedia, sistem akan mengunduh sistem operasi Windows terbaru tersebut secara otomatis.

Sebelum update, Sobat Pintar harus mengecek spesifikasi laptop atau desktop yang dimiliki terlebih dahulu. Standar minimum komputer untuk bisa menggunakan sistem operasi Windows terbaru tersebut adalah Prosesor 64 bit dengan kecepatan minimal 1GHz dan dual core, 4GB RAM, 64GB Storage. 

Perlu Sobat Pintar ketahui, sistem operasi Windows terbaru tersebut ini memiliki standar minimum layar 9 inci. Jadi, sistem operasi sistem operasi Windows terbaru tersebut ini tidak bisa digunakan untuk perangkat berukuran 9 inci kebawah. 

Syarat lainnya untuk mengunduh sistem operasi Windows terbaru tersebut adalah, komputer Sobat Pintar harus mendukung UEFI, Secure Boot, dan TMP 2.0. Sobat Pintar bisa melakukan pengecekan dengan menjalankan aplikasi “PC Health Check” yang sudah tersedia di Microsoft.

Spesifikasi Minimum Untuk Install OS Windows Terbaru

Berdasarkan pernyataan Microsoft, perangkat komputer atau laptop harus memiliki minimal persyaratan berikut untuk bisa menjalankan sistem operasi Windows terbaru tersebut dengan lancar. Jika perangkat Sobat Pintar tidak termasuk, disarankan untuk melakukan upgrade RAM, Storage, atau memberi PC atau laptop baru.

Prosesor: CPU Intel generasi ke-8, AMD Ryzen 2000, atau generasi terbaru.

RAM: 4GB atau lebih tinggi.

Penyimpanan: Memiliki 64GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar (seperti hard drive atau SSD)

Firmware Sistem: UEFI dan Boot Aman

TPM: Trusted Platform Module 2.0 (Module umum pada motherboard yang diproduksi setelah 2016 ke atas)

Kartu Grafis: Perangkat kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0

Layar: Memiliki layar HD dengan resolusi minimal 720p (1280×720) lebih besar dari 9″ diagonal, 8-bit per saluran warna

Koneksi Internet dan Akun Microsoft: Edisi Windows 11 Home memerlukan koneksi internet dan akun Microsoft untuk mengatur perangkat pada penggunaan pertama. Mengalihkan perangkat dari mode Windows 11 S juga memerlukan koneksi internet.

Dari semua fitur ini, persyaratan untuk TPM 2.0 mungkin merupakan alasan paling tidak terduga untuk PC Windows 10 Anda yang sedikit lebih tua tidak dapat menjalankan sistem operasi Windows terbaru tersebut. Anda dapat memeriksa versi TPM sistem Anda dengan menjalankan tpm.msc di dialog Run.Setelah dibahas lebih lengkap, ternyata fitur-fitur yang ditawarkan di sistem operasi Windows terbaru tersebut sangat menggiurkan, bukan?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download