Ini Dia 5 Tips Dalam Membeli Iphone Bekas!

10 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 24 Jan 2022

Umumnya, smartphone yang dimiliki oleh semua orang ada dua jenis, yakni Android dan iPhone. iPhone sendiri memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan Android meskipun kondisinya bekas. Untuk itu Anda perlu mengetahui tips membeli iphone bekas jika tertarik untuk memilikinya. 

Artikel ini diperuntukkan bagi Anda yang belum berpengalaman membeli iPhone agar tidak mudah tertipu. 

Apple telah menjelma menjadi brand andalan yang menawarkan kualitas terbaik pada kategori perangkat elektronik di Dunia. Salah satu yang banyak diburu oleh penggemarnya adalah iPhone, smartphone yang tak perlu diragukan lagi eksistensinya. 

iPhone berhasil menciptakan pangsa pasarnya sendiri yang tersebar di seluruh dunia. Merk Samsung, Oppo dan produk Android lainnya bukan saingan yang berarti karena sudah barang tentu beda pangsa pasar. 

Alasan Kenapa iPhone Lebih Disukai

Sejak rilis generasi pertamanya tahun 2007 silam, kini iPhone sudah memasuki generasi kedua belas. Generasi ke berapa iPhone yang Anda miliki? 

iPhone selalu meluncurkan generasi iPhone yang disesuaikan dengan gaya hidup masyarakat, termasuk tampilan desain hingga software di dalamnya. Tak heran jika para pecintanya selalu setia menggunakan iPhone dari generasi ke generasi. 

Harganya yang dapat menguras isi dompet membuat sebagian orang lebih memilih untuk membeli iPhone bekas. Meskipun bekas, iPhone tetap memberikan performa tinggi yang membuat penggunanya merasa puas. 

Bisa dibandingkan, Chipset Snapdragon 845 yang banyak digunakan Android kelas flagship bisa dikalahkan oleh chipset Apple terbaru bernama Apple A12 Bionic. Keberhasilan Apple menawarkan inovasi membuatnya menjadi raja dari setiap ponsel yang memiliki ketangguhan chipset. 

Bicara dari segi body, iPhone selalu menawarkan ciri khas yang berbeda dibandingkan smartphone lain. Dari sisi tampilan selalu konsisten bahkan cenderung jauh lebih baik setiap produk keluarannya. 

Kualitas produk menjadi nomor satu, sangat jarang pengguna menemukan cacat produksi pada produk iPhone. 

Jadi, semakin tertarik untuk membeli iPhone? Tunggu dulu, simak tips membeli iPhone bekas di bawah ini ya!

Tips Membeli iPhone Bekas

Beli iPhone bekas memang tak bisa sembarangan, resiko kerusakan pada software atau produknya hanya produk replika, mungkin saja terjadi. 

Sangat disayangkan jika tips membeli iphone bekas ini dilewatkan begitu saja, setidaknya Anda bisa mendapatkan iPhone yang masih bagus dan tidak merugi. 

  • Pastikan terlebih dahulu riwayat pembeliannya

iPhone bekas hasil curian sering diperjual belikan oleh para pedagang nakal, Anda pun harus mengetahui asal usulnya. Untuk mengecek bahwa itu hasil curian atau bukan, Anda bisa cek nomor IMEI-nya.

Masuk ke situs Stolen Phone Checker untuk mengecek nomor IMEI, nantinya situs tersebut akan memberikan informasi apakah ada pelaporan iPhone hilang atau tidak. 

  • Cek hardware iPhone

Sebelum deal dengan penjual iPhone, sebaiknya periksa dengan teliti apakah iPhone memiliki kerusakan atau tidak pada bagian hardware-nya. Periksa body, charger, earphone dan perangkat lainnya secara menyeluruh. 

Pastikan semua komponen iPhone masih bisa berfungsi dengan normal agar tidak perlu melakukan service di kemudian hari. Mengganti komponen iPhone yang rusak bisa membutuhkan harga yang cukup mahal. 

  • Cek layar masih orisinil atau tidak

Pastikan layar iPhone masih orisinil atau sudah diganti dengan parts OEM? Layar OEM biasanya relatif lebih redup, berbeda dengan layar orisinil yang justru lebih cerah.

Kemudian saturasi warna tidak semaksimal layar orisinil dan coba sambil perhatikan perbedaan warna logo “Bunyi & Haptik”. Perlu Anda ketahui, bagian ini penting demi akurasi ketika sedang melakukan edit foto dan konten visual. 

Sedangkan untuk generasi iPhone 8 keatas, ada fitur True Tone Display untuk memastikan keaslian layar iPhone. Cari opsi true yang biasanya tersembunyi pada control center atau menu pengaturan layar. Jika opsi tersebut tidak muncul, hati-hatilah karena layar perangkat bisa dipastikan tidak orisinil. 

Lebih detail lagi, perhatikan pinggir layarnya ketika menampilkan warna tertentu seperti putih. Perhatikan apakah cahayanya merata atau ada bagian yang lebih terang? 

  • Kondisi Baterai

Masih berkaitan dengan bagian hardware, kini Anda perlu mengecek kondisi baterai. Biasanya kondisi baterai menurun, terlebih jika iPhone tersebut sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Melalui fitur battery health sendiri nantinya bisa dinilai apakah masih layak atau tidak sesuai umur iPhone. Misalnya begini, Anda membeli iPhone 7 yang sudah berumur 3 tahun, tetapi kondisi battery health 100%, ini patut dicurigai. 

Besar kemungkinan battery tersebut sudah pernah diganti, kecuali iPhone tersebut tidak pernah dipakai sama sekali. Tanyakan kembali kepada penjual mengenai kondisi baterai karena dikhawatirkan sekedar 100% tapi performanya kurang baik. 

Tips membeli iPhone bekas ini perlu diperhatikan oleh siapa saja yang akan membeli iPhone. Kehati-hatian perlu ditingkatkan, apalagi dalam beberapa waktu ke belakang banyak terjadi kasus penipuan jual beli iPhone. 

  • Pilih yang masih bergaransi dan harganya sesuai pasaran

Meskipun bekas, setidaknya Anda harus memilih iPhone yang masih memiliki garansi agar terlindungi dari berbagai kerusakan. Jika garansi membuat harganya jadi lebih mahal, namun tak ada salahnya karena kualitas adalah nomor satu.

Atau bisa juga setidaknya beli iPhone bekas yang masa garansinya belum lama habis. Hindari membeli iPhone yang sudah digunakan bertahun-tahun oleh pemilik sebelumnya. 

Jika masih awam untuk mengetahui garansinya, Anda bisa mengecek garansi iPhone bekas pada bagian box-nya. Lihat bagian belakang box, tepatnya di sisi kiri bawah biasanya tertera kode garansi regional tempat iPhone diluncurkan. 

Beli iPhone tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda membandingkan harga dari berbagai situs e-commerce atau toko penjual iPhone. Dengan melakukan riset harga iPhone bekas, setidaknya Anda tahu patokan harga yang tergolong murah dan mahal.

Contohnya, jika iPhone 12 Pro ditawarkan dengan harga Rp. 3 juta, jelas hal tersebut mustahil dan bisa jadi itu penipuan. 

Beli iPhone Bekas Menggunakan Kredit Pintar

Setelah mengetahui tips membeli iPhone bekas di atas, mungkin Anda sekarang tertarik untuk membelinya kan? Sayangnya, tidak cukup uang untuk memiliki iPhone idaman tersebut. 

Tapi, tak perlu khawatir karena ada Kredit Pintar sebagai solusi pinjaman uang online yang aman. Kredit Pintar juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK Indonesia, sehingga Anda aman bertransaksi. 

Unduh aplikasi Kredit Pintar, kemudian siapkan KTP dan ponsel. Selanjutnya isi data pribadi dengan benar dan jujur, proses verifikasi biasanya kurang dari 24 jam. Nantinya dana akan masuk ke rekening Anda. 

Keunggulan Kredit Pintar yakni pengajuan pinjaman uang tidak akan dikenakan biaya apapun. Kini Anda bisa membeli iPhone bekas dengan menggunakan pinjaman Kredit Pintar, tertarik untuk menggunakan Kredit Pintar?

Bagaimana membayar cicilannya?Mungkin pertanyaan itu juga ada di benak Anda. Nah, pembayaran cicilan pinjaman uang tersebut bisa dilakukan dimana saja. Bisa melalui transfer ATM atau juga dengan mobile banking yang jauh lebih praktis. Segera cairkan pinjamannya dan langsung praktekkan tips membeli iphone bekas di atas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download