Tips Jadi YouTuber Sukses dan Menghasilkan Banyak Uang

29 Mar 2021 by Laruan
tips jadi youtuber sukses

Banyak cara menghasilkan uang di internet, salah satunya adalah menjadi seorang youtuber sukses yang biasanya jumlah penghasilan sering digunakan sebagai parameter keberhasilan di bidang industri ini.

Siapapun bisa jadi seorang youtuber, baik itu anak sekolah, kuliah, pekerja, atau bahkan orang tua pun bisa terjun ke industri konten kreator di platform youtube. Buat akun dan upload video pertamamu, voila! Kamu sudah jadi seorang youtuber.

Semudah itukah jadi youtuber? Jawabannya iya! Namun untuk bisa sukses di industri ini tidak se-sederhana membuat akun dan video pertamamu aja, ada banyak hal yang perlu kamu optimasi agar channel youtube milikmu bisa mendapatkan banyak atensi publik agar mereka mau menonton, subscribe, hingga membagikan video milikmu ke sosial media mereka.

Sebelum membahas tips sukses jadi youtuber, ada baiknya kamu mengetahui konsep dasar monetisasi dari mana youtuber menghasilkan uang di platform video streaming ini. Berikut ulasannya;

Konsep Dasar Jenis Monetisasi yang Bisa Youtuber Lakukan untuk Mendapatkan Penghasilan

Setiap platform memiliki metodenya tersendiri dalam monetisasinya, hal ini pun berlaku pada youtube. Dengan mengetahui konsep dasar mengenai jenis-jenis cara menghasilkan uang di youtube, kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang. Yuk kita cari tahu caranya dibawah ini; 

1. Iklan Adsense

Kenal dengan google adsense? Yup, banyak youtuber menggunakan adsense sebagai instrumen media menghasilkan uang di channel miliknya. Tentu ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar channel youtube milikmu bisa diterima google adsense, misalnya saja harus punya 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

2. Langganan Channel

Make Money from Youtube yang kedua, kamu bisa memanfaatkan fitur langganan di youtube. Dari fitur langganan channel ini, youtuber bisa mendapatkan penghasilan dari biaya langganan bulanan yang dibayar oleh para subscriber.

3. Endorse

Last but not least, di platform digital apapun, semua kreator termasuk youtuber bisa menggunakan metode endors. Kamu bisa mengadakan kerjasama dengan banyak brand, agency, atau perusahaan manapun yang relevan dengan niche video channel milikmu.

Setelah mengetahui cara monetisasi akun youtube milikmu, kamu bisa memilih cara yang cocok denganmu. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tips menjadi youtuber yang sukses.

Tips Menjadi Youtuber yang Sukses dengan Penghasilan Tinggi

Setelah memiliki akun youtube dan tahu teknik monetisasinya, langkah selanjutnya adalah menerapkan tips berikut ini untuk jadi youtuber sukses dengan penghasilan tinggi;

1. Rajin Upload Video di YouTube

Kalau mau metrik statistik view video dan subscriber channelmu terus naik, kamu perlu membuat jadwal update khusus misalnya seminggu sekali atau seminggu dua kali. Kenapa demikian? Hal ini penting agar subscribermu hafal kapan kamu update konten terbaru. Kalau konsisten, kamu bisa mendapatkan kenaikan jumlah view dan subscriber.

2. Lakukan Riset Keyword agar SEO Friendly

Nggak hanya website atau blog, video youtube pun harus melakukan keyword research agar kamu bisa membuat judul video yang menarik dan searchable (mudah dicari oleh pengguna).

Dengan mengoptimasi SEO pada judul dan deskripsi video, bukan tidak mungkin video milikmu berada di posisi teratas sehingga berimbas pada kenaikan view dan subscriber. Selain judul, tag video juga bisa dioptimasi agar video bisa ditemukan dengan mudah.

3. Tingkatkan Engagement Video

Konten yang bagus bisa mempengaruhi audience untuk memberikan komentar, menonton lebih banyak video di channelmu, melakukan share, atau subscribe. Bahkan semua metrik yang sudah kami sebutkan merupakan indicator yang digunakan youtube untuk memberikan rank di platform mereka untuk selalu merekomendasikan videomu untuk penggunanya.

4. Promosikan Video di Media Sosial

Sekalipun orang-orang menonton video channel milikmu di youtube tapi banyak juga trafik yang datang dari social media lho. Maka dari itu, gunakan funnel marketing ini untuk mendatangkan lebih banyak penonton untuk mengunjungi dan menonton video youtube milikmu.

Nah itu dia tips sukses menjadi youtuber. Kalau kamu ingin upscale konten videomu, jangan ragu untuk melakukan upgrade tools pembuatan video mulai dari kamera, laptop, dan perlengkapan lainnya dengan mudah. Untuk mewujudkannya, kamu bisa membelinya secara cash lunas atau bisa juga mengajukan pinjaman dana ke Kredit Pintar, platform pinjaman online langsung cair ktp aja modalnya, dana ditransfer, dan kamu bisa langsung membeli semua perlengkapan pembuatan video agar channelmu makin keren dan berkelas lagi.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload