Tips Aman Mudik 2021 Saat Lebaran, Taati Protokol Kesehatan ya!

Tips Aman Mudik 2021 Saat Lebaran, Taati Protokol Kesehatan ya!

06 Apr 2021 by dan.shen
tips aman mudik

Mudik 2021 saat lebaran semakin datang, tentunya masyarakat muslim akan bersiap untuk kembali ke kampung halaman. Pemerintah sendiri tidak melarang masyarakat untuk mudik 2021 namun harus tetap menjalankan protocol kesehatan supaya mencegah penularan COVID-19.

Memang sudah lebih dari setahun, dunia sedang menghadapi virus corona yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah untuk sementara waktu. Tidak terkecuali dengan mudik lebaran yang menjadi ritual tahunan untuk kembali ke kampung halaman atau berkunjung ke rumah sanak saudara.

Jika tahun kemarin, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik, dengan tujuan untuk mengurangi penularan virus corona. Namun setahun berlalu, Bulan Ramadhan akan segera tiba, meskipun sedang pandemi, pemerintah sudah memperbolehkan mudik 2021.

Protocol kesehatan yang ketat akan diterapkan selama berlangsungnya mudik lebaran 2021. Jadi bagi Anda yang berniat mudik, maka pastikan untuk mematuhi protocol kesehatan tersebut. Untuk itu, Anda butuh tips aman mudik 2021 menjelang lebaran kali ini, simak penjelasannya berikut:

Memakai masker

Hal wajib yang dilakukan kapanpun dan dimanapun adalah memakai masker. Ini sudah menjadi kebiasaan baru yang tidak boleh dilewatkan. Pakailah masker baik saat berada di kendaraan, rest area atau setelah sampai di kampung halaman. Masker akan menjaga Anda dan keluarga Anda dari penularan virus corona

Cuci tangan

Tak hanya memakai masker, hal lain yang wajib dilakukan adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir baik di perjalanan, rest area atau kampung halaman. Usahakan untuk selalu mencuci tangan apalagi setelah menyentuh barang yang sering disentuh oleh orang lain.

Membawa hand sanitizer

Di dalam tas mudik Anda, pastikan juga untuk membawa hand sanitizer. Gunakan setiap setelah menyentuh barang atau bersentuhan dengan orang lain. Hand sanitizer ini bisa menjadi solusi ketika tidak ada wastafel untuk mencuci tangan. Jangan lupa pilihlah hand sanitizer yang tepat.

Membawa obat dan vitamin

Karena membutuhkan perjalanan yang jauh, maka tak jarang membuat tubuh kita lemah. Oleh karenanya, pastikan untuk membawa obat dan vitamin yang sekiranya diperlukan. Sediakan juga air minum yang banyak supaya jika sewaktu-waktu butuh minum obat bisa langsung diminum dengan mudah.

Membersihkan kendaraan saat berangkat dan pulang mudik

Tindakan ini wajib Anda lakukan apalagi jika Anda mudik dengan kendaraan pribadi. Jangan lupa bersihkan kendaraan pribadi Anda saat berangkat dan pulang dari kampung halaman. Hal ini dikarenakan virus corona dapat hidup di udara serta menempel pada permukaan benda. Jadi, selalu jaga kebersihan kendaraan pribadi ya.

Kurangi menyentuh wajah selama perjalanan

Virus corona dapat menular melalui droplet yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata dan tangan. Maka dari itu, kurangi menyentuh wajah selama di perjalanan. Mengapa? Karena kita tidak tahu apakah benda yang kita tidak sengaja sentuh itu terkontaminasi virus atau tidak.

Batasi kontak fisik

Di masa pandemi ini, sebaiknya Anda kurangi kontak fisik dengan orang lain. Selain selalu memakai masker saat bertemu orang lain, pantau terus kondisi tubuh apakah ada gejala virus corona atau tidak.

Nah, begitulah beberapa tips aman mudik 2021 selama lebaran. Tentunya mudik kali ini tidak semurah biasanya karena jika Anda mudik jauh maka Anda perlu tes kesehatan saat berangkat dan pulang.

Jika dananya terlalu mepet dengan tabungan, maka Anda bisa meminjam dari aplikasi pinjaman online yang langsung cair, contohnya Kredit pintar yang hanya butuh waktu 10 menit untuk pencairan dana. Kredit pintar sendiri adalah aplikasi pinjaman uang online yang berizin OJK dan pastinya dananya langsung cair. Apalagi, Anda juga bisa meminjam hingga Rp 20.000.000. Menarik bukan, yuk segera coba aplikasi Kredit pintar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk