Tetap Waspada! Bagaimana Persiapan dan Tips Menghadapi Bencana Banjir?

13 Apr 2021 by kreditpintar
bencana banjir

Banjir menjadi salah satu bencana yang sering melanda beberapa wilayah di Indonesia. Banjir merupakan bencana alam, dimana daratan yang biasanya kering akan terendam oleh luapan air. Ini dapat terjadi karena meluapnya sungai, danau, atau lautan. Tentunya kita harus selalu waspada akan potensi banjir. Maka sudah seharusnya kamu tahu apa saja persiapan dan tips menghadapi bencana yang satu ini.

Namun sebelum mengetahui apa saja tips menghadapi bencana banjir, sebenarnya kapan sih biasanya banjir akan terjadi? Banjir biasa terjadi tidak teratur dan memiliki banyak variasi dari segi durasi, ukuran, dan area yang terkena dampaknya. Bencana alam ini dapat terjadi secara tiba-tiba, luapan air juga dapat surut dengan cepat. Namun bisa juga luapan air atau banjir akan berlangsung berhari-hari. Berikut ini beberapa persiapan dan tips menghadapi bencana banjir, yang perlu kamu ketahui.

Amankan barang elektronik

Tips menghadapi bencana banjir satu ini, dimana kamu harus biasakan mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak. Misalnya laptop, smartphone, tv, dan barang elektronik lainnya. hal ini penting kamu lakukan, lho! Untuk menghindari risiko terjadinya konsleting listrik. Lebih baik lagi, jika kamu menata posisi stop kontak tinggi agar terhindar dari dapat dijangkau oleh luapan banjir.

Simpan surat-surat berharga dengan aman

Aman disini dengan maksud simpan surat-surat berharga di tempat yang tinggi, agar ketika terkena bencana banjir tidak akan terjangkau. Kamu tidak mau bukan, surat atau dokumen penting terendam, rusak, atau terbawa luapan banjir?

Update informasi

Selalu update informasi kamu tentang bagaimana kondisi air sungai dekat wilayah rumah anda. Dengan selalu tau informasi terbaru lingkungan, kamu dapat lebih mempersiapkan kemungkinan akan terjadinya banjir. Biasanya juga warga dan lembaga sosial akan memberikan informasi lebih lanjut kepada warga sekitar lingkungan.

Bawa barang penting

Ketika banjir telah melanda, bawa perlengkapan dan barang penting lainnya seperti ponse, kotak P3K, pakaian, dan dokumen penting. Kamu harus tetap tenang ya saat menghadapi banjir. Usahakan terus berkomunikasi dengan warga sekitar untuk membantu satu sama lain dan saling mengingatkan.

Siapkan obat darurat

obat darurat

Banjir yang menyebabkan tertutupnya akses makanan dan obat-obatan, sehingga penting untuk kamu mempersiapkan obat-obatan pribadi. Apalagi jika kamu atau keluarga ada yang memiliki penyakit tertentu dan membutuhkan obat atau perawatan khusus.

Mengungsi ke wilayah aman

Tips menghadapi bencana banjir terakhir adalah mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi dan aman. Pastikan juga anda menyimpan nomor kontak penting yang sekiranya akan dibutuhkan saat mendesak.

Banjir akan menyebabkan banyak dampak buruk, lho! Baik dari sisi ekonomi, lingkungan, hewan, dan manusia itu sendiri. Kerugian yang disebabkan oleh banjir juga tentunya ada, seperti kematian, kerugian materi, kerusakan sarana dan prasarana, adanya penyakit menular, kegiatan perekonomian yang terhambat, dan transportasi yang terhambat.

Lalu bagaimana jika kamu sudah terlanjur terkena banjir padahal belum sempat mengikuti tips menghadapi bencana? Sehingga kamu segera butuh pinjaman instan untuk memenuhi kebutuhan saat banjir? Jangan khawatir karena sekarang ada kredit pintar. Kredit pintar merupakan pinjaman instan yang menawarkan bunga rendah. Kredit pintar juga menjadi salah satu pinjaman instan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu tidak perlu meragukan kredibiltas kredit pintar. Namun tentu saja kamu harus tetap waspada, ya! Dengan mengikuti tips menghadapi bencana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

kredit pintar