Ingin Menjadi Pesepakbola? Ini Teknik Dasar Sepak Bola

23 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 15 Mar 2022

Ada perbedaan teknik dasar sepak bola dan taktik tim dalam permainan ini yang harus Anda pahami. Sepak bola adalah permainan yang sangat sederhana.  Kita semua perlu mengetahui teknik dasar permainan karena teknik dasar ini bisa membantu kita menjadi pemain yang baik.

10 Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasan Lengkapnya

Jika pesepakbola tidak tahu bagaimana cara mengoper, menendang, dan mengontrol bola, mereka tidak bisa memainkan permainan. Jika tidak tahu mengoper dan menerima bola, mereka tidak akan menjadi pemain yang baik dan sukses.

Menembak, mengontrol, dan menggiring bola adalah beberapa keterampilan penting. Kita harus memahami dan mengingat bahwa keterampilan ini harus dipraktikkan secara teratur untuk mempelajari dan menguasainya.

 Apa itu permainan sepak bola?

Sepak bola dimainkan antara dua tim. Ada 11 pemain di setiap timnya. Permainan ini bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan cara menendang, menyundul, atau menggunakan bagian tubuh manapun kecuali lengan dan tangan. Permainan ini dimainkan selama 45 menit dalam dua babak. Ada jeda istirahat di antaranya, yaitu sekitar 15 menit.

Teknik dasar sepak bola

Menendang

Menendang merupakan keterampilan yang paling penting dan merupakan gerakan yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada banyak keterampilan dan teknik lain,  tetapi tanpa kemampuan menendang tidak ada tim yang bisa memenangkan permainan. 

Walaupun kebanyakan kita memainkan permainan hanya untuk menghibur diri sendiri dan yang lebih penting, untuk menang. Beberapa teknik dasar lain dalam permainan sepak bola adalah menggiring bola, menyundul, menjebak, lemparan ke dalam, gawang, menjaga, mengoper, dll.

Baca juga Berikut Peraturan Bola Basket Yang Perlu Kamu Tahu

Teknik menendang bola sering digunakan untuk mencetak gol dan memenangkan pertandingan. Gol dicetak ketika bola melewati kiper dan garis gawang atau masuk ke dalam area gawang.

Ada berbagai jenis tendangan dalam permainan sepak bola. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • In-step Kick
  • In-side Step Kick
  • Out-step Kick.

In-side kick adalah tendangan yang paling kuat di antara semua jenis tendangan. Ketiga tendangan di atas merupakan tendangan utama dan beberapa tendangan lainnya adalah; Tendangan Kaki, Tendangan Tumit, dll. Penting untuk menjaga posisi tubuh pada posisi yang tepat saat kita akan menendang bola agar menghasilkan tendangan yang maksimal

Trapping

Trapping adalah teknik dasar sepak bola yang digunakan untuk menghentikan bola yang sedang bergerak dan juga berfungsi untuk mengontrol bola. Teknik ini dapat dilakukan dengan kaki, paha, dada, kepala, atau bagian tubuh lainnya kecuali tangan. Bola yang bergerak harus dikontrol dengan cara berada menempatkan bola di depan tubuh dan menggerakkan bagian tubuh yang akan melakukan trapping.

Ini akan membantu bola berada di bawah kendali Anda dan membantunya berhenti lebih dekat dengan tubuh. Semua pemain sepak bola harus belajar teknik trapping bola ini. Trapping dalam sepak bola berarti menghentikan bola sehingga seorang pemain dapat mengontrol bola. Trapping adalah teknik dasar dalam sepak bola, akan tetapi ini adalah salah satu keterampilan sepak bola yang paling penting untuk dipelajari.

 Jenis-Jenis trapping dalam Sepak Bola

1). Instep trapping in football

2).  Step trapping in football

3). Thigh trapping in football

4). Chest trapping in football

Tendangan pada bola dapat berupa tendangan di darat dan di udara. Teknik yang dilakukan untuk menangkap bola di darat jauh berbeda dengan bola yang melambung di udara. 

Menyundul

Teknik dasar sepak bola yaitu, teknik dasar menyundul bola yang juga sangat penting untuk menghasilkan sundulan bola yang benar. Jika keterampilan ini tidak dilakukan dengan benar, maka bisa melukai kepala dan menyebabkan kerusakan di otak Anda.

Semua pemain pemula disarankan untuk mulai menyundul bola dengan menggunakan bola voli agar lebih ringan. Selain itu, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah selalu menggunakan dahi untuk menyundul bola. Sebagian besar dari kita sering membuat kesalahan dengan menggunakan bagian atas kepala. Inilah yang sering membuat pemain menjadi cedera.

Walaupun sering terjadi, Anda harus sebisa mungkin menghindari hal ini. Kesalahan lainnya adalah kita terbiasa menutup mata pada saat menyundul bola. Hal yang perlu diingat adalah bahwa bola tidak akan pernah mengenai mata Anda meskipun  Anda menutupnya atau tidak. Insting dan refleks lah yang membuat mata kita terpejam saat menyentuh bola dengan dahi.

Baca juga 6 Peraturan Bulu Tangkis Untuk Semua Pemain

Cara menyundul bola yang benar

Cara yang baik untuk berlatih menyundul bola adalah sebagai berikut:

  • Pegang bola dengan tangan Anda dan arahkan ke atas sambil tetap memperhatikan bola dan buat sedikit benturan antar bola dengan dahi Anda.
  • Setelah melatih keterampilan ini selama beberapa waktu kemudian carilah pasangan untuk berlatih.  Salah satu pasangan harus melemparkan bola voli di atas kepala dan yang lain harus menyundul bola. Pastikan Anda tidak melemparkannya terlalu tinggi saat pertama kali.
  • Setelah Anda yakin dengan heading atau menyundul, Anda bisa mulai melakukan head juggling dengan pasangan Anda atau bahkan sendirian.
  • Menyundul merupakan teknik dasar yang cukup penting dalam permainan sepak bola. Jika Anda menuju ke gawang lawan, Anda harus menyundul bola dengan keras ke sudut gawang yang jauh dari kiper. Tetapi jika Anda ingin menyundul bola untuk mengoper ke tim, Anda harus menyundul bola ke atas dan mencoba mengirimnya sejauh mungkin.
  • Lemparkan bola ke udara atau minta seseorang untuk melemparkannya kepada Anda.
  • Tanamkan salah satu kaki Anda atau melangkah maju dan segera bola dengan dahi Anda.
  • Buka mata Anda saat Anda menyundul bola dengan dahi Anda.
  • Tutup mulut Anda dan kepalkan tangan untuk mendapatkan kekuatan lebih.

 Menggiring bola

Teknik dasar sepak bola selanjutnya yang perlu Anda pelajari adalah menggiring bola, yaitu salah satu gerakan menyerang yang paling penting dan berguna. Para pemain biasanya mencoba menggerakkan bola ke arah gawang lawan untuk mencetak gol. Proses mendorong bola dengan baik dan bergerak maju atau di dalam area permainan disebut dribbling. 

Baca juga Situs Streaming Bola Gratis Terbaik dan Terlengkap

Tujuan dari menggiring bola adalah untuk menggerakkan bola sambil menjaganya tetap terkendali dan melindunginya dari pemain lawan. Menggiring bola membantu pemain untuk memanipulasi lawan dan bergerak maju mendekati mulut gawang.

Keterampilan menggiring bola dapat ditingkatkan dengan latihan berikut.

  • Berbaris di barisan belakang sekitar 25 meter dari tiang. Jarak antara tiang dapat diatur sesuai ketersediaan lahan. Lebih baik membuat jarak sejauh mungkin.
  • Pemain yang berdiri di barisan paling akan mulai menggiring bola ke depan terlebih dahulu. Pemain memutar tiang, menggiring bola kembali ke barisan, mengoper bola ke pemain kedua, dan bergabung dengan barisan paling belakang.
  • Pemain kedua melakukan dribble yang sama, mengoper bola ke pemain ketiga, dan bergabung dengan barisan di belakang.
  • Proses ini dilanjutkan sampai semua pemain mendapat giliran.
  • Latihan ini dapat diperpanjang sesuai dengan ketersediaan waktu dan keterampilan Pesepakbola.
7 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dipahami Pemula » Blog elevenia

 Lemparan ke dalam

Jika bola keluar batas melewati garis samping, tim lawan memainkannya kembali dengan lemparan ke dalam. Untuk melakukan throw-in, seorang pemain berada di luar sideline atau touchline melempar bola ke rekan setimnya yang sedang bermain. Lemparan ke dalam dilakukan di sepanjang garis sentuh pada titik di mana bola keluar dari permainan. Bola harus dilempar dengan kedua tangan.

  • Pelempar harus menghadap ke arah lapangan. Bagian dari setiap kaki harus berada di tanah saat dia melemparkan bola, baik di belakang atau di garis sentuh.
  • Jika peraturan ini dilanggar, penguasaan bola akan diberikan kepada tim lawan untuk lemparan ke dalam.
  • Gol tidak dapat dicetak dari lemparan ke dalam.
  • Orang yang melakukan lemparan ke dalam tidak diperbolehkan memainkan bola sampai bola tersebut disentuh oleh pemain lain.

Itulah beberapa teknik dasar sepak bola yang telah dikumpukan oleh Kerdit Pintar yang wajib Anda ketahui jika ingin menjadi pemain yang profesional.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download