Tanda-tanda Hamil Muda yang Harus Anda Ketahui

09 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Tanda-tanda hamil muda adalah hal yang penting untuk diketahui sehingga Anda dapat menjaga diri dengan lebih baik lagi. Anak adalah hal yang diinginkan oleh semua orang sehingga harus dirawat dengan baik. Anda dapat menggunakan cara mudah juga. 

Merawat ibu hamil adalah hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda masih hamil muda dimana janin sangat rentan. Beberapa orang kurang hati-hati karena tidak menyadari sedang hamil. Apalagi ada banyak orang yang kurang peka terhadap kondisi diri. 

Ini Tanda-tanda Hamil Muda Penting

Tanda-tanda hamil muda memang tidak mudah diketahui. Apalagi jika Anda adalah orang yang mudah terserang masuk angin. Tentunya, hamil tidak selalu terlihat dengan perut yang membesar. Ada berbagai macam gejala lainnya yang harus Anda kenali agar tidak keliru. 

Baca juga: Jangan Salah! Ini Cara Menyimpan ASI dengan Benar 

Ada banyak tanda kehamilan yang dapat dirasakan atau terlihat dari perut. Dengan mengenali hal ini, Anda dapat melakukan pemeriksaan kepada dokter sehingga dapat memperoleh vitamin. Ada berbagai macam tindakan lainnya yang dapat mendukung kehamilan juga. 

Perut kram 

Walaupun tidak terlihat, tanda-tanda hamil muda pada perut yang akan Anda rasakan adalah perut kram. Banyak orang yang berpikiran bahwa hal ini terjadi karena sedang menstruasi. Padahal, berbeda halnya dengan perut kram pada masa datang bulan juga. 

Tidak hanya kram saja, biasanya akan muncul bersamaan dengan adanya flek darah. Hal ini menandakan implantasi, dimana sel telur dibuahi dan menempel di dinding rahim. Rasanya memang hampir sama dengan menstruasi sehingga cukup membingungkan juga. 

Jika Anda merasakan kram perut tetapi tidak ada darah yang keluar pada jadwal haid atau hanya ada bercaknya. Maka, hal ini dapat dikatakan sebagai tanda hamil muda. Tenang saja, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mengatasi kram perut. 

Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat. Anda dapat bergerak dengan pelan untuk mengatasi kram dari lambung bergas. Selain itu, coba untuk kompres perut menggunakan air hangat. Anda juga dapat berbaring dan duduk sebentar. 

Perut kembung 

Tanda-tanda hamil muda lainnya dapat dirasakan dari perut kembung. Tidak hanya merasakan perut kram saja, Anda juga akan merasa kembung. Gejala yang satu ini juga umum terjadi sehingga banyak orang yang sulit membedakan. 

Perut kembung adalah hal yang logis ketika awal kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon progesteron sehingga sistem pencernaan juga melambat. Lambatnya sistem pencernaan akan membuat makanan dan juga gas bertahan lama di perut. 

Anda dapat mengatasi hal ini dengan mudah jika tahu cara yang tepat. Cukup hindari berbagai jenis makanan yang akan membuat Anda merasa kembung. Biasanya, makanan yang wajib dihindari adalah kol kemudian kubis dan juga berbagai jenis kacang. 

Baca juga: Biaya Operasi Caesar Terlengkap 

Perut sembelit 

Masih cukup mengganggu tubuh, tidak hanya merasakan perut kram dan kembung saja. Banyak yang juga merasakan sembelit dalam awal kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pada hormon yang melambatkan sistem pencernaan seperti sebelumnya. 

Dengan begitu, Anda juga akan merasa sembelit dan tidak nyaman. Tanda-tanda hamil muda yang satu ini juga datang bersamaan dengan perut kembung. Untuk mengatasinya, Anda perlu konsumsi makanan yang mempunyai banyak serat seperti buah dan sayur. 

Perut kencang 

Anda juga akan merasakan perut yang kencang sehingga tidak nyaman. Ada beberapa perempuan yang juga merasakan sensasi lainnya seperti ditarik atau ditusuk hingga peregangan pada bagian perut. Tentunya, ada penyebab dari balik hal ini. 

Salah satu penyebabnya adalah rahim yang mengalami perkembangan. Selain itu, ligamen dan juga jaringan perut lain meregang dengan cepat. Hal ini juga terjadi untuk menyesuaikan pertumbuhan janin. Bentuk perut setiap ibu hamil juga berbeda. 

Ada beberapa orang yang langsung membesar dan terlihat buncit. Ada juga yang biasa saja tetapi perutnya keras dan kencang. Beberapa orang juga akan terlihat berlipat atau bergelambir ketika sedang duduk. Jadi, bentuk setiap orang memang berbeda juga. 

Anda juga dapat menggunakan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi perut yang terasa kencang. Biasakan untuk beristirahat dan juga meminum banyak air putih. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. 

Selain itu, gunakan langkah lainnya dengan menggerakan posisi tubuh sehingga perut akan terasa lebih relaks. Anda juga dapat menggunakan kompres hangat hingga mandi dengan air hangat. Lebih baik lagi jika Anda mengerti cara memberikan pijatan lembut yang aman. 

Perut Mual 

Tanda-tanda hamil muda lainnya yang harus Anda ketahui adalah perut terasa mual. Tanda-tanda yang satu ini banyak dirasakan ketika pagi hari sehingga dikenal dengan nama morning sickness. Namun, dapat terjadi sepanjang hari juga. Bahkan, tengah malam. 

Biasanya, orang akan merasakan tanda yang satu ini ketika sudah memasuki minggu ke 6. Namun, dapat lebih cepat daripada yang diperkirakan juga. Untuk penyebabnya juga belun diketahui secara pasti. Banyak yang mengatakan karena peningkatan hormon progesteron. 

Anda dapat menggunakan langkah mudah untuk mengatasi masalah ini dengan memperbanyak asupan cairan. Hal ini akan membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Anda juga dapat menyiapkan biskuit asin sehingga dapat dimakan dan tidak merasa mual. 

Payudara sensitif 

Ada juga hal lain yang dapat terlihat sebagai tanda kehamilan. Biasanya, semua ibu hamil merasakan payudara sensitif. Hal ini dapat terasa ketika Anda sedang menyentuh payudara. Selain itu, akan terasa jauh lebih penuh dan berat daripada biasanya. 

Tanda-tanda hamil muda 1 hari ini hampir sama dengan perubahan tanda PMS. Namun, jauh lebih berbeda jika dilihat pada bagian areola. Daerah sekitar puting susu akan menjadi lebih gelap. Hal ini juga dapat terjadi dalam waktu satu atau dua minggu. 

Sesak napas 

Beberapa orang juga mengalami gejala lainnya dimana merasa sesak napas dan banyak membuang air kecil. Hal yang satu ini juga terjadi karena berbagai macam alasan. Hal ini dapat terjadi karena akibat gejolak hormon progesteron sehingga butuh banyak udara. 

Meriang 

Tanda kehamilan lainnya juga dapat Anda lihat dari rasa meriang. Anda biasanya akan merasa sakit kepala kemudian kembung dan juga hidung tersumbat. Jangan sembarangan meminum obat dahulu. Anda dapat memeriksakan kepada dokter untuk tindakan tepat. 

Anda akan merasa sakit kepala yang sangat berat dan juga hidung tersumbat parah. Karena itu, banyak orang yang mengira hal ini dikarenakan flu. Beberapa orang lainnya juga mengalami mimisan dikarenakan hidung yang terasa kering juga. 

Suhu meningkat 

Ada juga akan merasakan hal lainnya dimana suhu meningkat ketika bangun di pagi hari. Bahkan, merasa lebih sensitif dan mood swing. 

Itulah beberapa tanda-tanda hamil muda yang harus Anda ketahui. Akan jauh lebih baik jika langsung memeriksakan kepada dokter. Dengan begitu, Anda tidak harus menebak dan akan mendapatkan perawatan yang sesuai juga. 

Baca juga: Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download