Shopee Pinjaman beserta Caranya, Pinjam Uang Langsung

19 Sep 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Kabar gembira buat sobat pintar, di tahun 2022 Shopee membuka layanan baru untuk memudahkan para penggunanya. Selain memperluas layanan dengan membuka ShopeeFood, kini perusahaan tersebut juga menawarkan layanan baru di bidang pinjaman, yaitu Shopee Pinjaman (SPinjam). 

Graphical user interface, application

Description automatically generated

Caranya pun sangat cepat dan mudah, sobat pintar hanya perlu mengaktifkan fitur Shopee Pinjaman di akun Shopee sobat. Setelah aktif, dana yang sobat butuhkan dapat langsung cair secara tunai loh!

Shopee Pinjaman (SPinjam) merupakan pinjaman tunai yang ditujukan untuk seluruh pengguna Shopee. Lantas, bedanya dengan SPayLater apa ya? Jadi, Shopee Pinjaman (SPinjam) ini dapat dicairkan ke rekening pengguna loh! 

Baca juga: Cara Mengaktifkan Shopee Paylater dan Cara Bayar

Selain itu, SPinjam mempunyai fasilitas seperti bunga rendah, pengajuan mudah, hingga cicilan bulanan. Proses pengajuannya bisa lewat aplikasi Shopee, sangat mudah bukan? 

Namun, proses pengajuannya ini memerlukan beberapa persyaratan. Nah, artikel ini akan lebih membahas tentang bagaimana tata cara pengajuan pinjaman di Shopee Pinjaman beserta pembayaran lunasnya.

Mengenal Shopee Pinjaman atau SPinjam

Shopee Pinjaman merupakan produk dari Shopee yang bekerjasama dengan PT Lentera Dana Nusantara. PT Lentera Dana Nusantara adalah pihak yang menyelenggarakan pinjaman, sobat pintar dapat melakukan pengajuan pinjaman dana mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta dengan tenor 3 bulan hingga 12 bulan. 

Jika dilihat sekilas dari sistemnya memang Shopee Pinjaman ini masuk ke dalam kategori pinjaman online, karena proses alur pendaftaran, pengajuan, hingga pencairan dilakukan secara online.

Akan tetapi, sobat pintar jangan khawatir, karena Shopee Pinjaman (SPinjam) telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga masuk ke dalam kategori pinjaman online resmi.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Shopee, Bisa Dicoba!

Sobat pintar dapat meminjam dana tunai melalui SPinjam sesuai dengan kebutuhan sobat sehari-hari, karena memang tujuan dari SPinjam adalah untuk memberikan pinjaman dana tunai dengan tujuan konsumtif. 

Pembagian Kategori Shopee Pinjaman

Perlu sobat pintar ketahui bahwa Shopee Pinjaman memiliki 2 kategori, yaitu SPinjam Pembeli dan SPinjam Penjual, perbedannya akan dibahas di bawah ini:

  • SPinjam untuk Pembeli
Bunga Shopee Pinjam Per Bulan & Cara Hitung 2022 - Proseskredit.com

Sesuai namanya, SPinjam kategori pembeli ditujukan untuk pengguna Shopee secara umum. Layanan SPinjam ini dapat digunakan oleh semua orang yang memiliki akun Shopee, tetapi dengan catatan bahwa histori penggunaannya harus bagus, termasuk tidak pernah telat membayar tagihan fitur lain (SPayLater). Singkatnya, layanan SPinjam Pembeli dapat digunakan oleh semua orang dengan catatan khusus untuk mendapatkan pinjaman tunai.

  • SPinjam untuk Penjual
Logo

Description automatically generated with low confidence

SPinjam Penjual hanya ditujukan untuk pengguna yang memiliki toko di Shopee. Tidak jauh beda dengan SPinjam Pembeli, SPinjam Penjual juga harus memenuhi kriteria tertentu, seperti reputasi toko yang baik. SPinjam Penjual adalah pinjaman dana tunai produktif atau untuk modal usaha, berbeda dengan SPinjam Pembeli yang hanya ditujukan untuk kebutuhan sehari-hari (konsumtif).

Seperti halnya pinjaman dana lainnya, SPinjam ini juga mewajibkan sobat untuk membayar tagihan uang pinjaman dengna tepat waktu. SPinjam memiliki suku bunga terkecil, yaitu sebesar 2,45%. 

Apabila sobat telat membayar tagihan Shopee Pinjaman, maka sobat akan dikenakan denda 5% dari jumlah pinjaman. Tentu sobat tidak ingin terjadi hal semacam in ikan?

Oleh karena itu, gunakan fitur SPinjam secara baik dan bijak, agar sobat tidak melakukan penarikan berlebihan yang justru akan merugikan sobat.

Baca juga: Melihat Untung Rugi Pinjam Uang Secara Online

Tambahan informasi, fitur Shopee Pinjaman tidak semua dapat digunakan oleh pengguna Shopee, ada faktor-faktor selain dari reputasi maupun ketepatan waktu membayar. Faktor lain tersebut adalah: lokasi domisili yang kurang mendukung hingga pengguna yang jarang melakukan aktivitas di Shopee (aktivitas jual-beli).

Bagaimana Cara Menggunakan Shopee Pinjaman? 

Sobat pintar dapat melakukan pengajuan Shopee Pinjaman melalui aplikasi Shopee, namun sekali lagi ada catatan, yaitu sobat pintar wajib tidak memiliki riwayat keterlambatan dalam membayar tagihan SPayLater atau fitur lain. Berikut tata cara aktivasi SPinjam di akun Shopee sobat:

Pastikan sobat persiapkan beberapa syarat di bawah ini, karena sobat wajib memenuhi persyaratan sebelum mengaktifkan fitur SPinjam.

  • Persyaratan yang harus dipenuhi ketika mendaftar SPinjam:
  1. E-KTP
  2. Rekening bank aktif
  3. Nomor ponsel darurat yang bisa dihubungi (2 nomor)
  • Tata Cara untuk Mengaktifkan SPinjam:
  1. Sobat buka aplikasi Shopee
  2. Sobat klik “tab Saya” lalu klik ShopeePinjaman
  3. Klik “Aktifkan Sekarang”
  4. Sobat masukkan nomor ponsel yang masih aktif, jika sudah tekan lanjutkan
  5. Tunggu verifikasi terkirim ke nomor sobat, jika sudah masuk maka masukkan kode verifikasi tersebut dan tekan lanjut
  6. Isi data kontak darurat
  7. Jika sudah, akan muncul “Mulai Verifikasi Wajah”, silahkan sobat tekan tombol yang tertera
  8. Pastikan pencahayaan bagus, arahkan kamera ke wajah
  9. Silahkan sobat tunggu sampai notifikasi persetujuan aktivasi muncul

Itu tadi syarat-syaratnya, apabila sobat berhasil mengaktifkan SPinjam, maka kini sobat dapat menggunakan SPinjam untuk mendapatkan pinjaman dana. Tetap gunakan secara baik dan bijak, alangkah baiknya jika digunakan dalam kondisi darurat saja.

Cara Pinjam Uang di SPinjam: 

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Sobat klik tombol tab Saya, lalu klik Shopee Pinjam.
  3. Lalu klik Ajukan
  4. Silahkan sobat memilih Jumlah Pinjaman sesuai nominal
  5. Pilih Durasi Pinjaman.
  6. Selanjutnya silahkan sobat memilih rekening bank yang akan digunakan untuk menerima pinjaman tunai, setelah itu klik “lanjutkan”
  7. Klik “Ajukan Sekarang”
  8. Masukkan PIN ShopeePay sobat
  9. Nah apabila SPinjam telah disetujui, maka sobat akan mendapatkan notifikasi jika pengajuan berhasil. Dana akan langsung ditransfer ke rekening yang sobat pilih, durasi transfer maksimal 2 hari kerja.

Apabila sudah ditransfer, maka sobat perlu untuk mengetahui tanggal jatuh temponya, agar tidak terkena denda maupun sanksi. Pokoknya jangan sampai sobat lupa kewajiban untuk membayar tagihan ya! 

Selanjutnya, akan membahas tentang bagaimana tata cara membayar tagihan di SPinjam, berikut urutannya:

  • Cara Membayar Tagihan di SPinjam:
  1. Silahkan sobat buka aplikasi Shopee
  2. Lalu tekan tab Saya, klik Shopee Pinjam
  3. Ada tombol Bayar, silahkan klik
  4. Masukkan nominal pembayaran sesuai dengan tagihannya ya sobat
  5. Jika sudah, maka pilih metode pembayaran
  6. Selanjutnya tinggal tekan “Bayar Pinjaman”, selesai deh

Bagaimana sobat pintar? Apakah sobat tertarik untuk menggunakan layanan Shopee Pinjaman ini? Berkali-kali Kredit Pintar ingatkan untuk mempergunakan fitur SPinjam secara baik dan bijak ya sobat, agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan, seperti terkena denda atau hal lain. Nah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan baru tentang SPinjam beserta tata caranya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download