Sejarah ATM Link : Temukan 4 Fungsi dan 3 Ciri-cirinya di Fasilitas Umum

15 Jun 2021 by kreditpintar
Sejarah ATM Link : Temukan 4 Fungsi dan 3 Ciri-cirinya di Fasilitas Umum

Transaksi perbankan kini sudah lebih gampang dengan adanya ATM yang tersedia di mana-mana. Jadi, tak perlu lagi datang ke kantor bank hanya untuk melakukan transaksi yang nominalnya kadang tak seberapa. Selain ATM biasa yang khusus untuk bank tertentu, biasa yang sering kita jumpai adalah ATM Link. Di mana ATM ini ada karena hasil dari penyatuan 4 bank BUMN demi mempermudah transaksi dan lebih efisien.

Kini, ATM tersebut juga memberlakukan biaya transaksi kepada para penggunanya, padahal dulunya transaksi bisa dilakukan secara gratis. Adapun transaksi untuk cek saldo akan dikenakan biaya sebesar 2.500 rupiah, sementara transaksi tarik tunai akan dikenakan sebesar 5.000 rupiah dan transfer antar bank sebesar 4.000 rupiah. Sebenarnya, dulu ATM Bank Himbara ini tidak mengenakan biaya apapun untuk tarik tunai dan cek saldo, sehingga dengan adanya kebijakan baru ini menuai beragam pro dan kontra dari para nasabah.

Bagaimana Sejarah Berdirinya ATM Link?

ATM ini juga tidak langsung ada begitu saja, ada sejarah yang mungkin juga membuat Sobat Pintar bertanya-tanya. Dulunya didirikan pada sekitar tahun 2015 tepatnya pada tanggal 21 bulan Desember. Adapun penyatuan dari 4 bank BUMN seperti BRI, BNI, BTN dan juga Mandiri ini dilakukan dengan tujuan tertentu yakni demi efisiensi bagi para nasabah, memenangkan persaingan yang ada di pasaran dan juga menguntungkan bagi nasabah itu sendiri.

Adanya penggabungan akan membuat biaya operasional menjadi semakin lebih hemat, dikarenakan pengelolaannya dilakukan secara bersama-sama oleh 4 bank yang bersangkutan. Adapun konon biaya yang dihemat bisa sampai 6,8 triliun per tahunnya saja. Biaya pengelolaan yang dimaksud disini tentu saja untuk kertas struk, listrik, pendingin udara hingga untuk biaya perbaikan.

Pada awal berdirinya, ATM yang dulunya dikenal sebagai ATM Himbara ini masih beroperasi di sekitaran DKI Jakarta, tapi kini bahkan sudah tersebar luas hingga ke pelosok daerah. Setidaknya ada kurang lebih 53 ribu jaringan yang sudah ada di seluruh Indonesia dan membantu mempermudah para nasabah 4 bank tersebut untuk melakukan transaksi.

Apa Saja Fungsinya?

Jika berbicara tentang manfaat, maka bisa dibilang ATM ini tak berbeda dengan mesin ATM yang biasa. Adapun inilah beragam manfaat yang bisa Sobat Pintar coba di ATM Bank Himbara ini.

1. Setor Tunai Uang Tabungan

Untuk setor dulunya kita harus pergi ke kantor bank terdekat dengan membawa buku tabungan, akan tetapi dengan hadirnya mesin ATM hal itu sudah tidak diperlukan lagi. Kecuali nominal yang disetorkan jumlahnya sangat besar. Tapi jika hanya sedikit, maka menggunakan mesin ATM juga bisa dilakukan. ATM Himbara ini juga memiliki manfaat sebagai tempat untuk setor tunai tabungan tanpa harus pergi jauh-jauh ke bank dan menunggu di antrian.

2. Tarik Tunai Kapan Saja

Sebelum adanya mesin ATM, untuk melakukan tarik tunai tentunya kita harus menunggu agar bank buka terlebih dahulu, karena kantor bank akan ditutup jika jam kerja sudah usai. Tapi dengan adanya ATM Link melakukan transaksi tarik tunai ini semakin mudah, bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam penuh. Tentu sangat mempermudah jika nasabah sedang membutuhkan uang untuk keperluan mendesak.

3. Membayar Berbagai Tagihan dan Membeli Produk

Sama seperti mesin ATM pada umumnya, Sobat Pintar juga bisa membayar sejumlah tagihan lewat ATM berlogo Link. Misalnya saja tagihan listrik, kartu kredit, tv kabel, internet dan berbagai tagihan lainnya. Sehingga Sobat Pintar pun bisa membayar semua tagihan dengan tepat waktu. Sobat Pintar juga bisa melakukan transaksi pembelian produk sepeda pulsa, token listrik, sampai pada tiket pesawat dengan mesin satu ini.

4. Untuk Mentransfer Uang

Selain 3 hal di atas, manfaat paling umum dari ATM berlogo Link ini adalah untuk transfer uang ke sesama bank atau ke antar bank. Terutama jika di daerah tertentu tidak ada ATM bank khusus, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Link ini.

Mengenali Ciri-ciri dari ATM Ini

Selain mengetahui manfaat dari ATM tersebut, Sobat Pintar juga mesti mengetahui apa saja ciri-ciri ATM ini agar tidak salah mengenali. Kebanyakan orang masih bingung mengenali mana ATM khusus dari bank tertentu dan mana yang berasal dari bank Himbara. Berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa Sobat Pintar jadikan patokan apabila ingin mencarinya.

1. Dari segi warnanya

Warna ATM Himbara memang bisa dibilang cukup mencolok, karena mengambil perpaduan antara warna merah dan putih seperti bendera Indonesia. Tapi tak semuanya yang berwarna merah dan juga putih merupakan ATM ini, tapi ada juga bank lain yang menggunakan warna tersebut pada mesin ATM mereka. Sehingga Sobat Pintar harus membaca dulu namanya sebelum masuk dan melakukan transaksi agar tidak salah.

2. Adanya logo bank Himbara

Selain warna, hal paling mudah yang akan Sobat Pintar temukan pada mesin ATM satu ini adalah logo 4 bank yang bekerja sama, yaitu BTN, BRI, BNI dan juga Mandiri. Jika mendapati ada logo 4 perusahaan tersebut di layarnya, maka bisa dipastikan jika itu adalah ATM Link, sehingga Sobat Pintar bisa segera bertransaksi.

3. Logo Link Pada Struknya

Setelah selesai melakukan transaksi seperti misalnya tarik tunai, maka biasanya akan muncul struk sebagai bukti dari transaksi tersebut. Adapun ketika melakukan transaksi di ATM ini, maka akan ada logo Link yang tertera di struknya.

Itu beberapa hal yang semestinya Sobat Pintar ketahui tentang ATM dengan logo Link ini. Tersebarnya mesin ATM ini di seluruh wilayah Indonesia memang mempermudah transaksi, tapi karena ada pemberitaan mengenai tarif transaksi yang berubah, banyak pengguna yang mulai protes. Sebab, jika dibebankan tarif maka saldo akan terus berkurang dan ini merugikan bagi nasabah sendiri. Namun, tak ada yang bisa dilakukan jika itu memang sudah menjadi kebijakannya.

Kemudahan dalam transaksi perbankan memang sangat membantu bagi para masyarakat, apalagi kini banyak sekali orang-orang yang menggunakan rekening untuk pekerjaan mereka. Misalnya saja sebagai pemilik toko online, dengan adanya rekening dan mesin ATM di mana-mana, maka tidak perlu ribet apabila ingin menerima transferan dari pelanggan yang lokasinya jauh.

Namun, meski transaksi menggunakan ATM dengan logo Link terbilang mudah, tetap ada batasan nominal penarikan tunai atau transaksi pengiriman uang di ATM tersebut. Misalnya saja untuk tarik tunai sangat dibatasi hanya 10 juta saja. Hal ini tentunya demi keamanan dan juga kenyamanan dari nasabah itu sendiri. Ada baiknya jika memang ingin menarik dalam jumlah besar langsung saja datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan.

Itulah sekilas penjelasan tentang sejarah, fungsi dan juga ciri-ciri yang perlu Sobat Pintar ketahui. Dengan memahami informasi ini, tentunya Sobat Pintar tidak perlu bertanya-tanya lagi apabila setiap penggunaannya dilakukan tarif.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload