Sedang Menuju Hari Pertama Kerja? Simak Tips yang Bisa Menunjang Performa Kalian!

29 Apr 2021 by kreditpintar
hari pertama kerja

Sekarang kalian sudah selamat dari pencarian kerja yang sangat menyusahkan dan telah mendapatkan pekerjaan baru yang cemerlang. Nah, sekarang kalian harus bagaimana? Bersiap diri untuk hari pertama kerja memang mendebarkan. Tapi, kalian pasti bisa melaluinya.

Antara stres mempersiapkan wawancara, menjawab pertanyaan sulit dan harus “menjual” cerita kalian, mendapatkan pekerjaan impian memang bukanlah hal yang mudah. Sekarang kalian sudah bisa bertenang diri, karena bagian yang sulit sudah berakhir. 

Sekarang kalian bisa hidup dari usaha kalian sendiri, bukan dari pinjaman uang teman, saudara, atau keluarga. 

Kesan pertama benar-benar berpengaruh terhadap image, jadi penting bagi kalian untuk menyelesaikan hari pertama di tempat kerja seperti saat kalian melakukan pencarian kerja. 

Di bawah ini adalah beberapa tips utama kami tentang mempersiapkan diri di hari pertama kerja, yang akan membantu kalian memulai hari pertama dengan mudah.

Tips Masuk Kerja di Hari Pertama

Buatlah rutinitas pagi yang baru

Pekerjaan baru membutuhkan sebuah rutinitas baru, seperti pengaturan jadwal kerja, perjalanan, atau budaya kerja. Karena itulah, hari pertama kerja ini adalah peluang bagus untuk menekan tombol “Reset” di kehidupan kalian. 

Jika kalian terbiasa melewatkan sarapan, kini cobalah memasukkannya ke dalam rutinitas pagi kalian yang baru. Pertimbangkan untuk berolahraga sebelum bekerja atau bahkan hanya meluangkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk berelaksasi. 

Memiliki rutinitas yang kalian sukai dan konsisten untuk menjalankannya pasti mempengaruhi kebahagiaan kalian secara keseluruhan. Jadi, jadikanlah ini sebagai kesempatan untuk memulai pagi dengan langkah yang lebih baik.

Datanglah lebih awal (tetapi tidak terlalu dini)

Meskipun kalian tentu ingin datang tepat waktu di hari pertama, pergi ke kantor terlalu awal berpotensi mengganggu tidak hanya jadwal kalian, tetapi juga orang lain. Jadi, siapkan diri kalian dulu sebelum berangkat kerja. Akan lebih bagus jika kalian datang lebih awal daripada datang tepat waktu.

Aturan yang paling baik adalah mencoba datang 15 menit lebih awal dari waktu mulai yang disepakati dengan manajer. Hal ini tentu akan menunjukkan antusiasme kalian dalam bekerja. Bahkan, apabila kalian lebih awal datang tepat waktu, mungkin akan ada poin rewards tersendiri dari manager kalian.

Gunakan pakaian rapi

Kalian mungkin sudah pernah ke kantor untuk wawancara, jadi paling tidak kalian sudah memiliki sedikit gambaran tentang kode berpakaian di kantor tersebut. Meskipun kalian pasti ingin merasa nyaman, yang terbaik adalah bermain aman, dengan memakai pakaian rapi saat bekerja di hari pertama.

Tentu kalian tidak ingin selamanya dikenal sebagai orang yang muncul dengan celana pendek yang lucu atau setelan three-piece pada hari pertama mereka, jadi pastikan untuk menemukan gaya berpakaian yang pas untuk di kantor.

Jangan Malu Bertanya

Karyawan baru harus banyak belajar, dan mengajukan pertanyaan sekarang akan membantu kalian menghindari kesalahan di masa depan. Misalnya, kalian mungkin perlu menanyakan tugas mana yang harus kalian prioritaskan terlebih dulu. 

Bersikap ingin tahu juga menunjukkan bahwa kalian benar-benar ingin berhasil dengan baik di posisi baru kalian. Maka dari itu, jangan malu bertanya ya!

Hari pertama kerja memang butuh persiapan, yang terkadang bisa bersifat mendadak. Apabila kalian membutuhkan dana cepat, kalian bisa mengandalkan salah satu aplikasi pinjaman uang online bernama Kredit Pintar.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa segera mendapatkan dana cepat yang akan cair kurang dari 5 menit. Jadi, kalian bisa langsung menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan kerja. Dengan Kredit Pintar, masalah finansial kalian akan terjawab dengan mudah dan pas.

kredit pintar