Salep Luka Bakar Yang Efektif dan Untuk Anak

06 Nov 2023 by kreditpintar, Last edit: 10 Nov 2023

Untuk Ayah Bunda sekalian jangan langsung panik ketika anak mengalami luka akibat benda panas. Daripada harus panik, lebih baik untuk cepat tanggap dengan mengoleskan salep luka bakar untuk anak. 

salep luka bakar

Ketika si kecil meringis kesakitan akibat luka bakar ia alami, kita sebagai orang tua jangan ikut bingung apalagi panik. Kita bisa langsung kasih pertolongan pertama untuk meredam rasa sakit yang anak rasakan akibat luka bakar tersebut.

Berikut panduannya khusus untuk Ayah Bunda sekalian.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, dan Ciri Demam Berdarah

Pertolongan pertama menangani luka bakar pada anak

  1. Tenangkan mereka

Ini adalah penanganan utama saat si kecil mengalami luka bakar. Dengan mengontrol suasana agar tetap tenang, buat anak paham bahwa luka yang ia alami tidak separah yang ia bayangkan.

Untuk meminimalisir rasa panik sang anak, Ayah Bunda juga bisa menghiburnya dengan memberitahu kalau luka tersebut bisa diobati dan segera sembuh.

  1. Alirkan air dingin pada luka

Hal berikutnya yang harus Ayah Bunda lakukan adalah mengalirkan air dingin pada lokasi luka. Alirkan air dingin pada luka bakar selama 15 menit, maka sensasi panas yang akan dirasakan si kecil akan berubah.

Hal tersebut tentu bisa mengurangi rasa panas dan perih pada area luka. Walaupun cuma sesaat, usaha ini cukup ampuh untuk si kecil setidaknya bisa berhenti menangis. Jika si anak sudah tenang tentu akan lebih mudah untuk Ayah Bunda memberikan salep luka bakar pada lukanya.

  1. Jangan oleskan pasta gigi

Ini adalah salah satu mitos yang tanpa alasan namun terlanjur telah menyebar luas. Menjadikan pasta gigi sebagai solusi pengganti salep luka bakar adalah hal yang keliru.

Meskipun memberi sensasi yang menyegarkan, memberi pasta gigi untuk luka bakar nyatanya bisa menyebabkan iritasi dan infeksi lebih serius. Jadi sebaiknya kita hindari ini apalagi untuk si buah hati.

  1. Lebih baik oleskan madu

Madu nyatanya bisa dijadikan pertolongan alternatif dalam mengobati luka bakar ringan si buah hati. Madu yang memiliki kandungan zat antibakteri, anti-inflamasi, dan antijamur yang tinggi bisa dijadikan solusi kedua jika dirumah tidak ada salep luka bakar.

Salep luka bakar sangat berperan penting untuk meredam rasa sakit dan panas yang anak rasakan.

Namun, kita juga harus teliti saat memilih salep luka bakar untuk anak. Karena, jika tidak cocok dengan kulit mereka yang sensitif justru bisa semakin memperparah kondisi si buah hati.

Oleh karena itu, sebagai orang tua baiknya kita pahami dulu mengenai level salep luka bakar. Serta apa jenis salep luka bakar yang cocok untuk si kecil. Simak informasinya di bawah ini!

Level luka bakar dan penyebabnya

Setelah sebelumnya memahami tahap pertolongan pertama untuk menangani luka bakar pada anak. Ayah Bunda juga harus memahami level dan penyebab luka bakar.

Luka Bakar Level 1

Biasa disebut dengan superficial burn. Level luka bakar ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Level luka bakar ini cuma berdampak di lapisan luar kulit.

Gejala dari luka bakar level 1 yakni kulit kering dan memerah dibarengi rasa perih. Namun, Ayah Bunda tak perlu khawatir berlebih karena luka bakar level 1 bisa sembuh total dalam jangka waktu 1 minggu. Dengan penggunaan salep luka bakar bisa membantu mempercepat penyembuhan luka bakar level 1.

Luka Bakar Level 2

Biasa disebut dengan superficial partial-thickness burn. Luka bakar yang satu ini adalah level sedang. Karena biasanya menembus hingga ke bagian dermis lebih dalam.

Luka bakar level 2 pada si kecil bisa membuat kulitnya lecet, melepuh, hingga bengkak. Penyebab yang bisa menimbulkan luka bakar level 2 pada si anak antara lain tersiram air panas mendidih atau terciprat minyak goreng panas.

Meski begitu, luka bakar level 2 masih bisa ditangani secara manual dengan mengikuti saran dokter. Dengan kurun waktu kurang lebih 3 minggu, luka bakar level 2 bisa sembuh.

Luka Bakar Level 3

Biasa disebut dengan full thickness burn. Ini adalah luka bakar dengan derajat terparah. Luka bakar tersebut biasanya terjadi akibat benda panas mengenai kulit pada waktu yang lama serta merusak jaringan kulit secara menyeluruh.

Baca juga: Aturan Cara Buat Oralit yang Benar di Rumah

Salep Luka Bakar Yang Pas Untuk Anak

Sebagai langkah preventif terhadap kejadian yang tidak diinginkan. Sebaiknya kita mesti menyimpan salep luka bakar untuk anak di rumah. Jika belum punya, kami memiliki rekomendasi merk salep luka bakar yang terbaik untuk si buah hati.

  1. Mebo Oint 20 gr

Mebo Oint 20 gr ialah merk salep luka bakar yang pas untuk anak yang wajib ada di rumah. Dengan kandungan yang kaya beeswax, minyak wijen, dan beta-sitosterol. Salep luka bakar merk Mebo terbukti aman untuk digunakan di semua kalangan usia..

Para ahli yakin bahwa merk salep luka bakar dengan kandungan beta-sitosterol bisa menyembuhkan luka bakar tanpa bekas dan lebih cepat. Salep merk Mebo juga termasuk salep dengan kontraindikasi rendah.

Salep luka bakar merk ini sangat cocok untuk anak pada proses penyembuhan level luka bakar 1 dan 2. Salep Mebo hadir untuk Ayah Bunda dengan kisaran harga Rp160.000-an.

  1. Bacitracin

Bacitracin adalah merk dengan kandungan antibiotik tinggi. Salep luka bakar ini diyakini bisa mencegah serta mengobati infeksi kulit si anak sebagai salah satu akibat luka bakar.

Salep Bacitracin sangat direkomendasikan untuk anak dengan luka bakar level 1. Merk yang satu ini meskipun hadir di apotek terdekat, Ayah Bunda juga lebih baik tetap ikuti resep dokter.

Efek samping dari merk ini adalah umumnya berupa rasa gatal dan munculnya ruam pada kulit. Harga salep merk Bacitracin adalah mulai dari Rp98.000.

  1. Mafenide Acetate

Mafenide Acetate juga bisa  menjadi merk salep yang cocok untuk luka bakar pada anak. Dengan mengoleskan salep merk ini pada anak, maka bisa mengurangi risiko penyebaran bakteri pada kulit.

Salep luka bakar untuk anak merk ini juga ampuh untuk mengobati infeksi yang terjadi pada luka bakar level 3. Meski begitu, salep luka bakar merk Mafenide Acetate akan sulit dicari di apotek. Karena penggunaannya wajib disertai resep dokter.

Salah satu efek samping untuk si kecil setelah penggunaan salep ini ialah muncul tanda-tanda kemerahan pada kulit. Namun, tidak harus khawatir karena itu merupakan reaksi wajar.

Baca juga: Ada Masalah Penglihatan? Ini Biaya Lasik Mata

Itulah beberapa rekomendasi merk salep luka bakar yang perlu diketahui saat anak menderita luka bakar. Mesti diperhatikan bahwa sebelum mengoleskan salep pada anak, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau apoteker.

Lalu jika sudah memberi salep luka bakar pada anak namun gejalanya tak kunjung membaik. Maka segeralah laporkan ke dokter guna diberikan penanganan yang lebih tepat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Nov 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download