5+ Resep Diet Sehat untuk Hidup Lebih Berkualitas

19 Mar 2021 by Laruan, Last edit: 24 Mar 2022

Banyak orang yang masih malas melakukan diet karena belum siap untuk membatasi makan. Tapi sebenarnya kamu gak perlu takut, karena kamu tetap bisa makan enak dengan tetap menjalani program diet. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat resep diet sehat dan membuat menu makanan diet yang tidak hanya sehat, tetapi juga enak.

Banyak program diet sehat yang sebenarnya salah namun masih banyak orang percaya, seperti diet hanya minum air putih saja atau diet tidak makan karbohidrat.

Kalau kamu masih berprinsip diet semacam itu akan berhasil, itu salah besar! Tubuh kamu tetap butuh asupan gizi yang jika tidak terpenuhi maka tubuh akan drop. Akibatnya aktivitas kamu terganggu dan program diet pun gagal.

Banyak bahaya yang diakibatkan dari program diet ekstrem. Alih-alih melakukan diet ekstrem, kamu dapat coba beberapa resep masakan yang dapat membantu program diet.

Mengapa Memilih Resep Diet Sehat?

Resep diet sehat menjadi cara yang dapat dilakukan agar kamu dapat menurunkan berat badan dengan cara menyenangkan. Resep diet sehat ini terdiri dari menu makanan diet yang memiliki kalori yang rendah. Jadi, dengan menu makanan diet sehat ini, kamu dapat mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh kamu.

Resep diet sehat ini menjadi pilihan banyak pejuang diet karena ini akan membantu pejuang untuk lebih mudah mengatur kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kamu juga bisa membuat resep diet sehat dengan menu makanan diet yang ada di bawah ini:

Baca Juga: 11 Pilihan Makanan Pengganti Nasi, Cocok untuk Diet

Resep Diet Sehat yang Bisa Diikuti

Berikut beberapa resep diet sehat yang dapat kamu ikuti untuk membantu mensukseskan diet kamu:

  1. Resep Diet Sehat Dada Ayam Brokoli Saus Teriyaki

Resep masakan ini cocok untuk diet karena bahannya yang sehat. Dada ayam dipilih karena kaya protein, vitamin E, dan asam amino. Selain itu, dada ayam juga diklaim mengandung lemak yang cukup rendah.

Kandungan karbohidrat yang baik dan kaya serat menjadikan brokoli sayuran yang cocok untuk program diet. Brokoli juga dapat dapat menekan nafsu makan, lho. Bahan yang harus kamu siapkan adalah dada ayam, brokoli, saus teriyaki, saus tiram, kecap dan minyak. 

Setelah itu tumis dada ayam yang sebelumnya telah dipotong-potong dan dimarinasi dengan brokoli, beri saus teriyaki, saus tiram dan kecap lalu sajikan.

Baca Juga: 3 Tips Diet yang Sehat dan Aman untuk Kamu Coba!

  1. Menu Makanan Diet dari Oatmeal

Oatmeal dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan karena mengandung kalori dan lemak yang rendah. Resep masakan untuk oatmeal sangat bervariasi, kamu dapat mengolahnya dengan buah, sayuran, telur dan ikan.

Kamu juga bisa mengonsumsi oatmeal saat sarapan untuk menekan rasa ingin makan sampai siang hari. Menunya sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan oatmeal, yoghurt dan pisang. Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan ketiga bahan tersebut dan jadi deh.

  1. Urap sayur

Resep masakan untuk diet ini berbahan dasar sayur-sayuran yaitu kacang panjang, tauge, labu dan bayam. Semua sayuran yang telah direbus lalu disajikan dengan bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan. Sayur-sayuran ini dapat membantu kamu untuk mendapat bentuk badan ideal karena kaya akan serat yang baik tubuh.

  1. Avocado Toast

Memiliki kandungan niasin, asam folat, magnesium, kalium, dan beragam vitamin lainnya menjadikan alpukat sebagai buah yang dapat menurunkan berat badan, juga dapat membuat perut lebih kenyang.

Alpukat memiliki lemak sehat yang baik untuk tubuh karena dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Resep masakan yang bisa kamu buat dari bahan dasar alpukat adalah avocado toast.

Bahan:

Alpukat

Roti gandum

Telur

Langkah:

Pertama, panggang roti gandum.

Kedua, angkat roti apabila warna telah berubah kecokelatan dan teksturnya mengeras.

Ketiga, buat telur mata sapi.

Keempat, taruh telur mata sapi di atas roti dan jangan lupa sebelumnya tambahkan alpukat.

  1. Sayur Bayam Kecambah

Resep selanjutnya yang dapat kamu lakukan sebagai menu makanan diet yang sehat adalah sayur bayam kecambah. Untuk membuat sayur bayam kecambah ini cukuplah mudah.

Kamu hanya membutuhkan bahan bayam dan kecambah, dengan bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, sedikit garam, dan kamu bisa menggunakan olive oil untuk menumis. Cara memasaknya juga sangat mudah yakni seperti menumis sayur lainnya.

Tuangkan olive oil atau minyak zaitun ke atas wajan dan tuangkan satu per satu bumbu hingga tercium wangi. Jangan lupa untuk gunakan api kecil agar sayuran yang kamu masak tidak kehilangan gizinya.

Setelah itu, kamu bisa memasukan sayuran bayam dan kecambah, kemudian tambahkan garam dan air. Tunggu hingga bayam dan kecambah layu, kemudian sajikan di atas piring. Kamu bisa menggunakan nasi merah untuk menu makanan diet bersama sayur bayam kecambah ini.

  1. Ramen Diet

Kata siapa waktu diet sehat, kamu tidak bisa mengonsumsi ramen? Kamu bisa lho membuat ramen diet dengan resep diet sehat yang akan dijelaskan di sini.

Untuk membuat ramen diet, kamu membutuhkan jahe yang diiris kecil, 6 siung bawang merah, 5 cabai, kecap asin, garam, gula pasir sebanyak 1 sendok teh, penyedap masakan, air, dan fiber krim.

Untuk melengkapi resep diet sehat ramen ini, kamu bisa menggunakan sawi, telur rebus, wortel, dada ayam, jagung manis, tahu, dan juga mie. Sedangkan, untuk memasaknya kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Rebuslah air hingga mendidih, kemudian masukan ayam dan tambahkan kecap asin;
  2. Cacah bumbu-bumbu yakni bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kemudian masukan ke dalam rebusan ayam;
  3. Tiriskan ayam yang sudah direbus. Saring air, lalu blender bawang dan cabai;
  4. Masak kembali kuahnya, kemudian masukan bawang dan cabai yang sudah diblender;
  5. Masukan pelengkap ramen diet lainnya;
  6. Tuang fiber krim.

Baca Juga: Berbagai Jenis Kue Korea yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Bisnis Menu Makanan Diet, Kenapa Tidak?

Tidak hanya untuk dikonsumsi pribadi, namun kamu juga dapat mencoba bisnis makanan dengan resep diet sehat yang telah dijelaskan di atas. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download