Rekomendasi Aplikasi Kasir yang Terbaik untuk Bisnismu

01 Sep 2021 by Laruan

Setiap pelaku bisnis tentunya berusaha efisien dalam mengalokasikan sumber daya agar usahanya berjalan lancar dengan dana yang seminim mungkin. Pencatatan penjualan dan proses penghitungan transaksi adalah hal rutin dilakukan pemilik saat menjalankan operasional bisnis. Peranan kasir dalam hal ini sangat penting, yang mana kebanyakan pemilik usaha menggunakan mesin kasir. Tapi, mesin kasir belum mempunyai sistem terintegrasi, yang membuat pemilik bisnis harus meluangkan waktu secara khusus untuk mengecek data manual setiap hari. Hal itulah yang kemudian mendorong banyak orang untuk berganti memakai aplikasi kasir.

Rekomendasi Aplikasi Kasir yang Terbaik untuk Bisnismu

Aplikasi kasir online atau aplikasi POS (Point of Sale) adalah suatu sistem aplikasi untuk pencatatan transaksi penjualan dan stok barang otomatis dengan koneksi internet. Pada mulanya aplikasi seperti ini hanya dipakai pelaku usaha kuliner. Tapi sekarang sudah makin banyak pelaku bisnis di bidang lainnya yang juga menggunakan.

Apa Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Bisnis?

Pada umumnya kasir akan melakukan pencatatan produk, penghitungan biaya, dan transaksi keuangan. Dengan sebuah aplikasi POS yang lebih canggih, bisa juga dilakukan pelacakan inventaris, membuat daftar pesanan otomatis, dan mengetahui tentang para pelanggan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa memegang kendali penuh untuk bisnismu. Dengan kecanggihan dari aplikasi itulah, operasional bisnis lebih terbantu. Sebelum kita temukan contohnya, bisa ketahui dulu keuntungan menggunakan aplikasi kasir seperti berikut ini.

1. Manajemen Persediaan

Manajemen persediaan seringkali memakan banyak waktu. Untuk beberapa orang, hal itu sangat tidak mudah. Produk tertentu memiliki beragam warna, ukuran, rasa, dan keunikan lain. Dengan sistem yang mengontrol penjualan dan pembelian yang sangat akurat, maka pemilik usaha bisa tahu seberapa banyak stok atau persediaan produk yang dimiliki. Urusan kategori produk sesuai dengan nama, brand, supplier, kode, warna, dan kategori lain bisa mudah terkelola. 

Bahkan tidak hanya itu, karena kamu juga bisa lakukan perhitungan inventaris di toko online dengan persediaan di gudang dan menyesuaikan katalog produk. Adanya manajemen persediaan juga bisa menghemat dalam penghitungan ulang, karena catatannya sudah akurat. Strategi untuk manajemen persediaan ini juga akan membantu menghemat budget yang mungkin terbuang gara-gara produk belum laku.

2. Melacak Penjualan dari Jarak Jauh

Manfaat aplikasi kasir yang satu ini sangat cocok untuk era digital seperti sekarang. Bahkan jika kamu tidak ada di toko, tetap bisa memantau dari jarak jauh untuk tahu seluruh transaksi. Ini terkait laporan real time dari seluruh penjualan, laba bersih, transaksi setiap karyawan yang sedang bertugas, dan masih banyak lagi. Aplikasi kasir memungkinkan untuk hal tersebut jadi kamu bisa melihat yang dibutuhkan, entah dari manapun berada, termasuk saat sedang libur. Bukankah ini sangat memudahkan pelaku bisnis agar bisa tetap memiliki waktu istirahat dan berkumpul dengan keluarga?

3. Aplikasi Kasir Meningkatkan Efisiensi

Dibanding mesin kasir manual, aplikasi POS jelas lebih efisien dan hemat waktu. Jadi customer dan pemilik usaha bebas dari stres. Aplikasi kasir memungkinkan setiap bagian proses penjualan berlangsung lebih cepat. Tidak perlu lagi menuliskan di lembaran kertas dan menjumlahkan di kalkulator. Tanpa perlu alat tambahan, pekerjaan para staf jadi lebih mudah. Bukan hanya untuk hari ini, tapi juga untuk kemajuan jangka panjang.

4. Konsistensi dalam Hal Harga

Untuk yang sering mengoperasikan usaha skala besar atau di banyak lokasi, masalah harga di seluruh outlet bisa menjadi persoalan. Harga yang tidak konsisten akan membuat pelanggan atau konsumen akan meninggalkan. Tapi, dengan aplikasi, pemilik bisnis bisa mengakses basis data produk, mengingat semuanya sudah ada di sistem cloud. Dengan basis data itulah, harga tetap bisa diatur konsisten. Kalaupun ada transaksi khusus, tetap bisa terkontrol. Hal ini sangat dirasakan manfaatnya ketika sudah menggunakan aplikasinya.

Rekomendasi Aplikasi Kasir yang Terbaik untuk Bisnismu

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Setelah mengetahui keuntungannya, kini saatnya melihat rekomendasi aplikasi kasir terbaik yang bisa dipakai untuk bisnismu.

1. Moka POS

Moka POS termasuk salah satu aplikasi kasir yang penting untuk membantu transaksi penjualan jadi lebih mudah cepat. Pada website resmi, Moka menuliskan komitmennya kepada pelanggan sebagai berikut.

“Mokapos mengubah semua menjadi lebih mudah agar Anda dapat fokus dalam melakukan hal yang penting bagi Anda melayani pelanggan dan mengembangkan usaha Anda.” 

Sesuai tujuan mulia itulah, maka Moka pun menyediakan bermacam-macam fitur terbaik yang bisa membantu manajemen bisnis, termasuk ketika pemiliknya tidak ada di tempat. Moka POS bisa membantumu untuk mencatat laporan penjualan, persediaan inventaris, mengetahui produk yang sedang banyak diminati di toko, dan stok yang akan habis. Prosesnya bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun memakai perangkat smartphone.

Kelebihan Moka yang lainnya juga telah diintegrasikan dengan sistem EDC (Electronic Data Capture), jadi sudah didukung pembayarannya melalui kartu debit dan kredit. Ada pula fitur yang disebut Moka Loyalty Program yang dapat membantu memberi poin bonus ke pelanggan yang setia. Bukan hanya itu, tapi juga ada fitur Manajemen Karyawan yang berfungsi untuk mengetahui jadwal staf yang giliran ada di depan kasir.

Tidak kalah dari aplikasi POS lainnya, Moka bisa memungkinkan untuk menemukan beberapa fitur unggulan misalnya Manajemen Inventaris, Manajemen Meja, Slot Karyawan, dan juga Manajemen Pelanggan. Bagaimana dengan harganya? Moka saat ini dibanderol cukup terjangkau, yaitu Rp249.000 perbulan untuk paket tahunan dan Rp299.000 perbulan untuk paket bulanan.

2. Square POS

Aplikasi kasir berikutnya adalah aplikasi yang sudah tembus pasar global yaitu Square POS. Kantor pusatnya di Amerika Serikat sudah banyak membantu pebisnis dari seluruh dunia. Bukan hanya di Amerika Serikat, kantor cabang Square POS di beberapa negara seperti Kanada, Jepang, sampai Irlandia. 

Seperti halnya aplikasi Moka, maka aplikasi Square POS tentu juga dilengkapi dengan fitur yang bermanfaat membantu para pebisnis agar lebih berkembang dan berjalan efisien. Aplikasi POS bisa memudahkan para penggunanya karena kemampuannya untuk mengatur banyak hal terkait penjualan di toko, dimanapun kamu berada. Fitur dasbor yang menampilkan seluruh data bisnis dalam satu tempat saja. Aplikasi ini bisa membantu banyak bidang usaha, misalnya retail, kuliner, fashion, sampai bisnis di bidang jasa.

Untuk memulai dengan solusi aplikasi Square, harga yang ditawarkan mulai dari US$0 hingga US$799 untuk solusi terbaru mereka yang bernama Square Register. Selengkapnya bisa dicek di website squareup.comDemikian penjelasan tentang keuntungan aplikasi kasir beserta contohnya untuk membantu bisnis berbagai bidang. Semua layanan sudah mereka kembangkan, selanjutnya kamu yang memutuskan sendiri ingin memakai aplikasi yang mana. Dengan memakai aplikasi kasir, ada banyak pos pembiayaan bisnis atau budget yang bisa dihemat. Tapi kalau memang bisnismu ingin meningkatkan skalanya dan membutuhkan pinjaman modal, saat ini Kredit Pintar masih tersedia untuk membantumu menjalankan bisnis agar lebih maju.   

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload