Provider Internet Terbaik untuk Rumah Tangga

29 Dec 2023 by Aditya Wicaksono, Last edit: 29 Dec 2023

Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua masyarakat. Akses internet sangat membantu masyarakat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari karena digitalisasi yang terjadi. Karena itu, memilih internet provider menjadi hal yang krusial untuk rumah tangga. Simak ulasan berikut ini agar bisa memilih internet provider terbaik untuk rumah tangga.

macbook air on grey wooden table

Pertama-tama, kita pahami dulu definisi dari internet provider. Internet provider adalah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan akses internet untuk pengguna. Biasanya provider sudah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan agar suatu kompleks tempat tinggal bisa terhubung dengan jaringan internet. Secara garis besar, layanan akses internet dibagi menjadi tiga jenis, yaitu nirkabel, satelit, dan kabel.

Pada umumnya, daerah perumahan atau tempat tinggal menggunakan jenis internet kabel atau terestrial. Media kabel yang digunakan adalah kabel fiber optic. Biasanya, provider internet menyediakan layanan internet yang dipaketkan dengan TV Kabel.

Baca juga: Cara daftar WiFi ID

Rekomendasi Provider Internet Rumah Tangga

Indihome

Indihome merupakan perusahaan provider internet milik negara yang merupakan bagian dari Telkom Group. Jaringannya menggunakan fiber optik dan memiliki cakupan layanan paling luas. Penggunaan fiber optik membuat layanan indihome relatif stabil dan tahan terhadap berbagai cuaca.

Indihome menawarkan berbagai kecepatan internet, mulai dari 30Mbps hingga 100Mbps. Selain itu, pelanggan juga bisa menikmati layanan lainnya seperti gratis langganan untuk beberapa aplikasi video streaming. Biaya langganan per bulannya pun variatif, mulai dari Rp280.000, sesuai dengan kecepatan internet yang dipilih.

MNC Play

MNC Play merupakan provider layanan internet yang dimiliki PT MNC Kabel, yang merupakan bagian dari MNC Group. MNC Play tergolong provider baru dan layanannya masih terbatas di kota-kota besar, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Selain internet, pelanggan juga bisa menikmati layanan Vision+ Premium yang sudah termasuk dalam paket berlangganan. Untuk kecepatannya, MNC Play menyediakan layanan dengan kecepatan dari 20Mbps hingga 200Mbps. Biaya berlangganan per bulan mulai dari Rp279.000.

MyRepublic

MyRepublic merupakan provider internet yang dimiliki Sinarmas Group. Cakupan wilayah yang sudah tercover pun cukup luas, sehingga MyRepublic bisa disebut sebagai kompetitor utama dari Indihome. MyRepublic cukup bisa diandalkan, khususnya untuk kalangan gamers karena koneksinya yang stabil dan cepat.

Saat ini, MyRepublic menyediakan layanan internet dengan kecepatan mulai dari 30Mbps hingga 250Mbps. Biaya berlangganannya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp231.757 per bulan. Selain layanan untuk internet, MyRepublic juga menyediakan layanan paket antara internet dan TV Kabel.

First Media

First Media merupakan provider layanan internet yang dimiliki Lippo Group. First Media juga merupakan satu di antara penyedia layanan internet yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia dan cakupannya luas.

Paket berlangganan mulai dari Rp245.000 dengan kecepatan internet sebesar 50Mbps. Untuk kota-kota besar, jaringan First Media cukup stabil. Selain itu, layanan customer service tergolong responsif begitu ada masalah yang ditemukan oleh pelanggan. Hal tersebut dikarenakan pengalaman First Media yang sudah cukup lama, yaitu kali pertama beroperasi pada 1994 di Surabaya.

Baca juga: Kenali WiFi Murah, mulai dari 100ribu-an

XL Satu

XL Satu merupakan layanan penyedia internet yang dimiliki XL Axiata. Pada awalnya kemunculannya, yaitu pada tahun 2020, XL Satu menggunakan nama XL Home, yaitu provider internet dengan menggunakan jaringan fiber optik. Namun, seiring berjalannya waktu, XL mengganti namanya dengan nama XL Satu.

Biaya berlangganan XL Satu Fiber Optik mulai dari Rp259.000 per bulan dengan kecepatan internet mencapai 75Mbps. Walaupun memiliki cakupan wilayah yang terbatas, XL tetap bisa menyediakan layanan internet dengan jaringan nirkabel, yang dikenal dengan XL Satu Lite, yaitu dengan memanfaatkan jaringan selular XL dengan biaya langganan mulai dari Rp199.000 per bulan untuk FUP 60GB.

Biznet Home

Biznet merupakan penyedia layanan internet yang hadir di Indonesia sejak tahun 2000. Pada awalnya, fokus bisnis Biznet adalah menyediakan layanan internet untuk bisnis dan perkantoran. Seiring berjalannya waktu, Biznet pun menyediakan layanan fiber optik ke perumahan.

Layanan internet Biznet Home mulai dari kecepatan 30Mbps hingga 250Mbps, dengan biaya berlangganan mulai dari Rp250.000 per bulan. Namun, coverage dari Biznet Home masih terbatas, belum seluas Indihome atau First Media.

Oxygen

Oxygen merupakan layanan internet yang dimiliki PT Mora Telematika indonesia, atau yang lebih dikenal dengan nama Moratelindo. Pilihan kecepatan Oxygen cukup variatif, mulai dari 30Mbps hingga 100Mbps. Harga langganan per bulan mulai dari Rp306.000.

Oxygen baru tersedia di beberapa kota besar, seperti Medan, Palembang, Pangkal Pinang, Serang, Tangerang, BSD, Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Pekalongan, dan Surabaya. Selain itu, Oxygen juga fokus untuk menyediakan layanan internet di apartemen-apartemen.

Kiat Memilih Provider Internet

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih provider internet, agar pelanggan tetap merasa nyaman ketika menggunakannya. Karena itu, memilih provider internet yang tepat sangat penting, agar masalah yang ditemukan nantinya dapat ditemukan solusi dengan cepat. Berikut ini adalah tips untuk memilih provider internet:

Ketersediaan Layanan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masing-masing penyedia layanan internet memiliki daerah cakupan layanannya sendiri. Karena itu, calon pelanggan harus menanyakan terlebih dahulu apakah daerah tempat tinggalnya sudah tercover layanan internet dari provider tertentu atau belum.

Hal tersebut berkaitan dengan dengan infrastruktur yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Jika sudah ada pemasangan kabel fiber optik oleh provider tertentu, bisa jadi daerah perumahan tersebut sudah siap untuk dipasang internet.

Kecepatan

Kecepatan internet menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Pelanggan harus mengetahui kecepatan internet yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan jumlah pengguna, agar nantinya internet tidak terkesan lambat ketika digunakan.

Selain itu, kecepatan internet juga menentukan biaya yang dikeluarkan per bulan untuk berlangganan.

Layanan Pelanggan

Penyedia layanan internet berkaitan erat dengan konsumen, sehingga diperlukan layanan pelanggan yang bagus dan responsif. Pelanggan harus mencari tahu terlebih dahulu provider mana yang memiliki layanan pelanggan yang paling bagus.

shallow focus of woman working in a call center

Hal tersebut dimaksudkan agar ketika terjadi masalah, bisa diselesaikan dengan efektif dan tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Baca juga: Provider internet yang menyediakan WiFi

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

29 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download