Profesi dan Keterampilan Paling Dicari Tahun 2022

14 Dec 2021 by ihsanseokp, Last edit: 14 Dec 2021

Bagi mereka yang berstatus sebagai karyawan, pergantian tahun sering kali menjadi momen yang pas untuk berganti profesi atau mencari tempat kerja baru. Jika Anda berencana mengubah profesi, penting untuk menggali informasi terkait bagaimana peluang karir 2022. Sebelum itu cari tahu dulu tentang tren karier 2021 berikut ini, yuk!

C:\Users\outsr.it05\Downloads\close-up-briefcase.jpg

Tren Karir 2021

Sampai tahun ini dunia masih dilanda oleh pandemi COVID-19 yang mampu memberikan perubahan signifikan di hampir segala aspek kehidupan. Tak terkecuali dunia kerja.

Akibat anjuran berjaga jarak, perkembangan teknologi digital pun meningkat pesat hingga mampu membuka lapangan pekerjaan baru. Menurut laporan LinkedIn sebagai platform jaringan para profesional, berikut sejumlah pekerjaan yang paling dicari pada tahun 2021. 

  1. Bagian dari Pelaku E-Commerce

Berdasarkan riset yang dilakukan LinkedIn, pertumbuhan profesi yang berkaitan dengan e-commerce seperti personal shopper, kurir, dan supply chain management berhasil meroket hingga 73%. 

Bukan tanpa alasan, pandemi membuat mobilitas masyarakat jadi terbatas. Alhasil, masyarakat lebih mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhannya. 

Tingginya transaksi di e-commerce pun berhasil membuat industri ini berkembang hingga menciptakan peluang kerja baru.

  1. Tenaga Pendukung Kesehatan

Tren pekerjaan di tahun 2021 selanjutnya adalah tenaga pendukung kesehatan seperti apoteker, teknisi laboratorium, dan asisten kesehatan. Terhitung sejak tahun 2019 lowongan pekerjaan untuk posisi tenaga pendukung kesehatan naik hingga lebih dari 34%. 

  1. Sales and Business Development

Bagi sebuah perusahaan sales and business development memiliki peran penting dalam memastikan penjualan produk perusahaan berjalan dengan baik. 

  1. Digital Marketing

Beralihnya transaksi konvensional ke transaksi online membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mencari cara dalam meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah memanfaatkan platform digital seperti sosial media atau website sebagai sarana promosi.

Melihat fakta di atas, maka tak heran jika profesi digital marketing banyak dicari. Sebagai digital marketing Anda bertanggung jawab memaksimalkan promosi melalui media online. 

  1. Perawat

Akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir, kebutuhan akan tenaga perawat ikut meningkat agar layanan kesehatan tetap berjalan dengan baik. 

  1. Guru

Menurut LinkedIn, profesi guru termasuk pekerjaan paling dicari di tahun 2021. Kehadiran guru akan membantu masyarakat untuk mengakses pendidikan lebih mudah. 

  1. Content Creator

Maraknya penggunaan media sosial membuat posisi content creator dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Saat ini content creator memiliki peran penting dalam dunia marketing. Biasanya mereka bertugas membuat suatu materi (konten) dengan tujuan tertentu, baik konten untuk hiburan, edukasi, atau promosi.

  1. Profesi di Bidang IT

Beberapa profesi di bidang IT yang menjadi tren di 2021 antara lain data science, web/mobile developer, game developer, ahli kecerdasan buatan, data analyst, dan UI/UX researcher

  1. SEO Specialist

SEO specialist menjadi bagian dari divisi digital marketing. Tugasnya adalah memaksimalkan teknik SEO supaya suatu situs bisa muncul di halaman pertama Google ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) terkait. 

Bidang Pekerjaan yang Akan Menjadi Tren di 2022

Industri teknologi diperkirakan terus berkembang di tahun-tahun yang akan datang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan World Economic Forum (WEF), kehadiran teknologi diprediksi mampu membuka 133 juta lapangan pekerjaan baru, tetapi juga bisa membuat 75 juta lapangan kerja menurun pada bidang-bidang tertentu. 

Berikut 10 jenis pekerjaan yang akan menjadi tren pada tahun 2022 menurut WEF.

  1. Data analyst dan scientists (ilmuwan data)
  2. Ahli machine learning dan AI
  3. Manajer umum dan manajer operasional
  4. Developer dan analis software/aplikasi
  5. Profesional penjualan dan pemasaran
  6. Ahli big data
  7. Ahli transformasi digital
  8. Ahli teknologi baru
  9. Ahli pengembangan organisasi
  10. Layanan teknologi informasi

Berdasarkan data di atas, lapangan pekerjaan masih didominasi oleh profesi yang berkaitan dengan teknologi dan pengembangan perangkat lunak. Hal tersebut menjadi bukti bahwa bekerja di industri teknologi bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin beralih profesi. 

Selain bidang teknologi, bekerja di industri penjualan dan pemasaran juga dapat menjadi alternatif. Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan dan pemasaran seperti digital marketing, SEO specialist, content creator, atau supply chain management pun banyak dicari saat ini. 

Untuk mendapatkan informasi terkini tentang lowongan pekerjaan seputar teknologi maupun pemasaran, Anda bisa langsung cek di halaman Karir.com. 

Skill yang Dibutuhkan agar Sukses Berkarier di 2022

Di tahun 2022, akan semakin banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan kemampuan soft skill mumpuni seperti inisiatif, kreatif, kritis, persuasif, dan mampu bernegosiasi. 

Kualifikasi tersebut telah diprediksi oleh WEF melalui sebuah artikel berjudul “5 Things to Know About The Future of Jobs”. Menurut data-data yang dikumpulkan oleh WEF, setidaknya inilah 10 keterampilan yang harus dikuasai agar sukses berkarier di 2022. 

  1. Inovatif dan berpikir analitis
  2. Aktif dan strategis dalam pembelajaran
  3. Kreatif, orisinil, dan inisiatif
  4. Kemampuan programming dan mendesain teknologi
  5. Keterampilan menganalisis dan berpikir kritis
  6. Terampil dalam memecahkan masalah yang kompleks
  7. Kemampuan memimpin dan mempengaruhi sosial
  8. Kecerdasan emosional
  9. Kemampuan bernalar, memberikan ide, dan memecahkan masalah 
  10. Keterampilan menganalisis dan mengevaluasi sistem

Apakah Anda sudah menguasai skill-skill di atas? Kalau belum Anda bisa terus berlatih untuk mengembangkan kapasitas diri. Dengan memiliki kemampuan tersebut, selain mampu bertahan dan beradaptasi, kemungkinan besar Anda pun dapat menjadi seseorang yang dicari oleh perusahaan. 

Itulah ulasan mengenai tren pekerjaan di tahun 2021 sampai 2022. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, Karir.com sebagai situs lowongan kerja di Indonesia menghadirkan peluang karir yang lengkap dari berbagai industri dan posisi. Selamat mencari!

Artikel ini diterbitkan atas kerjasama antara Kredit Pintar dan Karir.com.

14 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download