Pinjaman Online Tanpa Agunan, Berdampak Baik atau Buruk?

02 Feb 2021 by Andro
Pinjaman online tanpa agunan

Membandingkan pinjaman kovensional dan pinjaman online bisa dilihat dari berbagai macam faktor. Salah satu faktor yang sangat menonjol adalah jaminan yang diberikan customer ke lembaga peminjam uang. Jika pada pinjaman bank diperlukan jaminan, pinjaman online berbeda. Pinjaman online tanpa agunan diberikan penyedia aplikasi kepada para customernya. Hal tersebut adalah ciri yang sangat membedakan pinjaman di bank dan pinjaman online.

Pinjaman online tanpa agunan, diberikan dengan tujuan mempermudah customer mendapatkan pinjaman. Pinjaman tanpa agunan merupakan pinjaman dana tunai pribadi yang diberikan oleh lembaga yang memberi pinjaman kepada debitur tanpa adanya jaminan atau agunan atas pinjaman tersebut. Dengan begitu, customer tidak perlu repot memberikan jaminan untuk mendapat pinjaman.

Pada satu sisi, pemberian jaminan untuk mengajukan dianggap penting agar semua transaksi berjalan aman. Namun saat ini, dengan adanya aplikasi online, pinjaman online tanpa agunan cukup bermodalkan pinjaman uang dengan ktp dan pinjaman sudah bisa Anda dapatkan. Kemudahan ini jelas sangat menunjang Anda untuk mendapatkan pinjaman. Hanya bermodalkan KTP, Anda sudah bisa mendapat pinjaman sesuai nominal yang Anda inginkan. Kehadiran aplikasi pinjaman online memang benar-benar membantu siapapun untuk membayar tagihan sehari-hari.

Walaupun pinjaman online tanpa agunan menjadi nilai plus bagi aplikasi pinjaman online, namun hal ini masih menjadi perdebatan. Agunan dianggap penting namun juga ada yang menganggap agunan dirasa berat untuk customer yang meminjam uang dengan nominal kecil. Berikut penjelasan mengenai agunan, apakah berdampak baik atau buruk bagi customer yang akan meminjam.

  • Tidak adanya syarat jaminan

Dikarenakan tidak adanya syarat jaminan, biasanya pinjaman uang dengan ktp lalu dana bisa mudah dicairkan. Hanya bermodalkan KTP pinjaman yang Anda inginkan sudah bisa didapatkan.

  • Waktu pencairan dana cepat

Jaminan yang tidak diberikan akan memepercepat dana masuk ke rekening Anda. Tidak perlu mengurus berkas-berkas jaminan atau berdiskusi dengan petugas mengenai jaminan yang dimiliki.

  • Bunga kompetitif

Bunga yang diberikan cukup kompetitif. Anda perlu teliti memilih pinjaman online terbaik agar bunga yang akan Anda bayarkan sesuai dengan kemampuan Anda membayar. Bagaimanapun, bunga yang tinggi akan memberatkan Anda untuk membayar cicilan. Maka dari itu, pintar-pintarlah mencari pinjaman online terbaik mana yang akan Anda gunakan.

  • Nominal peminjaman

Biasanya pinjaman tanpa agunan hanya bisa menyediakan pinjaman dengan nominal yang sedikit. Namun, dengan pinjaman online, Anda bebas menentukan berapa nominal pinjaman yang dibutuhkan.

  • Tenor pinjaman

Tenor pinjaman adalah masa atau jangka waktu KTA dilakukan. Sebagai contoh, tenor pinjaman 12 bulan, artinya, Anda mencicil selama 12 bulan dengan membayar 12 kali cicilan. Anda perlu paham berapa lama jangka waktu pembayaran. Semakin menunda pembayaran, akan Anda denda atau bunga tambahan yang diberikan.

Pertimbangkan kembali pinjaman online terbaik mana yang cocok untuk Anda. Pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan para aplikasi pinjaman online harusnya meringankan beban financial Anda. Pastikan Anda siap dengan segala syarat dan ketentuan dari aplikasi pinjaman online, agar pinjaman bisa Anda dapatkan dengan lancar.

Baca Juga:

Cara Pinjam Uang Online Tanpa Agunan Lewat Kredit Pintar

Tips Memilih Pinjaman Online Tanpa Jaminan bagi Anda

mobile-closeKredit PintarDownload