Perbedaan Pinjaman Online Dengan Pinjaman Bebas BI Checking: Apa Saja?

Perbedaan Pinjaman Online Dengan Pinjaman Bebas BI Checking: Apa Saja?

20 Apr 2021 by dan.shen
perbedaan pinjaman online

Kamu butuh uang sesegera mungkin. Kalau bisa, uang itu langsung cair dalam hitungan waktu tertentu. Pinjaman online atau pinjaman bebas BI Checking dapat menjadi solusi buatmu, tapi, bagaimana kalau kamu tidak mengetahui perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bebas BI Checking?

Dua-duanya sama-sama terdengar mudah. Proses pengajuannya pun sama-sama terlihat mudah dari sekali lihat. Baik pinjaman online maupun pinjaman bebas BI Checking sama-sama harus mendapatkan ijin dari OJK untuk menjamin legalitasnya.

Banyak juga pilihan pinjaman online maupun pinjaman bebas BI Checking yang terpercaya dan kamu dapat pilih.

Tapi, tetap saja, apa saja perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bebas BI Checking? Ini dia perbedaannya:

Proses Verifikasi Data

Baik pinjaman online maupun pinjaman bebas BI Checking sama-sama harus terdaftar di OJK untuk menjamin legalitasnya. Kamu pun diharuskan mengisi sejumlah data penting, seperti nama dan alamat lengkap sesuai KTP, penghasilan per bulan, pekerjaan, status sebagai wajib pajak, dan sebagainya.

Namun, dua jenis pinjaman ini memiliki perbedaan pada proses verifikasi datanya. Dalam hal ini, proses verifikasi data pada pinjaman online memakan waktu lebih lama dibandingkan pinjaman bebas BI Checking karena terhubung dengan SLIK OJK.

Perusahaan penyedia pinjaman online juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengadakan serangkaian proses pemeriksaan yang disebut juga dengan Know-Your-Customers (KYC). KYC ini adalah sebuah proses yang juga harus kamu lalui ketika kamu hendak mengajukan permohonan produk keuangan lainnya, seperti reksa dana.

Pinjaman bebas BI Checking, di sisi lain, tidak memerlukan proses verifikasi data yang panjang seperti pinjaman online. Jika memang ada pemeriksaan, sifatnya yang hanya satu pintu membuat proses verifikasi data pada pinjaman bebas BI Checking lebih cepat.

Batas Jumlah Dan Tenor Peminjaman

Satu lagi yang mencolok dari perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bebas BI Checking adalah pada batas jumlah dan tenor peminjaman. Secara umum, pinjaman online seperti Kredit Pintar untuk jangka yang lebih pendek. Sementara itu, pinjaman bebas BI Checking umumnya adalah pinjaman untuk jangka yang lebih panjang.

Karena tujuan utama peminjamnya adalah untuk jangka yang lebih pendek, batas jumlah peminjaman pada pinjaman online umumnya mulai 1 juta hingga 3 miliar rupiah. Namun, ada juga website maupun aplikasi pinjaman online yang menetapkan batas minimum peminjaman hanya ratusan ribu rupiah. Jangka waktunya sendiri hanya sekitar 1-96 bulan.

Di sisi lain, pinjaman bebas BI Checking memiliki jangka waktu atau tenor peminjaman yang dapat saja melebihi 96 bulan. Sebagai akibatnya, batas maksimum jumlah peminjamannya bisa jadi 5 miliar rupiah atau lebih. Jumlah batas maksimum peminjaman yang lebih besar dibandingkan pinjaman online membuat tujuan pinjaman bebas BI Checking lebih beragam.

Tujuan Peminjamannya

Poin lain dari perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bebas BI Checking yang perlu kamu ketahui adalah tujuan peminjamannya. Poin ini berkaitan dengan poin sebelumnya dari perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bebas BI Checking, yaitu batas jumlah dan tenor peminjaman.

Karena pinjaman online umumnya memiliki jangka waktu batas pengembalian hanya sekitar 1-96 bulan dan memiliki batas minimum serta maksimum peminjaman yang lebih rendah dibandingkan pinjaman bebas BI Checking, maka tujuan peminjamannya juga lebih ke arah jangka pendek.

Membayar tagihan rutin dalam jumlah yang kecil, berbelanja online untuk produk yang sudah lama ada dalam wishlist, mengadakan pesta dengan tamu undangan kurang dari 5 orang, dan sebagainya, adalah tujuan yang umum digunakan untuk para pengguna jasa pinjaman online.

Sementara itu, sekalipun tujuan pinjaman bebas BI Checking lebih beragam dibandingkan pinjaman online, orang banyak menggunakannya untuk keperluan yang “lebih besar”. Beberapa contoh keperluan “besar” ini adalah melunasi pembayaran kendaraan bermotor, membayar uang sekolah atau kuliah, dan sebagainya.

Kredit Pintar adalah tempat kamu bisa mengajukan pinjaman online. Proses daftar di Kredit Pintar pun mudah dan tidak menyulitkan.

Jadi, sekarang kamu tahu perbedaan pinjaman online dengan pinjaman bebas BI Checking. Kamu juga tahu kalau pinjaman online bisa langsung cair.

kredit pintar