Penting, Berikut Adalah Ini Cara Daftar NPWP Online

Penting, Berikut Adalah Ini Cara Daftar NPWP Online

07 May 2021 by kreditpintar
cara daftar npwp online

NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang memang seperti namanya sangat wajib dimiliki oleh masyarakat yang sudah berpenghasilan. Mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP sangatlah penting. Maka daripada itu Sobat Pintar harus tahu cara daftar NPWP online. 

Mendaftar NPWP dengan cara online sendiri tentu lebih mudah dan cepat, mengingat Sobat Pintar hanya perlu duduk di rumah dan mengisi semua data yang diperlukan. Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini sendiri adalah tata cara dan syarat agar Sobat Pintar bisa mendaftar NPWP secara online. 

Cara Daftar NPWP Online 

Ada dua jenis NPWP yang ada, pertama adalah NPWP Pribadi dan yang kedua NPWP Badan. Untuk NPWP Pribadi sendiri diperuntukan untuk kepemilikan setiap individu atau perorangan yang mendapatkan penghasilan di Indonesia. Di mana yang masuk dalam NPWP pribadi adalah orang yang berpenghasilan dari usaha, penghasilan dari pekerjaan bebas dan penghasilan dari pekerjaan (kantor, ASN dll).

Sedangkan untuk NPWP Badan sendiri adalah yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan mendapatkan penghasilan di Indonesia. Contoh dari NPWP Badan ini adalah perusahaan milik pemerintah maupun perusahaan swasta. Dari dua jenis ini, maka Sobat Pintar akan mengetahui NPWP jenis apa yang akan didaftarkan. 

Berikut ini adalah cara daftar NPWP online bagi Sobat Pintar yang ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak: 

Buat Akun 

Pertama-tama yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah mendaftarkan akun di situs  https://ereg.pajak.go.id. Situs tersebut memang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin mendaftar NPWP secara online. Setelah itu, masukan alamat email Sobat Pintar yang masih aktif. Kemudian masukan captcha dan tekan OK. Perhatikan alamat email apakah sudah benar sebelum menekan OK. 

Jika sudah maka selanjutnya adalah Sobat Pintar akan dibawa pada halaman pengisian formulir sebagai syarat wajib. Di mana dalam bagian ini, Sobat Pintar harus memilih kategori yang tepat. Ada dua kategori yaitu NPWP Pusat dan NPWP Cabang. NPWP pusat untuk Sobat Pintar yang masih lajang, sedangkan NPWP Cabang adalah bagi Sobat Pintar seorang perempuan yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP suami. 

Masukan Data yang Diminta 

Setelah tahapan pembuatan akun telah berhasil, maka cara daftar NPWP online selanjutnya adalah Sobat Pintar hanya perlu mengisi data dalam bentuk soft document. Pada tahapan selanjutnya, Sobat Pintar perlu mengisi sesuai dengan apa yang diminta, jangan sampai terlewat satupun dan pastikan data adalah benar. Setiap kategori NPWP yang pribadi memiliki syarat yang berbeda, sehingga pastikan bahwa data sudah terisi lengkap. 

Berkas Elektronik Siap Dikirim 

Jika data semua sudah masuk, tahapan selanjutnya Sobat Pintar hanya perlu klik tombol Token yang ada pada bagian dasbor. Token ini sendiri adalah kode verifikasi yang akan dikirim ke email Sobat Pintar. Tidak membutuhkan waktu yang lama. Di mana setelah Sobat Pintar mendapatkan kode ini, salin kode tersebut ke kolom yang disediakan. 

Apabila sudah maka tekan tombol Kirim Permohonan, dimana berkas yang dikirimkan akan segera diproses. Apabila permohonan pengajuan NPWP sudah berhasil, maka nantinya kartu NPWP ini akan dikirimkan ke alamat rumah yang didaftarkan. 

Itulah cara registrasi NPWP online, di mana sudah terlihat sekali bahwa proses sangat mudah dan cepat. Namun, perlu diingat apabila kartu NPWP tidak dikirim dalam waktu lama sebaiknya Sobat Pintar menghubungi Dirjen Pajak melalui email. Hal ini jika memang berkas sudah disetujui. 

Apabila masih belum mendapatkan email balasan atau permohonan ditolak, Sobat Pintar bisa mengulangi cara yang sama. Karena ada kemungkinan bahwa Sobat Pintar melakukan kesalahan atau ada berkas yang kurang. Jika Sobat Pintar membutuhkan dana cepat dan masih belum memiliki NPWP,  Sobat Pintar dapat mengajukan pinjaman ke Kredit Pintar

Kredit ini sendiri adalah salah satu jenis pinjaman yang memiliki system mudah dan dana pun cepat cair. Terlebih lagi kredit ini juga dapat membantu Sobat Pintar untuk menambah modal yang dibutuhkan ketika mengembangkan usaha. Butuh dana cepat cair, Kredit Pintar solusinya!

kredit pintar