Pengertian Pinjaman Syariah dan Apa Saja Keunggulannya?

Pengertian Pinjaman Syariah dan Apa Saja Keunggulannya?

23 Feb 2021 by Andro
pinjaman syariah

Masalah finansial bisa menghampiri siapa saja, tidak pandang umur dan juga usia. Untuk mengatasi masalah finansial, pinjaman uang bisa menjadi solusi paling baik dari lainnya. Pinjaman bisa terbagi menjadi dua alternatif, yakni pinjaman konvensional serta pinjaman syariah. Anda pasti sudah pernah mendengar kedua jenis pinjaman tersebut. Perbedaan yang ada pada keduanya ialah pinjaman dana syariah menerapkan prinsip-prinsip Syariah dalam segala proses termasuk pengajuan pinjaman.

Bukan berarti pinjaman konvensional tidak sebaik pinjaman dana syariah, namun pinjaman dana syariah menerapkan metode berbasis hukum Islam yang menarik dan cocok bagi nasabah yang ingin menerapkan prinsip Syariah dalam proses pinjaman.

Apa itu Pinjaman syariah?

Ini menerapkan sistem yang sesuai dengan prinsip Syariah. Salah satu perbedaannya adalah pada istilah bunga. Pinjaman jenis ini tidak mengenal istilah tersebut, namun menerapkan sistem bagi hasil sebagai pengganti bunga pinjaman.

Dalam proses peminjaman uang, dilakukan pula akan pinjaman. Akan pinjaman terdiri atas akad murabahah / jual beli, akad ijarah wa iqtina / sewa dengan perubahan kepemilikan , serta mutanaqishah / pembagian modal.

Mengapa Pinjaman Dana Syariah Bisa Jadi Solusi?

Pinjaman syariah memiliki basis hukum islam untuk pembiayaan kepentingan Anda. Beberapa Lembaga keuangan Syariah juga menerapkan tanpa agunan dengan plafon bervariasi. Beberapa diantaranya juga bisa meluncurkan pinjaman hingga Rp 100 juta.

Meski berbasis Syariah, namun Anda perlu tetap selektif dalam memilih Lembaga keuangan. Kini ada juga pinjaman online yg terdaftar di OJK 2021 yang bisa memudahkan Anda. Resmi terdaftar dalam OJK berarti Lembaga tersebut sudah aman dan bisa Anda percaya sebagai solusi permasalahan finansial.

Pinjaman online yg terdaftar di OJK 2021 dapat memudahkan Anda dalam proses bertransaksi, pengajuan pinjaman, juga pengembalian pinjaman sesuai plafon dan tenor.

Keunggulan Pinjaman Dana Syariah

pinjaman syariah

Ini bisa menjadi jawaban permasalahan Anda. Pilihlah yang terdaftar di OJK 2021 yang berbasis Syariah. Sebelum itu, apa saja kelebihan pinjaman dana syariah?

1.    Angsuran Flat

Yang dimaksud dalam angsuran flat adalah nilai angsuran bulanannya selalu sama, sesuai plafon dan tenor yang dibutuhkan. Hal ini menghindarkan nasabah dari keterlambatan pembayaran akibat naiknya jumlah angsuran.

2.    Tanpa Biaya Admin

Ditiadakannya biaya admin membuat pinjaman ini lebih menguntungkan. Biaya administrasi dianggap memberatkan nasabah.

3.    Menguntungkan Nasabah

Prinsip Syariah nyatanya menguntungkan nasabah secara maksimal. Terutama tanpa adanya biaya admin dan bunga yang dapat meningkatkan manfaat bersama.

4.    Pinjaman Lebih Ringan

Ini ternyata lebih meringankan nasabah karena tidak ada istilah bunga di dalamnya. Bagi hasil sendiri merupakan kesepakatan antara pemberi pinjaman juga nasabah, sehingga di awal peminjaman dilakukanlah akad hutang piutang yang diketahui dan disetujui oleh kedua belah pihak.

5.    Bagi Hasil, Kecil tapi Berkah

Memang benar, sistem bagi hasil nilainya jauh lebih kecil dibandingkan pinjaman lainnya yang menggunakan sistem bunga. Sistem ini tidak akan membebani Anda sebagai peminjam, sehingga bisa lebih terbantu untuk memenuhi kebutuhan penting atau usaha.

kredit pintar

Kredit Pintar bisa menjadi solusi Anda. Pinjaman Kredit Pintar bisa diajukan langsung melalui smartphone dengan proses registrasi yang aman dan anti ribet.

Tersedia berbagai opsi pinjaman yang bisa Anda pilih. Proses pencairannya juga sangat cepat. Dengan kurang dari 24 jam saja, pengajuan pinjaman sudah dapat diverifikasi dan bisa langsung dicairkan dalam rekening bank.

Pinjaman online yg terdaftar di OJK 2021 ini juga memudahkan nasabah dengan sistem pencairan menggunakan virtual account atau pembayaran di Alfamart dan Indomart.