Pahami Cara Membersihkan Layar Laptop Dalam 6 Tips Sederhana Ini

24 May 2021 by kreditpintar
cara membersihkan layar laptop

Selain ponsel, laptop menjadi salah satu barang berharga yang seringkali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, sampai untuk kepentingan pekerjaan. Laptop memang tersedia dengan harga bervariasi, mulai dari yang murah sampai yang teramat mahal. Untuk hal ini, maka Sobat Pintar harus berhati-hati dalam menjaganya dan rutin membersihkan komponen pada perangkat tersebut, utamanya pada bagian layar. Ada banyak cara membersihkan layar laptop yang bisa Sobat Pintar coba, tapi sebaiknya jangan asal-asalan ya.

Laptop yang dibersihkan dengan tidak hati-hati nanti akan membuat komponennya korslet, hingga bisa mengganggu kinerja dari benda tersebut. Kebanyakan layar laptop mengalami masalah kotor dikarenakan debu, sehingga membuat pemilik jadi tidak nyaman saat memakainya. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Pintar simak beberapa cara yang bisa dipakai untuk membersihkan laptop agar benda tersebut terhindar dari kerusakan.

1. Mempersiapkan Alat-alat dan Bahan

Jangan kira cara membersihkan laptop itu mudah hanya dengan berbekal kain tisu atau kain apapun, nyatanya ada alat khusus yang sebaiknya Sobat Pintar punya ketika akan membersihkan perangkat tersebut. Adapun alat dan bahan yang dimaksud di sini cukup mudah dicari, yakni kain microfiber dan juga semprotan khusus pembersih laptop yang mungkin saja bisa Sobat Pintar dapatkan secara online.

Selain kain microfiber, Sobat Pintar juga bisa menggantinya dengan kain yang berbahan kaos katun, atau mungkin handuk kecil yang bahannya lembut. Asalkan bukan tisu, karena konon tisu termasuk dalam bahan kasar yang tidak boleh dijadikan alat untuk membersihkan laptop.

2. Wajib Mematikan Laptop Terlebih Dahulu

Ketika hendak melakukan cara membersihkan layar laptop, maka benda tersebut wajib untuk dimatikan terlebih dahulu, dicabut adaptornya dan jangan sekali-kali membersihkan laptop dalam keadaan masih menyala atau hanya dialihkan ke mode Sleep saja. Sebab, hal itu akan mempengaruhi kinerjanya bahkan dapat mengakibatkan kerusakan permanen yang tentunya akan membuat susah. Apalagi jika di dalam benda tersebut ada banyak sekali tugas-tugas dan data penting yang tidak boleh hilang.

3. Penggunaan Kain Microfiber dan Juga Spons Pada Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara membersihkan laptop yakni dengan memakai kain microfiber, di mana kain ini digunakan jika debu yang menempel pada perangkat itu terbilang ringan. Tapi jika debu yang menempati cukup banyak atau masuk dalam kategori berat, maka penggunaan spons sangat dianjurkan. Dalam memakai spons ini pun tidak serta merta dilakukan begitu saja, tapi ada tata caranya tersendiri.

Sobat Pintar harus menggunakan spons yang masih bersih dan baru, kemudian mencelupkannya sedikit ke dalam air dan peras hingga air mengalir dan spons terlihat lembab. Setelahnya Sobat Pintar bisa mengusapkan spons ke layar laptop dengan sentuhan paling lembut agar tidak ada yang rusak, kemudian lanjutkan dengan mengelap menggunakan kain microfiber supaya kering dan menghilangkan sisa nodanya.

4. Memakai Penyemprot Khusus Laptop Untuk Noda Minyak

Tak hanya debu, kerap kali yang dijumpai pada layar laptop ialah noda minyak, di mana noda satu ini cukup mengganggu kenyamanan hingga tak jarang perangkat tersebut menjadi sarangnya semut. Membersihkan noda minyak bisa dengan memakai penyemprot yang khusus untuk laptop, bukan cairan pembersih kaca yang biasa dijual di pasaran. Adapun untuk memulainya pun jangan langsung menyemprotkan cairan ke laptop, karena bisa saja menyebabkan korsleting.

Sobat Pintar hanya perlu memakai kain microfiber lalu menyemprotkan sedikit cairan pembersih laptop ke kain tersebut, cuma sampai kain lembab saja dan jangan sampai kain tersebut basah sepenuhnya, kemudian tinggal mengusapkannya pada layar dengan hati-hati dan sepelan mungkin. Tindakan ini bisa dilakukan berulang kali jika memang noda minyak sulit untuk hilang.

5. Pakailah Penghisap Debu Portable

Ada banyak alat rumah tangga yang kini diciptakan dengan keunikannya sendiri-sendiri, salah satunya alat penghisap debu portable yang memiliki ukuran kecil dan mudah dibawa. Agar bisa menyedot aneka macam kotoran seperti debu dan juga rambut, Sobat Pintar bisa memakai alat satu ini agar semakin praktis dan mudah.

Alat penghisap debu portable ini tidak digunakan dengan cara dicolokkan langsung ke sumber listrik, sehingga tidak akan menimbulkan listrik statis yang bisa merusak laptop itu sendiri.

6. Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

Layar laptop touchscreen bisa dibilang cukup sensitif, sehingga untuk membersihkannya pun harus ekstra hati-hati dan berbeda dengan cara pembersihan pada layar laptop biasa. Layar touchscreen biasanya kerap kali menarik lebih banyak minyak dan juga debu apabila dibandingkan dengan milik laptop biasa.

Pembersihannya bisa dilakukan dengan memakai kain microfiber yang diusapkan secara lembut ke bagian layar dengan posisi horizontal atau vertikal ke satu arah dan itu pun secara berulang. Apabila diperlukan, Sobat Pintar dapat mencoba pakai air yang diteteskan ke sudut kain agar sedikit lembab, kemudian mengusapkan bagian yang basah tersebut ke layar.

Setelahnya Sobat Pintar bisa memakai bagian kain microfiber lainnya yang masih tetap kering untuk mengusap layar tersebut, lalu biarkan hingga layar mengering dengan sendirinya. Membersihkan layar tidak boleh diusap dengan cara yang keras, karena hal itu hanya akan menyebabkan terjadinya kerusakan yang mana harus membuatmu keluar uang untuk melakukan service.

Apabila cara membersihkan layar laptop terlanjur salah dan menyebabkannya rusak, maka Sobat Pintar harus segera melakukan service. Biaya untuk service layar ini bisa dibilang sangat mahal, apalagi jika tak ada dana yang mencukupi. Bahkan bisa saja mencapai ratusan ribu untuk melakukan penggantian atau service layar laptop. Hal ini akan sangat membuatmu pusing ketika tidak ada uang simpanan yang dimiliki, sementara laptop tersebut sangat dibutuhkan.

Tapi semestinya tak perlu cemas, karena ada aplikasi Kredit Pintar yang akan membantumu mengatasi masalah dana darurat yang tidak Sobat Pintar punyai. Sebagai aplikasi pinjaman online terpercaya, aplikasi ini memberikan sejumlah kelebihan bagi para pengguna yang ingin meminjam dana darurat. Salah satunya ialah penawaran bunga rendah yang diberikan kepada setiap peminjam, berbeda halnya dengan aplikasi serupa lainnya yang menawarkan bunga cukup tinggi.

Pinjaman Bunga Kecil, Kredit Pintar

Aplikasi ini juga tak hanya menawarkan bunga kecil saja, tapi ada sejumlah hal lainnya yang juga ditawarkan seperti syarat pengajuan mudah, dana cepat cair dalam hitungan menit, limit yang besar dan tenor yang cukup panjang. Bahkan yang menjadikannya dipilih oleh banyak orang adalah karena aplikasi pinjaman satu ini sudah terdaftar di OJK, sehingga membuat seluruh aktivitas keuangannya diawasi dengan baik oleh lembaga tersebut.

Nah, jadi jika cara membersihkan layar laptop yang ada di atas tidak mempan dan justru membuat laptop error kemudian harus diperbaiki, jangan khawatir masalah dana. Sebab aplikasi ini telah hadir untuk memudahkan semua urusanmu yang berhubungan dengan dana darurat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload