Harga Oppo Reno 4 Beserta Fitur dan Kekurangannya

25 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 08 Nov 2021

Di tahun 2021 ini, kebutuhan dalam berkomunikasi membuat banyak brand besar berlomba-lomba memperkenalkan produk mereka untuk dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, Oppo telah berani meluncurkan smartphone seri Oppo Reno 4 pada Oktober tahun 2020 dengan harga dan spesifikasi yang masih terjangkau dan tetap mengusung beberapa pembaruan yang sangat signifikan.

Oppo Reno 4 menjadi pilihan masyarakat berkat kemampuannya terutama dalam beberapa segi yang mana sangat menguntungkan apabila digunakan oleh para creator ataupun para gamers.

Harga Oppo Reno 4 Beserta Fitur dan Kekurangannya

Oppo Reno 4 memiliki konfigurasi tunggal, yakni dengan diperkuat RAM 8 Gigabyte dan memori penyimpanan Internal sebesar 128 Gigabyte dan dua pilihan warna yang menambah kesan minimalis yakni, Galactic Blue dan Space Black.

Oppo berani menurunkan rasa premiumnya pada varian Reno sebelumnya sejak terakhir pada Reno 2 untuk lebih menonjolkan pada varian Find X nya. 

Namun meskipun begitu, Oppo seri Reno masih banyak menonjolkan beberapa kelebihan yang bisa menggoda pecinta gadget di tanah air, terutama pada varian Reno 4.

Fitur yang dimiliki Oppo Reno 4

  • Chipset Qualcomm Snapdragon

Oppo Reno 4 telah dibekali dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang mana telah terfabrikasi dengan nominal sebesar 8 nm dengan Low Power DDR4 X Semiconductor.

Melihat dari itu berdasarkan hasil tes pada Geekbench, apabila dibandingkan dengan pendahulunya pada Reno 3 yang telah terpasang Chipset MTK P95, maka akan kinerja CPU Single Core nya menghasilkan peningkatan sebesar 46 persen. Bahkan, pada CPU Multi Core juga meningkat sebesar 26 persen.

  • Monochrome Video

Pada fitur ini, Oppo memberikan beberapa perubahan signifikan pada kamera belakang dengan menyorot warna-warna tertentu saja dalam pembuatan video yakno warna RGB. Misalkan dalam menonjolkan satu warna merah saja, maka semua warna lain yang terdapat dalam frame akan dikonversi menjadi satu warna monokrom.

Untuk menerapkan fitur ini cukup dengan menggeser ke mode video pada kamera, kemudian pilih filter dan pilih filter sky blue jika ingin menonjolkan warna biru, forest green untuk warna hijau, kemudian crimson untuk warna merah.

  • Smart Slow Motion

Fitur high frame rate 960 fps (frame per second) akan bisa digunakan pada resolusi gambar 720 pixel dan 480 fps untuk resolusi gambar di 1080 pixel.

Apabila ingin menggunakannya, dalam penggunaan 960 fps dapat menghasilkan video satu detik menjadi 10 detik. Dengan maksud apabila mengaplikasikannya pada objek seperti menuang air dari gelas, maka gerak lambatnya akan menjadi sangat keren dan epik. 

Untuk mengaktifkannya cukup dengan membuka aplikasi kamera kemudian pada menu more pilih Slo-Mo.

  • AON Smart Sensor

Untuk kamera depan, OPPO juga memberikan perubahan dalam menempatkan sensor yang terbilang sangat canggih. 

Dengan menyematkan AI-Enhanced Smart Sensor, pengguna dapat menjaga privasi dari penguntit dengan mengidentifikasi apabila terdapat keberadaan orang lain yang melihat ke arah layar.

Ketika ada yang mengarah pada layar, maka Oppo Reno 4 akan secara otomatis menutup semua notifikasi dari isi pesan sebagai pertanda jika ada yang sedang mengintip layar pengguna.

Fitur Oppo Reno 4 yang sangat berguna bagi pemilik smartphone ini sangat cocok apabila diaktifkan di tempat umum seperti di moda transportasi massal, kantor, hingga tempat tongkrongan.

Untuk mengaktifkan fitur Smart Spying Prevention cukup dengan meregistrasikan wajah pemilih di menu Face Unlock dengan cara membuka Pengaturan kemudian pilih menu fingerprint, face and password,  dan klik pada face lalu daftarkan wajah Anda. Kemudian, aktifkan opsi smart spying prevention dan pilih menu setting lalu pilih notifikasi dan status bar, kelola notifikasi, dan aktifkan opsi anti peeping.

Harga Terbaru dan Spesifikasi Smartphone Oppo Reno 4

Tampilan
Resolusi Layar2400 x 2018 pixels
Ukuran Layar6,4 Inch
Teknologi LayarOLED
Scratch RessitantYa
Kedalaman Pixel411 pi
Varian WarnaGalactic BlueSpace Black
Kamera
Resolusi Kamera Depan32 MegaPixel
Resolusi Kamera Belakang48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
Tipe KameraTriple Camera
Resolusi Perkaman Video4K
Memori
Penyimpanan128 Gigabyte
RAM8 Gigabyte
Up to MemoriYa
Body
Berat 165 gram
Dimensi160.3 x 73.9 x 7.7 mm
BodyPlastik
Platform
CPUQualcomm Snapdragon 720G
ProsesorOcta Core
Sistem OperasiAndroid
Versi OSAndoird 10
Fitur
FingerprintYa
Harga
Harga Rilis di tahun 2020Rp. 4.999.000
Harga Terbaru September 2021Rp. 3.999.000
Harga Second September 2021Rp. 2.960.000

Kelebihan dan Kekurangan dari Oppo Reno 4

Kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk menjadi tolak ukur utama konsumen untuk menentukan apakah barang tersebut cocok dimiliki terutama pada penggunaan mobile pada smartphone.

Berikut Kelebihan dari Oppo Reno 4 :

  • Memiliki memori penyimpanan yang cukup besar, dalam hal ini pengguna tidak perlu mengkhawatirkan untuk menyimpan beberapa file dan aplikasi pada Oppo Reno 4 karena kapasitas memori yang diberikan oleh Oppo untuk varian ini sebesar 128Gb dengan teknologi UFS 2.1 dan RAM 8Gb. Oleh karena itu, Oppo Reno 4 dapat menjalankan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi super berat sekaligus secara bersama-sama.
  • Memiliki kualitas kamera yang bermacam-macam, memiliki 4 kamera yang tersusun secara vertikal dalam bentuk persegi dengan kamera utama beresolusi 48 MP dengan frame 1.7, Wide dan PDAF. Sedangkan kamera lainnya memiliki resolusi 8 MP dengan Frame 2.2 ultrawide, 2MP frame 2.4 macro, dan 2MP frame 2.4 mono. Kamera depan dari Reno 4 ini memiliki resolusi sebesar 32 MP dengan bentuk punch hole.
  • Desain yang futuristik, lebih kekinian daripada pendahulunya yakni Oppo Reno 3 dengan memiliki layar berukuran 6,4 inch beresolusi 2400 x 1080 pixels dengan rasio 20:9 dan telah dilindungi oleh Gorilla Glass 3.
  • Pada bagian bawah terdapat jack audio 3,5 nm dengan port USB type C untuk mengisi daya dan sebuah lubang speaker.
  • Memiliki sisi dengan bentuk rounded dengan ketebalan hanya 7,7 mm dengan bobot yang relatif ringan sebesar 165 gram membuat ponsel pintar ini nyaman digenggam.

Berikut Kekurangan dari Oppo 4:

  • Sangat disayangkan apabila ponsel sekelas Oppo Reno 4 tidak terdapat Fitur NFC atau Near Field Communication yang mana dapat mempermudah transaksi seperti mengecek kartu pembayaran eToll dan lain sebagainya.
    Tidak memiliki lensa telephoto, dengan 4 kamera yang ada di belakang smartphone ini Oppo masih belum memuaskan para penggemarnya untuk bisa mendapatkan hasil gambar jepretan dalam jumlah zoom yang sangat besar. Maksimal pada Oppo Reno 4 hanya dapat menggunakan fitur zoom sebanyak 5x pembesaran.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload