7 Rekomendasi Model Teras Rumah Masa Kini

28 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 03 Jul 2023

Model teras rumah seringkali diidentikkan dengan keindahan isi rumah itu sendiri. Berbagai model teras rumah masa kini juga memiliki banyak gaya dan ragam yang dapat Anda sesuaikan dengan konsep rumah Anda. Semakin menarik teras rumah, semakin indah isi rumah tersebut. Begitulah pendapat sebagian orang saat pertama kali melihat sebuah rumah. 

Nah, di artikel ini akan membahas model teras rumah masa kini yang trendi dan artsy. Pastinya Anda tidak perlu khawatir kalau rumah Anda akan terlihat norak saat menggunakan model-model berikut.

  1. Teras Minimalis

Teras minimalis adalah model teras rumah masa kini yang paling digandrungi oleh generasi MZ. Model teras ini mengusung konsep sederhana dan berkelas secara bersamaan. Tidak membutuhkan banyak aksesoris, Anda cukup meletakkan satu bangku sederhana di teras dan juga meletakkan karpet yang warnanya senada dengan bangku tersebut. 

Untuk menyempurnakan kesan minimalis, Anda bisa memadukan warna-warna netral seperti abu-abu, putih, dan hitam pada dinding rumah Anda. Anda juga dapat mendesain teras rumah minimalis dengan cara meletakkan dua kursi dengan gaya yang berbeda namun tetap memiliki persamaan agar terlihat unik, misalnya keduanya sama- terbuat dari rotan atau kayu. Anda tidak perlu meletakkan meja untuk konsep ini.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan bangku cor. Jadi, bangku tersebut menyatu dengan rumah Anda. Anda tinggal meletakkan busa empuk di atas bangku cor dan menambahkan beberapa bantal empuk dan nyaman. Jangan lupa untuk memilih warna bantal yang netral agar terlihat semakin estetik. Tidak harus mewah dan rame untuk terlihat indah dan menarik, kan?

Baca juga: Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Terbaik

  1. Teras Bohemian

Model teras rumah bohemian terinspirasi dari kaum hippie di 1960-an. Konsep ini dipandang nyentrik karena memiliki cukup banyak aksesoris yang digunakan. Model ini biasanya memadukan nuansa alam dengan gaya hidup non-tradisional.

Aksesoris yang biasa menghiasi teras bohemian biasanya terdiri dari lampu-lampu vintage yang bergantungan, bale anyaman, bantal dengan sarung etnik yang khas, karpet rajutan, meja kayu yang eksentrik, dan tanaman yang mengelilingi seluruh bale dan meja. Teras bohemian ini dapat menjadi spot yang nyaman setelah lelah beraktivitas seharian. 

Model teras rumah bohemian sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa kreatif dan suka menghias. Tidak ada aturan warna tertentu dalam konsep bohemian sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan preferensi Anda sendiri. Membangun teras rumah dengan gaya bohemian dapat menantang kreativitas Anda.

  1. Teras Ala Jepang

Teras ala jepang menjadi salah satu model teras rumah masa kini yang populer. Merujuk pada rumah tradisional ala jepang, lantai rumah biasanya dibuat lebih tinggi dari tanah. Nah, teras rumah itu sendiri adalah lantai kayu yang mengelilingi bangunan. Tidak terlalu lebar tapi cukup untuk duduk.

Orang-orang jepang biasanya duduk-duduk di bagian lantai kayu luar rumah sambil mengobrol dan memandangi halaman yang berisi tumbuh-tumbuhan bergaya zen atau tanaman kering. Untuk mempercantik teras, Anda dapat membuat taman kecil di depan rumah dan menggunakan lantai batu alam. 

Teras ala jepang ini cukup mudah dibangun dan tidak memerlukan perawatan harian yang ruwet. Dengan penataan yang tepat dan tambahan lampu taman yang cantik, teras rumah ala jepang akan memberikan kesan hangat dan nyaman. 

  1. Teras Rumah Natural

Teras rumah natural mengusung konsep menyatu dengan alam, yakni desain modern dengan unsur alam yang seimbang. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membangun model teras rumah satu ini adalah dengan memilih keramik yang mendukung unsur alam. 

Jenis keramik kombinasi kayu dan bebatuan kecil akan memberikan kesan nyaman dan stylish. Tidak hanya di lantai, Anda juga dapat menggunakan jenis keramik ini pada dinding teras rumah Anda. Penggunaan bebatuan di dinding sedang tren saat ini.

Jika Anda menggunakan model teras rumah natural, tentunya Anda tidak boleh melupakan tanaman-tanaman hijau untuk menyukseskan konsep teras rumah ini. Pilihlah dua tanaman hijau besar untuk ditanaman ditanah agar konsep natural semakin menonjol. 

Selanjutnya, Anda dapat memilih beberapa tanaman kecil untuk ditanam di pot sebagai penambah keindahan teras rumah Anda. Anda juga dapat membangun kolam kecil yang diisi dengan ikan hias untuk menciptakan unsur alam yang seimbang.

Baca juga: Tips Pilih Jenis dan Harga Marmer Untuk Hunian Modern

  1. Teras Model Kafetaria

Untuk Anda yang sering berkumpul dengan keluarga atau teman, model teras ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Sesuai namanya, Anda seoalah memiliki kafe pribadi yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Baca juga: 3 Contoh Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta

Sebelum membangun teras model ini, Anda perlu menyediakan lahan yang cukup luas di samping atau di belakang rumah Anda. Anda juga perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendesain teras model kafetaria. Namun, model ini cukup worth to try karena Anda dapat menikmati kebersamaan yang berharga dengan keluarga dan teman Anda.

Agar teras kafetaria Anda semakin praktis dan mirip kafe sungguhan, Anda dapat membangun kafe ini ini di dekat dapur rumah Anda. Selanjutnya, Anda bisa meletakkan tempat makan dengan kursi dan meja estetik untuk berkumpul dan bersantap bersama. Anda juga dapat mendekorasinya dengan dua atau tiga tanaman dan menambahkan ayunan untuk membuatnya semakin nyaman.

  1. Teras Atap Kaca

Model teras rumah masa kini selanjutnya adalah teras atap kaca atau skylight. Model ini memberikan kesan modern dan mewah sekaligus minimalis secara bersamaan. Kaca yang digunakan juga merupakan kaca khusus yaitu kaca laminated yang memiliki tingkat keamanan dan perlindungan tinggi. 

Kaca ini tidak mudah pecah dan dapat membatasi sinar ultraviolet yang masuk kedalam ruangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan efek sunburn saat berlama-lama di teras ya, Sobat Pintar.

Keuntungan menggunakan atap kaca adalah Anda dapat menikmati pemandangan langit dengan bebas baik di pagi hari maupun di malam hari. Tentunya, waktu yang Anda habiskan dengan orang-orang tersayang dibawah teras atap kaca akan semakin berkesan.

  1. Teras Rumah Mewah

Model teras rumah masa kini yang terakhir adalah teras rumah mewah. Untuk membangun model teras rumah mewah, Anda tidak perlu merancangnya dalam skala besar. Anda dapat membangun teras rumah mewah di lahan sederhana atau sempit sekalipun.

Caranya adalah dengan menambahkan dekorasi atau aksesoris rumah yang mencerminkan gaya eksklusif seperti patung sepasang singa garang dan klasik. Tanaman hias dengan harga tinggi juga mampu menambah kesan mewah di teras rumah Anda.

Untuk menyempurnakan konsep ini, Anda dapat memadukannya dengan mengecat putih dinding rumah Anda. Tambahan ukiran bermotif ala Eropa pada bagian dinding atas juga mampu menambah kesan mewah dan keluasan ruangan pada teras rumah Anda. 

Jadi, itulah berbagai macam model teras rumah masa kini dengan desain yang kekinian. Dari berbagai model teras yang sudah disajikan, adakah model teras rumah yang sesuai dengan teras impian rumah Anda?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download