Mengenal Aplikasi Yahoo Finance Indonesia

09 Sep 2021 by Laruan

Yahoo Finance Indonesia merupakan surga kecil bagi para trader dan investor. Pasalnya aplikasi  keluaran Yahoo! ini menawarkan kemudahan untuk mengetahui dan mengelola data saham dan IHSG.  

Mengenal Aplikasi Yahoo Finance Indonesia

Kesempatan kali ini kami akan mengulas lengkap tentang Yahoo! Finance Indonesia. Yuk, simak!

Apa Itu Yahoo! Finance Indonesia?

Yahoo! Finance merupakan salah satu bagian dari jaringan Yahoo!. Yahoo! Finance adalah aplikasi android dan website yang menampilkan informasi tentang keuangan, dan berita tentang saham. Data-data saham tersebut memuat harga pembukaan, harga paling tinggi hingga terendah, volume, tanggal dan harga penutupan. 

Kamu bisa menemukan aplikasi Yahoo! Finance di sini.  Dari data IHSG hingga harga saham dapat kamu lihat di situs ini.  Melalui situs Yahoo! Finance para trader atau investor dapat melihat statistik EBITDA, Enterprise value dll. 

Melalui aplikasi ini pula, trader dan investor dapat memantau histori harga saham, dividen , stock split serta mencari saham menggunakan indikator-indikator.  Semua data-data saham yang tertuang di situs/ aplikasi Yahoo finance sangat up to date, artinya semi real time dari Bursa Saham Indonesia. Keterlambatan sekitar 10 menit dari data yang real time

Telah lebih dari 70 juta pengguna setiap bulannya yang mengunjungi situs Yahoo!Finance. Bahkan pada Agustus 2020 lalu, Yahoo!Finance menempati urutan tertinggi sebagai situs investasi di Amerika Serikat.   

Alasan pengguna platform Yahoo!Finance banyak karena situs ini mempermudah pelacakan statistik saham, seperti rasio, neraca sehingga dapat melindungi investasi mereka. Jika Kamu ingin membuka Yahoo! Finance dari situsnya klik di sini.

Kegunaan Yahoo! Finance Indonesia Untuk Mempermudah Belajar Saham

Sebelum membeli saham, sebaiknya Kamu mempelajarinya terlebih dahulu agar mendapatkan keuntungan sesuai harapan. Yahoo Finance Indonesia merupakan wadah untuk mempelajari dan memilih saham yang terbaik. Sebab, tools yang terdapat di situs/ aplikasi Yahoo! Finance cukup lengkap. 

Berikut beberapa kegunaan Yahoo!Finance, antara lain:

  • Untuk melihat statistik saham misalnya EBITDA, enterprise value dan lainnya
  • Melihat histori saham, stock split dan keuntungan (dividen) dari periode tertentu. 
  • Mencari saham menggunakan beberapa indikator
  • Chart dapat Kamu geser-geser hingga tahun 2000

Menariknya, semua data historis dapat Kamu unduh dengan gratis. Hal ini tentu saja memudahkan para trader/ investor. 

Metode Penamaan Saham Di Yahoo! Finance

Platform Yahoo! Finance memiliki standar tersendiri dalam penamaan sahamnya. Begini aturan penamaan saham yang terdapat di Yahoo! Finance, yaitu :

  • Bursa saham Amerika menggunakan singkatan yang terdiri dari satu huruf, dua huruf, tiga huruf hingga empat huruf. 
  • Bursa saham di luar Amerika menggunakan simbol huruf atau angka dan menggunakan ekstensi sesuai dengan nama negara. Untuk negara Indonesia sendiri menggunakan ekstensi JK.  

Cara Menggunakan Yahoo! Finance

Menggunakan Yahoo! Finance amat mudah, termasuk melihat histori pergerakan saham di dalam satu periode tertentu. Namun sebelumnya, pastikan Kamu mempunyai akun yahoo terlebih dahulu, ya. Hal ini perlu Kamu lakukan agar dapat membuka fitur-fitur Yahoo! Finance dengan lengkap.  

Berikut beberapa langkah yang bisa Kamu coba, antara lain:

  • Langkah pertama adalah mencari tahu kode saham perusahaan.  Carilah dengan bantuan Google kemudian ketikkan kata kunci nama perusahaan, maka akan muncul kode saham perusahaan. 

Sebagai contoh, PT Unilever Indonesia, dengan kode saham UNVR. 

  • Langkah kedua adalah membuka situs Yahoo! Finance. Perhatikan kolom pencarian, dan ketik kode saham PT Unilever Indonesia, yaitu UNVR.JK. Mengapa perlu tambahan JK? Karena kode JK merupakan penamaan saham pada perusahaan Indonesia. 

Selanjutnya klik “Go” dan akan terlihat data saham dari PT Unilever Indonesia. Deretan angka tercetak tebal adalah harga saat ini untuk PT Unilever Indonesia. 

Sementara pada bagian bawah terlihat grafik pergerakan saham dalam kurun waktu tertentu, yaitu mulai 1 hari hingga 5 tahun. Kamu bisa mengklik 5y untuk melihat pergerakan saham dalam kurun waktu 5 tahun terakhir

Nah, dari grafik tersebut akan terlihat  berapa persentase pertumbuhan nilai saham PT Unilever Indonesia per tahun. Dari angka persentase tersebut, Kamu dapat menghitung keuntungan yang akan Kamu terima sebagai pemegang saham. 

Jika ingin membandingkan pergerakan saham dengan perusahaan lain, maka klik menu “Comparison”. Bandingkan pergerakan saham dengan PT lain dan akan muncul dua gambar grafik. 

Klik menu “My Portfolio” untuk mengatur portofolio Kamu. Pada menu “My Portfolio” kamu bisa mengetahui nilai saham yang sedang kamu incar atau yang mempengaruhi pasar. 

Dari data inilah, Kamu dapat mengetahui keuntungan atau kerugian yang akan Kamu peroleh.

Cara Melihat Return Saham Pada Yahoo! Finance

Seperti ulasan di atas, bahwa Yahoo!Finance memudahkan trader dan investor untuk melihat data saham dari rentang periode tertentu. Mengapa Kamu perlu menghitung return saham? Agar Kamu mengetahui dan lebih yakin sebelum membeli saham untuk mendapatkan keuntungan tinggi. 

Bagaimana cara menghitung return saham? Begini caranya:

  • Masuk laman Yahoo!Finance dan masukkan kode saham perusahaan. 
  • Setelah data saham perusahaan muncul, klik menu “Historical Data”
  • Atur periode sesuai tanggal yang Kamu ingin ketahui. Untuk mengetahui return saham sebaiknya gunakan data harga penutupan/ close. Sebab nilai harga penutupan adalah nilai akhir dari harga saham yang ingin Kamu lihat. 
  • Masukkan rumus return saham dengan mengurangi harga saham hari ini dengan harga saham kemarin. Setelah kamu mendapatkan hasilnya, silakan bagi dengan harga saham kemari kemudian kalikan 100%. 
(Pt- (Pt-1)) / Pt-1 x 100%

Mengunduh Data Dari Yahoo! Finance

Bagaimana cara mengunduh data keuangan secara gratis dari Yahoo!Finance? Simak ulasan berikut. 

  1. Silakan buka laman Yahoo!Finance, kemudian ketik kode saham perusahaan. Ingat, kode saham perusahaan yang telah terdaftar di BEI hanya terdiri 4 digit dengan tambahan “JK”. JK merupakan simbol Bursa Efek Indonesia. 
  2. Selanjutnya klik “Historical Price” dan tentukan periode yang akan Kamu unduh. Selanjutnya klik ”Get Price”. 
  3. Akan terlihat deretan nilai saham dari periode yang Kamu tentukan sebelumnya. Kemudian arahkan kursor hingga ke bawah. 
  4. Klik “Download to Spreadsheet” maka file unduhan akan tersimpan otomatis di tab “download” dengan nama table.csv
  5. Kamu dapat mencetak file unduhan tersebut

Kekurangan Yahoo!Finance

Ada beberapa kekurangan dari platform Yahoo!Finance, seperti :

  • Untuk mengakses Yahoo!Finance, Kamu membutuhkan koneksi internet yang cenderung cepat atau stabil. Sebab semua penarikan informasi secara online. Lebih baik kamu mengakses Yahoo Finance dari situs webnya saja. 

Mengapa demikian? Fitur-fitur yang tersedia pada situs webnya jauh lebih lengkap ketimbang pada aplikasi android. 

  • Kekurangan lain dari Yahoo!finance adalah data yang tampak merupakan data end-day bukan intra-day. 
  • Data-data fundamental hanya untuk saham-saham dari Amerika saja. 

Demikianlah ulasan lengkap tentang Yahoo Finance Indonesia. Semoga informasi di atas memudahkan Kamu melakukan analisis fundamental atau teknikal saham, ya! Selamat mencoba. Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload