Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Terpercaya

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Secara berkala melakukan pemeliharaan kendaraan menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Hal ini dilakukan supaya mesin kendaraan dapat bekerja secara maksimal dan terawat selama bertahun-tahun. Namun, bagi para pemilik kendaraan baru suka bingung cara memilih bengkel motor terdekat yang terpercaya.

Apalagi, banyak oknum-oknum bengkel nakal yang kerap menaikkan harga suku cadang, tidak memperbaiki mesin dengan baik, bahkan menambah-nambahkan pergantian suku cadang yang tidak perlu. 

Makannya, banyak pemilik kendaraan yang kerap mengganti bengkel langganan karena merasa dicurangi atau merasa mekanik bengkel tersebut tidak telaten. Bahkan, mungkin harga suku cadang dan pelayanan yang mereka tawarkan relatif lebih mahal tapi pelayanannya kurang memuaskan.

Melihat masalah yang terjadi saat ini, kali ini Kredit Pintar akan membagikan beberapa tips memilih bengkel motor terdekat supaya Sobat Pintar tidak salah memilih bengkel motor langganannya lagi.

Sumber: Envato.com / Alt Text: Tips memilih bengkel motor terdekat

Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat

  1. Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Memiliki Teknisi Profesional / Bersertifikat

Tip pertama biar Sobat Pintar tidak salah memilih bengkel motor terdekat adalah memastikan teknisi bengkel tersebut merupakan mekanik yang profesional, ahli, dan memiliki sertifikat resmi untuk memperbaiki kendaraan bermotor.

Latar belakang mekanik atau sejarah bengkel tersebut sangat penting Sobat Pintar ketahui. Biasanya, mereka yang memiliki sertifikat memiliki ilmu lebih banyak mengenai kendaraan bermotor. Seperti jenis kerusakan, cara penanganannya, dan memilih suku cadang yang terbaik.

Salah satu cara mengetahui kredibilitas teknisi bengkel tersebut adalah dengan melihat website bengkel tersebut atau menanyakan secara langsung kepada pemilik bengkel atau resepsionis yang ada.

  1. Pilihlah Bengkel Motor yang Memiliki Jam Operasional Panjang dan Ramai

Kedua, pilihlah bengkel motor yang ramai dikunjungi oleh pengguna motor. Biasanya, bengkel yang memiliki pelanggan yang banyak memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik. Selain itu, pastikan juga bengkel motor tersebut juga beroperasi saat hari libur atau akhir pekan. Jadi Sobat Pintar bisa mengunjungi bengkel tersebut saat hari libur.

  1. Bengkel Yang Memiliki Suku Cadang Lengkap

Selanjutnya, pastikan bengkel yang akan Sobat Pintar kunjungi memiliki suku cadang yang lengkap. Ini sangat penting untuk diketahui jika sewaktu-waktu motor Sobat Pintar mengalami masalah dan bengkel tersebut tidak memiliki suku cadang yang dibutuhkan.

Jika sudah begitu, Sobat Pintar pasti akan diarahkan untuk ke bengkel lain yang mungkin pelayanannya tidak sebaik bengkel langganan kalian atau mungkin lebih mahal. Jadi, pastikan bengkel tersebut juga memiliki suku cadang dan peralatan mekanik yang lengkap, ya.

  1. Memiliki Fasilitas Ruang Menunggu

Menunggu kendaraan di servis cukup memakan waktu yang cukup lama. Untuk mengganti oli mesin atau garda saja mungkin bisa memakan waktu hingga 30 menit. Bayangkan jika kerusakan pada motor Sobat Pintar parah. Pasti setidaknya membutuhkan waktu menunggu minimal 1 jam hingga 2 jam.

Jadi, pastikan bengkel yang akan Sobat Pintar kunjungi memiliki fasilitas menunggu dengan kantin kecil, ruangan ber-AC, memiliki TV, dan memiliki fasilitas Wi-Fi. Bengkel yang menyediakan fasilitas tersebut pastinya paham dengan masalah yang dihadapi oleh pelanggan bengkel, jika mereka menyediakan fasilitas tersebut, maka bengkel tersebut bisa dipastikan juga mengerti perasaan pelanggan.

  1. Harga Terjangkau

Pastikan juga harga pelayanan dan suku cadang yang ada di bengkel tersebut cukup terjangkau. Seperti yang sudah kita jelaskan, beberapa bengkel kerap menembak harga suku cadang yang terlampau tinggi. Tentunya Sobat Pintar tidak ingin terkena serangan jantung kecil bukan melihat tagihan perbaikan servis motor yang tinggi?

  1. Bengkel Yang Mudah Dikunjungi

Tips keenam adalah, perhatikan lokasi bengkel yang ingin dikunjungi. Pastikan lokasi bengkel tersebut terletak di daerah keramaian dan mudah Sobat Pintar kunjungi. Semakin jauh bengkel yang ingin didatangi akan membuat waktu dan energi Sobat Pintar saja.

  1. Lihat Ulasan di Google My Business

Tips memilih bengkel motor terdekat selanjutnya adalah melihat ulasan di Google My Business. Cara ini merupakan cara yang paling tergampang yang bisa Sobat Pintar lakukan.

Sobat Pintar hanya perlu menulis bengkel motor saja di laman pencarian Google dan Google akan memberikan beberapa rekomendasi bengkel motor terdekat dari lokasi Sobat Pintar.

Selain bisa melihat lokasi bengkel, Sobat Pintar bisa melihat jam operasional bengkel, nomor telepon, foto-foto bengkel, dan ulasan-ulasan dari pelanggan yang sudah pernah mencoba pelayanan mereka. Jika sudah mantap memilih, Sobat Pintar bisa langsung deh mengunjungi bengkel tersebut.

  1. Memiliki Garansi Suku Cadang

Siapa sih yang mau rugi? Semua orang pasti tidak mau merasakan rugi, bukan? Jadi, sebelum memutuskan pergi ke bengkel dan memperbaiki motor, Sobat Pintar harus menanyakan terlebih dahulu ke pihak bengkel, apakah suku cadang yang mereka tawarkan memiliki garansi atau tidak.

Jika bisa, selanjutnya Sobat Pintar bisa menanyakan bagaimana cara klaim garansi tersebut dan persyaratannya apa saja. Jika ternyata bengkel tersebut tidak menyediakan garansi, pilihan tetap ada di tangan Sobat Pintar.

  1. Minta Referensi Dari Kerabat Terdekat

Selanjutnya, Sobat Pintar juga bisa meminta referensi bengkel terpercaya dari kerabat terdekat. Bisa tetangga, teman satu komplek, atau bahkan Sobat Pintar bisa menanyakan ke pengemudi ojek online di sekitar rumah Sobat Pintar.

Biasanya, mereka yang sering mengemudikan motor memiliki rutinitas datang ke bengkel setidaknya sebulan sekali. Jadi, pasti mereka akan tahu bengkel mana yang memiliki pelayanan yang baik dengan harga yang bersahabat.

  1. Dapat Melayani Servis Di Rumah

Tips memilih bengkel motor terdekat yang terakhir adalah dapat melayani servis motor di rumah Sobat Pintar.

Kerusakan pada motor itu bisa bermacam-macam, seperti mesin mati, aki soak, ban bocor, dan kerusakan-kerusakan motor lainnya.

Jika motor Sobat Pintar sudah mencapai batas atau benar-benar tidak bisa dikendarai sampai ke tempat bengkel, jalan satu-satunya adalah mencari mekanik yang dapat dipanggil atau bengkel yang menyediakan layanan towing ke tempat tinggal atau lokasi Sobat Pintar.

Sudah Paham Memilih Bengkel Motor Terdekat?

Jadi itulah tips-tips memilih bengkel motor terdekat yang wajib Sobat Pintar ketahui. Sobat Pintar bisa mencoba beberapa bengkel motor terdekat yang mudah dijangkau oleh Sobat Pintar dari rumah. Setelah mencoba beberapa bengkel motor terdekat, Sobat Pintar bisa membandingkan layanan, fasilitas, dan harga dari bengkel-bengkel motor yang sudah Sobat Pintar kunjungi.

Setelah sudah yakin menemukan bengkel motor terpercaya dan aman, Sobat Pintar bisa merasa aman menggunakan jasa mereka.

Jangan lupa juga untuk memberikan ulasan yang baik di Google My Business bengkel tersebut. Satu ulasan saja cukup membantu meningkatkan kredibilitas bengkel langganan kamu. Semakin ramai bengkel tersebut, semakin lengkap juga suku cadang yang mereka miliki. Semoga tips memilih bengkel motor terdekat ini membantu, ya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload