Mau Lolos Seleksi Lowongan Kerja 2021? Ini Panduannya!

18 Feb 2021 by Andro
lowongan kerja

Hampir semua orang baik itu lulusan sma, fresh graduate, atau bahkan pekerja yang terkena phk akibat pandemi sedang mencari lowongan kerja 2021 sesuai dengan keahlian dan background pendidikan mereka.

Pada awalnya pasti tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di masa resesi ekonomi dan Kesehatan seperti sekarang ini.

Pandemi seolah menguburkan harapan untuk bisa bangkit merajut asa meraih pekerjaan impian. Namun, jangan khawatir, kamu pasti bisa lolos seleksi lowongan kerja 2021 asalkan tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mengambil peruntungan lowongan pekerjaan impianmu di tahun 2021? Ini panduannya!

5 Tips Persiapan untuk Lolos Seleksi Lowongan Kerja 2021

Semua orang sedang berburu pekerjaan impian dengan segala cara. Melelahkan memang, ada yang harus merasakan gap year menganggur selama setahun setelah lulus kuliah, kebingungan mencari pekerjaan seusai dipecat akibat pengurangan pegawai secara massal di awal pandemi, atau bahkan karena ketersediaan lowongan kerja.

Apapun hambatan yang menghadang, jangan menyerah ya, untuk menyemangatimu, kami buatkan panduan ini, semoga dapat pekerjaan impianmu ya.

1. Fokuskan Tenaga dan Perhatianmu Pada Pekerjaan yang Relevan Saja

Gimana rasanya menghabiskan waktu mencari lowongan seharian penuh tanpa henti? Lelah? Pastinya! Tapi, apakah strategi usahamu efisien? Well, kami pikir apa yang kamu lakukan itu bisa lebih efisien lagi apabila fokus untuk mencari beberapa lowongan pekerjaan saja dalam sehari. Pelajari spesifikasi pekerja yang dibutuhkan pemberi kerja dan coba lamar. Hasilnya ada dua, diterima atau ditolak. Kegiatan ini lebih produktif ketimbang mengumpulkan puluhan lowongan tanpa melamar kerja sama sekali.

2. Rubah & Bentuk Kebiasaan Baru Sesuai Kualifikasi Lowongan Kerja

Tips kedua, realistisnya, setiap pekerjaan pasti melampirkan spesifikasi pegawai yang mereka cari. Pelajari spesifikasinya dan bangun kualifikasi keahlian pada bidang kerja yang ingin kamu lamar. Dengan begitu, kamu bisa meraup peruntungan lowongan kerja 2021 lebih maksimal.

Sebagai ilustrasi untuk memperjelas uraian diatas bisa dideskripsikan seperti ini; misal kamu ingin jadi SEO Specialist di sebuah brand atau agency.

Di spesifikasi lowongan kerja 2021 khusus SEO Specialist harus menguasai keahlian menulis konten artikel yang ramah SEO, bisa menggunakan tools riset SEO, mengoptimasi konten agar masuk page 1 lewat strategi on-page dan off-page SEO serta kualifikasi lainnya. Bentuk keahlian tersebut sehingga saat wawancara, kamu bisa jadi kandidat terbaik untuk diterima untuk bekerja di perusahaan.

Agar kamu bisa menguasai skill di bidang kerja yang kamu inginkan, kamu bisa ambil kursus online, kursus SEO, digital marketing, front-end web development, dan skill lainnya. Dengan begitu, saat sesi wawancara kerja, kamu bisa membuktikan skill kamu layak diperhitungkan perusahaan. Kalau belum ada funding untuk kursus, kamu bisa mengajukan pinjaman online di kredit pintar.

3. Selektif Dalam Melamar Lowongan Kerja 2021

Bukan maksud kami untuk membatasi peluang lolos dari lowongan kerja 2021 ini, tapi faktanya energi manusia itu terbatas. Jadi, hamper sama dengan poin satu, fokuskan perhatianmu pada beberapa pekerjaan saja, 1 – 5 lowongan kerja saja misalnya. Coba lamar pekerjaan sesuai list tersebut. Kalau lolos berarti usahamu tidak sia-sia, kalau belum lolos ulangi lagi, fokus melamar ke beberapa pekerjaan yang sudah kamu seleksi.

4. Perbanyak Diskusi dengan Orang Lain untuk Meraih Peruntungan Lolos Lowongan Kerja 2021

Kalau kamu ditolak saat melamar kerja, jangan menyerah ya, soalnya bukan hanya kamu aja kok yang belum lolos, orang lain pun begitu. Nah, begitu tahu fakta ini, kamu bisa saling berdiskusi terkait poin kelebihan dan kekurangan masing-masing agar seleksi kerja selanjutnya bisa membuahkan hasil maksimal.

5. Perbanyak Doa Setelah Berusaha Maksimal Berjuang Jatuh Bangun Dalam Proses Mendapatkan Lowongan Kerja 2021

Last but not least, semua upaya telah kamu lakukan mulai dari riset lowongan kerja 2021, diskusi dengan sesame pencari kerja, mengasah kualifikasi potensi diri sesuai bidang kerja, dan upaya lainnya, meski belum lolos, kamu masih bisa tetap menguatkan diri dengan berdoa agar dikesempatan lainnya ada hari baik dimana kamu berhasil mendapatkan pekerjaan impianmu.

Sebenarnya bekerja tidak harus melamar di tempat orang lain kok, kamu pun bisa membuka usahamu sendiri baik itu jualan produk makanan, minuman, baju, atau bahkan menjual jasa sekalipun dapat dilakukan.

kredit pintar

Kalau menjual produk, kamu butuh stok barang. Kalau mau menjual jasa, kamu perlu membentuk keahlian di bidang jasa yang ingin dijual, semua ini butuh modal, tapi jangan khawatir, kamu bisa mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar untuk mendapatkan pinjaman modal supaya bisa segera menjalankan bisnis pertamamu. Semangat!