10 Bahan Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

29 Sep 2021 by Laruan

Memiliki wajah mulus tanpa jerawat adalah impian semua orang. Sayangnya, memiliki jerawat juga merupakan sesuatu yang alami. Hampir setiap orang pasti pernah merasakan adanya jerawat di wajah yang meninggalkan bekas. Lalu, adakah masker untuk menghilangkan bekas jerawat yang alami? 

Ada banyak sebab mengapa seseorang bisa memiliki jerawat. Mulai dari jenis kulit, sensitivitas kulit, hormon, atau kondisi lingkungan yang memicu jerawat. Menghilangkan bekas jerawat bisa menjadi sesuatu yang menyulitkan. Seringkali, noda hitam bekas jerawat ini sulit dihilangkan selama berbulan-bulan.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa kandungan bahan alami berikut ini ternyata mampu membantu Anda menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Apa sajakah bahan alami tersebut?

10 Bahan Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman kaya manfaat. Tanaman lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan dan anti bakteri pada bagian getahnya. Kandungan ini dapat membantu Anda mengurangi bekas jerawat secara bertahap.

Penggunaan lidah buaya sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat juga cukup praktis. Anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke bagian bekas jerawat. Kemudian, pijat secara lembut selama 30 menit hingga meresap. Lalu bilas hingga bersih. Gunakan masker ini sekitar dua hingga tiga kali sekali.

Selain digunakan secara langsung, gel lidah buaya juga bisa Anda campurkan dengan tea tree oil. Perbandingannya sekitar 1 sendok makan gel lidah buaya dengan dua tetes tea tree oil. Anda juga bisa mendapatkan manfaat lidah buaya dengan mencari masker siap pakai dengan kandungan lidah buaya.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Lemon

Lemon dapat membantu Anda menyamarkan bekas jerawat ataupun bekas luka lainnya pada kulit Anda. Masker lemon bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mendorong regenerasi sel kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Untuk membuat masker lemon, Anda cukup mencampurkan air lemon dan madu dengan takaran satu banding satu. Aplikasikan masker lemon madu ini menggunakan masker dan diamkan sekitar 10 – 15 menit. Selanjutnya, Anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Kentang

Kentang termasuk bahan yang mudah ditemukan. Kandungan pati di dalam kentang bisa membantu Anda menghilangkan noda bekas jerawat secara bertahap.

Menyiapkan masker kentang pun juga relatif mudah. Anda tinggal memarut kentang kemudian menyaringnya dengan kain bersih. Ekstrak pati kentang yang telah disaring ini tinggal Anda oleskan pada bekas jerawat. Selanjutnya, Anda cukup mendiamkannya sekitar 20 menit sebelum dibilas.

Kalau Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat ekstrak pati kentang, Anda cukup mengiris kentang dalam ukuran yang agak tebal. Irisan kentang ini bisa Anda gosokkan lembut ke bagian bekas jerawat dan diamkan selama 20 menit. Setela cairan kentang meresap, Anda tinggal membilasnya hingga bersih.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki khasiat sebagai zat anti peradangan. Karena itu, kunyit dapat membantu Anda untuk menyembuhkan luka dan menyamarkan bekas jerawat. Untuk menggunakan masker kunyit, Anda tinggal mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit perasan lemon.

Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan masker kunyit di pasaran. Ada banyak pilihan masker kunyit yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan masker yang mengandung kunyit.

5. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Madu

Selain sebagai antibiotik, madu juga merupakan penyembuh luka yang alami. Anda bisa menggunakan madu sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat pada malam hari sebelum tidur. Biarkan masker ini semalaman, kemudian bilas di pagi hari dengan menggunakan air hangat.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Witch Hazel

Sudah sejak lama witch hazel dianggap sebagai holy grail untuk menghilangkan bekas jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit normal dan sensitif, bahan ini merupakan alternatif yang tepat untuk menyamarkan bekas jerawat. 

Witch hazel juga dapat membantu Anda mengurangi peradangan atau kemerahan pada kulit. Bahan ini juga kerap disebut sebagai astringent alami dan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit Anda.

7. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Putih Telur

Siapa yang tidak tahu manfaat putih telur untuk kecantikan? Putih telur biasa digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit dan mengontrol minyak berlebih. Selain itu, masker putih telur juga dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat.

Untuk membuat masker putih telur, Anda bisa mencampurkan dua sendok teh susu almond, satu bagian putih telur dan satu sendok teh perasan lemon. Oleskan merata ke seluruh wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

10 Bahan Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

8. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Kulit Jeruk

Jeruk bukan hanya enak dinikmati buahnya. Anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghilangkan bekas jerawat. Kulit jeruk diketahui mengandung retinol alami yang dapat membantu meregenerasi kulit. 

Untuk membuat masker kulit jeruk, Anda bisa mencampurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk kering dan satu sendok teh susu. Selain itu, Anda juga bisa membeli masker dengan kandungan kulit jeruk sebagai bagian dari perawatan kulit Anda.

9. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, B, E, potassium, dan juga anti oksidan. Kandungan-kandungan ini ternyata juga dapat membantu Anda menyamarkan bekas jerawat pada wajah.

Untuk membuat masker pisang, Anda bisa mencampurkannya dengan bahan alami lain seperti yoghurt dan madu. Sebagai perbandingan, satu buah pisang dapat Anda tambahkan dengan seperempat cangkir yoghurt dan setengah sendok makan madu.

10. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sejak lama dipercaya sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit. Beberapa manfaat minyak zaitun adalah untuk menghambat penuaan dini, melindungi dari bakteri pemicu jerawat, dan sebagai antioksidan.

Membuat masker minyak zaitun juga relatif mudah. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan air lemon dan mengoleskannya di wajah secara merata. Setelah kering, Anda bisa membilasnya dengan mencuci muka seperti biasa.

Itulah 10 bahan masker untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda gunakan. Selain dibuat sebagai masker alami, Anda juga bisa menemukan bahan-bahan tersebut dalam kandungan masker siap pakai di pasaran. Perlu diketahui juga bahwa beberapa orang mungkin saja cukup sensitif pada beberapa bahan masker untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena itu, jika Anda mengalami iritasi, jangan ragu untuk menghentikan pemakaian masker yang Anda gunakan. 

Menemukan bahan perawatan wajah yang tepat memang bisa cukup sulit. Namun, jika Anda mencari pinjaman online yang mudah, Kredit Pintar bisa menjadi solusi yang tepat bagi masalah Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload